Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Rencana Anies Usai MK Tolak Gugatan: Istirahat Sejenak, Lalu Perjalanan Baru

 

Anies Baswedan membeberkan rencananya usai Mahkamah Konstitusi atau MK tolak gugatan sengketa pemilihan presiden atau Pilpres 2024. Meski gugatan kubunya ditolak dan kalah dalam Pilpres 2024 ini, Anies menyatakan tak lantas berdiam diri dalam kancah politik yang selama ini digelutinya.

"Kemarin saya bilang, kita rehat dulu sebentar," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu di sela syawalan bersama Keluarga Besar Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) MPO di Sleman, Yogyakarta, Ahad, 28 April 2024.

Anies: Setelah Rehat Siap Perjalanan Baru

Pasangan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dalam kontestasi Pilpres 2024 itu menjelaskan bahwa rehat yang ia maksudnya hanyalah istirahat sejenak. "Habis rehat itu kita mulai perjalanan baru lagi," ujar Anies yang dalam Pilpres 2024 lalu mengusung jargon Gerakan Perubahan itu.

Namun ia tak menjelaskan gamblang soal perjalanan baru itu. Soal apakah dia masih optimistis Gerakan Perubahan yang dicita-citakannya akan berjalan mengingat partai koalisi pengusungnya menyatakan gabung di pemerintahan, Anies menjawab diplomatis.

"Kami akan jalankan terus gagasan perubahan ini sambil menjaga seperti yang kita sampaikan tadi jejaringnya, silaturahminya jaga terus," kata Anies.

Dalam syawalan itu, Anies mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan relawan di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan sekitarnya yang telah total mendukungnya dalam Pilpres 2024. Menurut dia, perjuangan semua relawan dan pendukung dalam pilpres kemarin luar biasa.

"Kenapa? karena bahan bakar perjuangan (saat Pilpres) kemarin adalah ketulusan, keikhlasan, bukan bermodalkan uang dari kekuasaan," kata dia. "Bermodalkan ketulusan, keikhlasan yang menggerakkan di mana-mana. Itu sebabnya kami berbangga, kami bersyukur dengan apa yang kemarin kita dapat sebagai dukungan," urai Anies.

Ajak Hormati Keputusan MK

Menurut Anies, Pilpres 2024 selesai, perjalanan masih panjang. Ia menyatakan sejak awal sudah menyampaikan kepada semua pihak bahwa ketika MK telah mengeluarkan putusan maka wajib menghormati keputusannya.

"Kita hidup bernegara, berdemokrasi dengan kematangan, dengan kedewasaan, dengan kesiapan untuk menaati semua proses konstitusi," ujarnya.

"Karena itu saya sampaikan pada semua, ini bukan soal perasaan suka atau tidak suka, kecewa atau tidak kecewa, tapi ini soal bagaimana kita bernegara dengan baik dan ini di satu sisi kita hormati kita taati putusan Mahkamah Konstitusi," kata dia.

Di sisi lain, kata Anies, rekomendasi dan catatan dari Mahkamah Konstitusi harus dihormati juga karena hakim-hakim di MK sudah memberikan catatan. "Bukan hanya soal dissenting opinion, tapi semuanya," ucapnya. Catatan itu, menurut Anies, harus menjadi bahan untuk membuat perbaikan undang-undang kita di masa datang.

Sumber Berita / Artikel Asli : tempo

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved