Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Perkumpulan Sipil Dukung Wacana Angket Pemilu

 

Perkumpulan masyarakat sipil akan mendukung penuh hak angket DPR untuk membongkar kecurangan Pemilu 2024 yang diduga terjadi saat ini. Perkumpulan masyarakat sipil ini terdiri dari sejumlah lembaga dan aktivis pemilu seperti Kecuranganpemilu.com, Migrant Care, Omong-Omong Media, dan Perkumpulan Jagapemilu.com
Okky Madasari dari Omong-Omong Media mengatakan hak angket memang sudah seharusnya digulirkan. Pihaknya juga akan sepenuhnya mendukung Hak Angket DPR walaupun hasilnya mungkin kekalahan lagi bagi masyarakat.

"Kami bulat mendukung Hak Angket DPR atau juga interpelasi. Ini semua memang harus diambil, justru kalau tidak dilakukan ya kami mempertanyakan," kata Okky dalam konferensi pers mengenai kecurangan pemilu 2024 yang digelar di Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (24/2).

Ia meminta fraksi di DPR untuk menyuarakan hak angket ini. Jika pun nanti kandas, setidaknya sudah diperjuangkan DPR. Okky melanjutkan, jika pun nanti Angket digelar dan tidak bisa membuktikan dugaan kecurangan, hal ini bisa memperjelas situasi yang terjadi.

"Tapi at least kami sudah menyuarakan itu dan sangat berharap partai politik bisa melakukan hal yang sama. Toh ini juga untuk membangun kredibilitas mereka, maka ya mereka memang harus melakukan ini," kata dia.

Menurut dia, interpelasi atau Hak Angket DPR ini bukan cuma untuk membongkar permasalahan Pemilu yang terjadi saat ini. Hak Angket ini juga bisa dilakukan sebagai langkah ke depan bahwa partai politik dan DPR memang benar-benar berfungsi untuk membela hak-hak masyarakat sipil.

"Ya kalau memang tetap tidak bisa (membuktikan kecurangan) setidaknya partai politik dan DPR telah melakukan fungsinya dengan benar," kata dia.

Langkah selanjutnya, jika memang Hak Angket dan Interpelasi ini tidak bisa dilakukan, maka demonstrasi mahasiswa serta masyarakat yang turun ke jalan kemungkinan besar akan terjadi.

Okky hanya berharap agar tidak ada tindakan represif dari aparat dan pemerintah tidak berusaha menghentikan berbagai aksi sebagai bentuk protes dan suara masyarakat ini.

"Kalau terjadi demonstrasi itu bagian yang sah dari mekanisme politik, tugas negara hanya memastikan agar tidak ada kekerasan dan tidak ada upaya untuk menghalangi terjadinya aksi-aksi ini," kata dia.

Sebelum Pencoblosan
Dalam kesempatan itu, Okky juga menyinggung soal Hak Angket DPR soal kecurangan Pemilu 2024 yang baru dibicarakan saat ini. Harusnya kata dia, hak angket ini sudah digulirkan jauh sebelum hari pencoblosan.

"Harusnya memang sejak awal sudah ada, sudah digulirkan jauh sebelum nyoblos," katanya.

Alasannya karena memang kecurangan-kecurangan pemilu sudah diduga terjadi sejak sebelum masa pencoblosan. Padahal jika hal ini dilakukan sejak lama kemungkinan disetujui juga semakin besar.

"Tapi tidak apa-apa, meskipun baru mau diajukan sekarang kami tetap mendukung," katanya.

Sumber Berita / Artikel Asli : CNN Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved