Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Zainal Arifin Mochtar: Jokowi Berhasil Bangkitkan Semangat Oposisi yang Sempat Dimatikan

 

Pakar hukum tata negara Zainal Arifin Mochtar mengungkapkan bahwa kini semangat oposisi dari berbagai kalangan mulai akademisi hingga partai politik bangkit kembali.

Adapun hal itu dikatakan Zainal dalam diskusi daring bertajuk Kondisi Demokrasi Hari Ini, Jumat (23/2/2024).

"Saya mau bilang bahwa apa sebenarnya paling menarik yang terjadi di demokrasi kita. Dan bagaimana cara Jokowi memperlakukan demokrasi kita," kata Zainal.

"Menurut saya, yang paling menarik itu adalah bangkitnya kembali semangat oposisi. Jadi, sebenarnya sedikit banyak Pak Jokowi berhasil," lanjutnya.

Menurut Zainal, Presiden Jokowi saat ini telah berhasil menghidupkan kembali oposisi yang sebelumnya dimatikan selama 9 tahun 4 bulan pada masa pemerintahannya.

"Sekarang naik kembali kemauan untuk menjalankan oposisi. Sekarang hidup kembali partai oposisi. Bahwa apakah oposisi akan menguat dan demokrasi akan jadi baik, saya belum tahu," kata pemeran dalam film dokumenter "Dirty Vote" yang dirilis jelang pemungutan suara Pemilu 2024 itu.

Tapi, paling tidak per hari ini, kata Zainal, kiranya oposisi mulai bangkit kembali.

"Kita menyaksikan kembali misalnya guru besar berani menyampaikan sesuatu secara berkelompok. Menurut saya, 100 universitas itu luar biasa. Termasuk, aksi mahasiswa kembali menguat dan kritik dari kelompok masyarakat sipil kembali naik," jelasnya.

Ia menegaskan, demokrasi akan berjalan baik apabila oposisinya hidup.

"Kalau oposisinya tidak hidup saya kira demokrasi tidak bisa bertahan," tegasnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : operanews

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved