Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Asal-Usul Genteng dan Pendopo Rumah Anies yang Disebut akan Diambil Pemda



Beredar kabar bahwa genteng dan pendopo rumah Anies Baswedan akan diambil pemerintah daerah (pemda). Hal ini beredar akun X @se********* yang menyebut isu itu datang dari Ahmad Dhani.

"Ahmad Dani mengatakan genteng & pendopo rumah pak @aniesbaswedan adalah bekas rumah kyai Hasan Besari pendiri gontor jd dg alasan tsb pemda banyuwangi akan mengambil kembali karena dianggap bersejarah," tulis akun tersebut, Sabtu (13/4/2024).

Menurut cuitan di atas, pengambilan kembali genteng dan pendopo rumah Anies dianggap sebagai peninggalan sejarah. Hal ini juga membuat asal usulnya menuai rasa penasaran.

Asal Usul Genteng dan Pendopo Rumah Anies

Dalam sebuah podcast, Anies sempat menjelaskan tentang asal usul pendoponya itu. 

Ia menyebut, tempat ini merupakan sisa-sisa bangunan Ponpes Tegalsari yang terletak di Ponorogo.

“Ini adalah sebuah joglo yang tercatat tahun 1743. Ini dulunya di kompleks pesatren Tegal Sari di Ponorogo, Jawa Timur. Joglo ini digunakan untuk kegiatan belajar mengajar,” ujar Anies.

Namun karena santrinya bertambah banyak dan tempatnya tidak cukup, pendopo itu terbengkalai. Adapun ahli waris yang menjualnya bukan sebagai pendopo, melainkan kayu bekas.

Singkat cerita, ada rekan Anies yang menemukan kayu-kayu tersebut. Kemudian, benda itu dirangkai ulang dan dititipkan padanya hingga kembali dibangun menjadi pendopo.

Pendopo yang ada di Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan itu dulunya merupakan kediaman Kiai Hasan Besari. Ia adalah pendiri Ponpes Tegalsari dan membangun pendopo pada tahun 1973.

Pendopo itu hadiah dari Sultan Pakubuwono II kala Kiai Hasan Besari dinikahkan dengan putrinya. 

Oleh karena itu, jenisnya berbeda dengan kebanyakan yang ada di Ponorogo. 

Jenis pendopo itu adalah Satria Pinayung Lambang Gantung yang sering ditemui di komplek keraton Yogyakarta. 

Tak heran jika pendopo ini berjenis seperti itu karena diberikan oleh Sultan Pakubuwono.

Sudah diketahui pendopo rumah Anies tengah menjadi perbincangan hangat. 

Tepatnya usai pernyataan Ahmad Dhani viral. Awalnya, ia menyebut pendopo itu dibeli Anies dari temannya sendiri.

"Anies Baswedan dia rumahnya (yang di Jakarta) kan Joglo. Dia enggak sengaja beli (joglonya) sama temen saya. Itu joglonya punyanya Hasan Besari, dia wali besar, nenek nenek moyangnya kyai-kyai Gontor," ucap Ahmad Dhani.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pemerintah Ponorogo berencana meminta kembali pendopo Anies. Hal ini dikarenakan tempat itu masih terbangun atas nama cagar budaya.

“Sekarang ini ada desas-desus, pemerintah Ponorogo itu mau minta balik (pendoponya Anies) atas nama cagar budaya,” tambah Dhani.

Sumber Berita / Artikel Asli : suara

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved