Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Koalisi Potensial Hanya Ada Dua, Munculkan Duel Prabowo vs Anies Atau Ganjar vs Anies


 CEO PARA Syndicate Ari Nurcayo melihat kemungkinan koalisi pada Pilpres 2024 menyempit menjadi dua sumbu. Potensi itu akan terjadi jika PDI Perjuangan merapatkan barisan dan bergabung ke Koalisi Gerindra-PKB.

Menurut Ari, daya tari koalisi Gerindra-PKB akan semakin meningkat jika PDIP gabung. Pasalnya ada kemungkinan koalisi yang terbangun itu nantinya mengusung pasangan Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo atau sebaliknya. 

"Saya menduga, jika nanti PDIP masuk dalam koalisi Gerindra dan PKB itu skenarionya Pilpres bisa hanya dua poros pasangan. Karena kalau PDIP gabung dengan Gerindra-PKB, otomatis pilihanya Prabowo-Ganjar atau Ganjar-Prabowo. Cak Imin akan mengalah," kata Ari dikutip dari YouTube PARA Syndicate, Rabu (1/3/2023).

Menurut Ari ada kemungkinan lainnya dari merapatnya PDIP ke Gerindra-PKB. Kemungkinan itu ialah partai-partai di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri Golkar, PAN, dan PPP ikut merapat ke Gerindra-PKB, baik seluruhnya atau sebagian.

"Kalau tidak masuk PDIP, kemungkinan sebagian KIB menyebrang ke Gerindra-PKB. Paling besar kemungkinan Golkar, tapi Golkar mengusung RK sebagai wakil Prabowo. Itu posisi paling mungkin," kata Ari.

Satu poros lainnya ialah poros Koalisi Perubahan yang digagas NasDem-PKS-Demokrat. Di mana mereka sejauh ini kompak menyatakan dukungan untuk mencalonkan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.\

Tetapi koalisi itu juga saat ini masih gampang rawan bubar. Sebabnya, kendati sudah menyatakan mendukung Anies, Demokrat belum juga melakukan deklarasi sebagaimana NasDem dan PKS.

Baca Juga: Koalisi Golkar-PDIP Dinilai Cukup Terbuka, Berpeluang Munculkan Duet Airlangga-Puan

"Dua partai sudah mendeklarasikan PKS dan NasDem. Persoalannya ada dua, Demokrat belum mendeklarasikan secara resmi walaupun hanya berdasarkan statement resmi DPP bahwa Demokrat mencalonkan Anies. Tapi belum resmi deklarasi," kata Ari.

Di luar dari Demokrat yang belum melakukan deklarasi, Ari menyoroti Koalisi Perubahan yang hingga kini masih sebatas penjajakan tanpa ditetapkan pembentukannya secara resmi.

"Kedua bolongnya adalah tiga partai ini belum bersama-deklarasi. Jadi kalau tiga partai ini sudah bersama-sama deklarasi maka deklarasi koalisi sah, deklarasi Anies sah. Sekarang saya melihat pencapresan Anies baru sebatas partai-partai, belum deklarasi Koalisi Perubahan," kata Ari.


Sumber Berita / Artikel Asli : Kontenjatim

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved