Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[BREAKING NEWS] Netanyahu Terisolasi,Hanya 2 dari 15 Hakim ICJ yang Dukung Israel Lanjutkan Serangan di Rafah

 

Hanya dua dari 15 hakim yang menentang keputusan yang dikeluarkan Mahkamah Internasional (ICJ) pada Jumat (24/5/2024).

Kemarin, ICJ memerintahkan Israel untuk menghentikan serangannya terhadap Rafah di Jalur Gaza selatan dan mengizinkan bantuan masuk ke Jalur Gaza untuk warga Palestina.

ICJ menyetujui perintah tersebut dengan persetujuan komite yang terdiri dari 15 hakim dari seluruh dunia.

Pemungutan suara itu disetujui oleh 13 suara dan hanya dua hakim yang menentangnya, satu dari Uganda dan satu lagi dari Israel.

Kedua hakim yang menentang usulan ICJ adalah Hakim Uganda Julia Sibutende, yang merupakan Wakil Ketua Pengadilan, dan Hakim Khusus Aharon Barak dari Israel.

Sebelumnya, Julia Sibutende adalah satu-satunya hakim di ICJ yang pada bulan Januari lalu memberikan suara menentang tindakan sementara yang diminta ICJ untuk diterapkan Israel di tengah perangnya melawan Hamas di Gaza.

Ia membenarkan pendapatnya yang berbeda dari rekan-rekannya, bahwa tindakan yang diumumkan oleh ICJ tidak dapat dibenarkan karena yurisdiksi ICJ terbatas pada Konvensi Genosida dan tidak mencakup dugaan pelanggaran hukum humaniter internasional.

Sementara Hakim Khusus Aharon Barak dari Israel tidak termasuk dalam 15 anggota pengadilan, namun ia termasuk dalam daftar hakim khusus yang dipilih dalam kasus-kasus tertentu di hadapan pengadilan.

Berdasarkan Pasal 31, ayat 2 dan 3 Statuta Mahkamah Internasional, setiap Negara pihak dalam perkara apa pun di hadapan Mahkamah, yang tidak memiliki hakim berkewarganegaraan sebagai anggota Komite, dapat memilih seseorang untuk menjabat sebagai hakim ad hoc.

Ketua ICJ, Nawaf Salam, mengatakan selama pembacaan hukuman bahwa situasi di Jalur Gaza terus memburuk sejak ICJ sebelumnya memerintahkan Israel untuk mengambil tindakan untuk mencegah tindakan genosida.

“Negara Israel… harus segera menghentikan serangan militernya dan tindakan lain apa pun di kota Rafah yang dapat memberikan kondisi kehidupan pada komunitas Palestina di Gaza yang dapat menyebabkan kerusakan material, secara keseluruhan atau sebagian," kata Nawaf Salam, di ICJ pada Jumat (24/5/2024), dikutip dari SkyNews.

Dia menambahkan bahwa kondisi telah dipenuhi untuk mengambil tindakan darurat baru.

ICJ mengumumkan keputusannya seminggu setelah permintaan yang diajukan oleh Afrika Selatan sebagai bagian dari kasus yang menuduh Israel melakukan genosida.

Israel telah berulang kali menolak tuduhan genosida, dan menggambarkannya sebagai tuduhan yang tidak berdasar.

Mahkamah Internasional (ICJ) adalah otoritas tertinggi PBB yang berwenang untuk mempertimbangkan perselisihan antar negara.

Hal ini terjadi setelah keputusan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk mengundang menteri-menteri terdekatnya, sekelompok ahli hukum internasional, dan hubungan luar negeri ke sesi konsultasi darurat.

Sebelumnya, mereka membahas cara-cara tanggapan Israel terhadap keputusan ICJ.

Netanyahu juga membahas apakah Israel harus menanggapi keputusan tersebut dan menghentikan perang di Rafah atau mengabaikan keputusan tersebut dan melanjutkan perang.

Menurut media Israel, sumber politik yang dekat dengan pemerintah Israel mengatakan Netanyahu saat ini fokus untuk meminta sekutu dekatnya, Amerika Serikat (AS), agar menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB jika Israel dipaksa mematuhi keputusan ICJ, seperti diberitakan Aawsat.

Jumlah Korban

Israel masih melancarkan agresinya di Jalur Gaza, jumlah kematian warga Palestina meningkat menjadi lebih dari 35.857 jiwa dan 80.293 lainnya terluka sejak Sabtu (7/10/2023) hingga Jumat (24/5/2024), dan 1.147 kematian di wilayah Israel, seperti dilaporkan Anadolu.

Sebelumnya, Israel mulai membombardir Jalur Gaza setelah gerakan perlawanan Palestina, Hamas, meluncurkan Operasi Banjir Al-Aqsa untuk melawan pendudukan Israel dan kekerasan di Al-Aqsa pada Sabtu (7/10/2023).

Israel memperkirakan, kurang lebih ada 136 sandera yang masih ditahan Hamas di Jalur Gaza, setelah pertukaran 105 sandera dengan 240 tahanan Palestina pada akhir November 2023.

Sementara itu, lebih dari 8.000 warga Palestina yang masih berada di penjara-penjara Israel, menurut laporan The Guardian pada Desember 2023 lalu.

Sumber Berita / Artikel Asli : tribunnews

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved