Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Media Asing Sorot Kemenangan Prabowo, Sebut Negara Ini Untung

 

Media asing menyoroti kemenangan calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Sejauh ini, pria yang berpasangan dengan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, unggul dalam hasil penghitungan cepat (quick count) dan juga real count sementara yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sorotan itu dimuat media dari Singapura, The Straits Times melalui artikel berjudul 'Prabowo's experience as defence minister a boon for Singapore-Indonesia ties: Experts'.

Dimasukkan sejumlah fakta dan pernyataan pengamat bagaimana kemenangan Prabowo adalah pertanda baik bagi negara itu.

"Pada tanggal 21 November 2023, seminggu sebelum memulai kampanyenya untuk menjadi presiden Indonesia berikutnya, Prabowo Subianto berada di Singapura untuk menerima penghargaan militer tertinggi di negara ini," muat media itu, dikutip Senin (19/2/2024).

"Dalam sebuah pernyataan mengenai penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) atau Distinguished Service Order (Military) yang diberikan kepada Prabowo, Kementerian Pertahanan Singapura telah menyoroti bagaimana Perjanjian Kerja Sama Pertahanan, sebuah dokumen penting yang memperkuat hubungan keamanan antara kedua negara diratifikasi," muat media itu lagi.

"Perjanjian tahun 2022 yang dibantu oleh Pak Prabowo … mewakili tonggak penting dalam hubungan pertahanan bilateral," tulis Strait Times lagi memuat peryantaan Kementerian Pertahanan Singapura kala itu.

"Contoh seperti itu menunjukkan betapa akrabnya Pak Prabowo dengan Singapura, dan betapa hal ini menjadi pertanda baik bagi hubungan kedua negara, kata para analis kepada The Straits Times," jelasnya.

Disebut pula bagaimana Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong memberi ucapan selamat.

Ini tak lama pasca Prabowo memgumumkan dirinya sebagai pemenang pilpres, beberapa jam setelah hasil quick count mencapai 99% lebih.

Dipaparkan pula bagaimana penghargaan terbaru diberikan kepada Prabowo oleh Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam.

Prabowo juga berpartisipasi dalam dua edisi terbaru Dialog Shangri-La tahunan, sebuah pertemuan pertahanan tingkat tinggi yang diadakan di Singapura.

"Prabowo bukanlah orang asing di Singapura, mengingat ia sering mengunjungi negara tersebut dan berinteraksi dengan para pemimpin negara tersebut," tambah laman tersebut.

Dari segi hubungan militer, kedua negara diyakini makin harmonis. Hubungan pun diyakini akan makin melebar tak terbatas pada pertahanan tapi juga bidang lain.

"Kerjasama militer Singapura-Indonesia yang sehat, yang didasarkan pada prinsip-prinsip kesetaraan, saling menguntungkan dan menghormati kedaulatan, berarti kedua belah pihak dapat mengembangkan hubungan bilateral mereka dengan percaya diri," kata Associate Professor Leonard Sebastian dari S. Rajaratnam Sekolah Studi Internasional dimuat Strait Times.

"Sebagai presiden, Pak Prabowo akan terus mendorong kolaborasi yang lebih erat antara kedua lembaga pertahanan," tambahnya.

"Kita dapat mengharapkan Indonesia yang terlibat dan berwawasan ke luar, fokus dalam memainkan perannya dalam membentuk tatanan regional, dan pemerintahan yang menekankan kesinambungan kebijakan dengan fokus untuk membuka potensi ekonomi Indonesia," jelasnya lagi.

"Prabowo akan menekankan kesinambungan kebijakan di bidang perdagangan dan investasi, yang akan memberikan manfaat bagi Singapura, mengingat Singapura adalah investor dan mitra dagang utama bagi Indonesia," ujar pengamat lain Dr Mustafa Izzuddin, analis hubungan internasional senior di konsultan kebijakan dan bisnis Solaris Strategies Singapura.

"Mandat sehat yang diterima Prabowo juga menunjukkan hal yang baik bagi masa depan kedua negara," ujarnya lagi.

Perlu diketahui, pada tahun 2022, Indonesia merupakan sumber pelancong terbesar Singapura, dengan sekitar 1,1 juta orang. Ini menyumbang 17,4% dari total kedatangan

Di sisi lain, Singapura telah menjadi investor asing terbesar di Indonesia sejak tahun 2014. Di mana total investasi mencapai US$17,5 miliar pada tahun 2022.

Pada tahun 2022, Singapura adalah mitra dagang terbesar keempat Indonesia. Indonesia sendiri adalah mitra dagang terbesar keenam Singapura, dengan perdagangan bilateral mencapai US$74,6 miliar.

Sumber Berita / Artikel Asli: CNBC Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved