Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[BREAKING NEWS] Pesawat Garuda Indonesia yang Angkut Jemaah Haji Mendarat Kembali, Bagian Mesin Terbakar

 

Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 1105 yang mengangkut 450 orang jemaah haji kelompok terbang (kloter) 5 Embarkasi Makassar memutuskan Return to Base (RTB) atau kembali ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Garuda Indonesia mengakui pesawat Boeing B747-400 mengalami percikan api pada salah satu mesin.

"Keputusan RTB tersebut diambil oleh Pilot in Command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi kendala engine pesawat yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu engine," ujarnya Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Rabu (15/5/2024).

Irfan menerangkan Garuda nomor penerbangan GIA 1105 telah kembali mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada pukul 17.15 Wita.

Pesawat Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Makassar RTB, Garuda: Ada Percikan Api di Mesin. (Wawan/tvOne) Ia menjelaskan untuk jemaah haji udah kembali ke Asrama Haji Sudiang Makassar.

"Atas kondisi itu, engine pesawat diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh sebagai bagian dari upaya memastikan kesiapan armada untuk dapat kembali beroperasi," ujarnya.

"Lebih lanjut, seluruh penumpang pesawat tiba di bandara dalam keadaan selamat dan baik, serta akan kembali diberangkatkan secepatnya mengacu pada kesiapan pesawat pengganti.

Proses pendampingan jemaah menuju asrama turut melibatkan stakeholder kebandarudaraan terkait guna memastikan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang terjaga dengan baik," tambahnya.

Irfan menjelakan GA-1105 yang dioperasikan dengan armada B747-400 diberangkatkan dari Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 15:30 Wita dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah pukul 21.10 waktu setempat.

Penerbangan tersebut mengangkut sedikitnya 450 penumpang, yang merupakan rombongan calon jemaah haji asal embarkasi Makassar, serta 18 awak pesawat.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada seluruh jemaah haji pada penerbangan tersebut dan juga Kementerian Agama RI selaku penyelanggara haji.

Garuda Indonesia tengah melakukan koordinasi intensif kepada pihak-pihak terkait guna memastikan tindak lanjut penanganan jamaah untuk dapat kembali melanjutkan perjalanan," jelasnya.

Terpisah, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Taochid Purnomo Hadi menambahkan pesawat Garuda yang mengangkut jemaah haji telah kembali mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Ia menyebut pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GIA 1105 tersebut memilih RTB karena mengalami kendala teknis. "Penerbangan tersebut merupakan penerbangan haji kloter 5 yang dilayani oleh Garuda Indonesia.

Pesawat terbang meninggalkan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pukul 15.30 Wita," kata Taochid.

"Setelah mendapatkan informasi kendala teknis tersebut, Angkasa Pura I beserta stakeholder Emergency Operation Committee segera siaga di bandara," imbuhnya.

Pada pukul 17.07 Wita, pesawat tersebut mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dengan aman dan selamat.

"Selanjutnya jemaah haji tersebut langsung dibawa menuju ke Asrama Haji untuk pelayanan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sulawesi Selatan dan Garuda Indonesia," tutupnya

Sumber Berita / Artikel Asli : tv one

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved