Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Asing Soroti Nasib Ekonomi RI di Bawah Kepemimpinan Prabowo

 

Lembaga pemeringkat kredit asing asal Amerika Serikat (AS) Fitch Ratings menelaah soal nasib ekonomi Indonesia jika pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menang dalam Pemilu 2024.

Saat ini pasangan tersebut masih unggul jauh dari dua kandidat lainnya versi Real Count KPU dengan angka mencapai 58%.

Menurut lembaga tersebut kebijakan ekonomi Indonesia kemungkinan besar tidak akan berubah di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto, namun ketidakpastian seputar kebijakan fiskal jangka menengah telah meningkat, menurut Fitch Ratings.

"Kemungkinan akan ada lebih banyak kejelasan mengenai kebijakan fiskal pemerintahan berikutnya setelah mulai menjabat pada bulan Oktober," sebut laporan Fitch Ratings yang dikutip Kamis (22/2/2024).

Menteri Pertahanan Prabowo telah mengklaim kemenangan dalam pemilihan presiden yang diadakan pada tanggal 14 Februari setelah ‘penghitungan cepat’ tidak resmi menunjukkan bahwa ia memperoleh lebih dari 50% suara.

Jika hal ini benar, hasil ini akan menghindari perlunya pemilihan putaran kedua pada bulan Juni dan mengurangi ketidakpastian politik jangka pendek.

Namun, lawan utama Prabowo, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, mengatakan mereka akan menunggu hasil resmi, yang mungkin memerlukan waktu beberapa minggu untuk dikonfirmasi, sebelum mengakui kekalahan.

"Kami mengantisipasi bahwa Prabowo akan tetap fokus pada pembangunan infrastruktur, termasuk pembangunan ibu kota baru, dan mempertahankan upaya pemerintah saat ini untuk mendukung hilirisasi komoditas dan memperluas manufaktur baterai dan kendaraan listrik," tulis laporan tersebut.

Fitch pun memperkirakan pertumbuhan PDB riil akan tetap sekitar atau sedikit di atas 5% pada tahun ini dan tahun depan, yang akan sejalan dengan kondisi sebelum pandemi.

Tak hanya itu lembaga tersebut juga memperkirakan kebijakan moneter dan fiskal akan tetap mendukung stabilitas makroekonomi, setidaknya selama sisa tahun ini.

"Namun demikian, kami yakin risiko fiskal jangka menengah telah meningkat, mengingat beberapa janji kampanye Prabowo, termasuk program makan siang dan susu gratis di sekolah yang dapat menghabiskan biaya sekitar 2% PDB setiap tahunnya, menurut timnya," sebut analis Fitch Ratings.

Pernyataan Prabowo bahwa Indonesia dapat mempertahankan rasio utang pemerintah/PDB yang jauh lebih tinggi juga menunjukkan adanya risiko terhadap proyeksi fiskal dasar kami.

Namun, ia juga menyerukan agar Indonesia meningkatkan tingkat pendapatan pemerintah terhadap PDB secara signifikan.

"Skenario dasar kami adalah utang pemerintah Indonesia akan terus menurun secara bertahap. Hal ini mengasumsikan bahwa akan ada dukungan luas di seluruh parlemen baru terhadap kebijakan fiskal yang hati-hati dan defisit fiskal di bawah 3% PDB," katanya.

Indonesia mempunyai batasan defisit anggaran sebesar 3% dari PDB, meskipun pembatasan ini untuk sementara dilonggarkan selama pandemi Covid-19. Defisit fiskal dengan cepat diturunkan menjadi 1,7% PDB pada tahun 2023.

Rekam jejak fiskal Indonesia yang kuat mencerminkan dukungan luas dari seluruh spektrum politik terhadap kepatuhan terhadap batas atas defisit.

Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved