Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Profil Guntur Soekarnoputra, Beri Pernyataan Miring ke Presiden, Sempat Usul Jokowi jadi Ketum PDIP

 

Berikut ini profil Guntur Soekarnoputra, putra pertama Presiden RI Ir Soekarno yang memberikan kritik tajam pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika pasangan calon (paslon) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) menangi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Sebelumnya Guntur memberikan pernyataan miring soal Jokowi di acara yang bertajuk Rock and Roll Day’s, di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024).

Dirinya mengatakan jika Ganjar Pranowo dan Mahfud MD terpilih pada Pilpres 2024 dan berkuasa di Tanah Air, maka nantinya bisa melakukan apapun terhadap Jokowi.

Di hadapan para relawan, Guntur meminta bergegas berupaya memenangkan Ganjar-Mahfud, 14 Februari 2024 mendatang.

"Yang penting sekarang menurut ajaran Bung Karno, yang penting enggak bisa ditunda-tunda menangkan dulu Ganjar dan Mahfud MD sebagai Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2024," ujarnya.

Isu pemakzulan Presiden Jokowi juga disinggungnya, namun dirinya menegaskan agar para relawan tetap berfokus pada pemenangan Ganjar-Mahfud.

Guntur menyebut jika Ganjar dan Mahfud terpilih sebagai presiden dan wakil presiden, maka keduanya akan memiliki hak prerogatif untuk memutuskan sesuatu.

"Kalau itu sudah tercapai kekuasaan dan dan hak prerogatif ada di Ganjar dan Mahfud MD, baru yang lain mau kita apa-apain gampang, termasuk Jokowi mau kita apain, nantilah," ujar Guntur yang disambut riuh para relawan.

Selain itu, Guntur juga menyinggung berbagai isu yang belakang menerpa eks Wali Kota Solo itu seperti terkait isu pemakzulan.

Lantas siapakah sosok Guntur Soekarnoputra?

Guntur merupakan putra pertama Presiden RI Soekarno dengan Fatmawati.

Dirinya juga merupakan kakak kandung dari Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputra.

Pria kelahiran 3 November 1944 ini menjabat sebagai Ketua Dewan Ideologi DPP PA Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Guntur menikah dengan Henny Emilia Handayani dan memiliki seorang putri bernama Puti Guntur Soekarno, mengutip GridHot

Puti sendiri merupakan seorang politikus PDIP.

Puti menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Jawa Timur I.

Pernah Usulkan Jokowi jadi Ketum PDIP
Sebelumnya Guntur pernah mengusulkan sosok Jokowi sebagai Ketum PDIP, meneruskan langkah Megawati.

Pernyataan itu termuat dalam artikel opininya di Harian Kompas yang diterbitkan pada Sabtu (30/9/2023) berjudul Indonesia, Jokowi, dan Megawati Pasca-2024.

Menurutnya, Jokowi tetap dibutuhkan untuk berada dalam lingkaran kekuasaan dan pemerintahan, paling tidak sebagai ketua umum partai politik.

"Mengingat pemikiran dan pengalamannya yang tentu masih sangat dibutuhkan oleh bangsa dan negara ini, hal itu perlu dipertimbangkan," kata Guntur.

Ia pun mengusulkan Jokowi untuk menjadi Ketua Umum PDIP mengingat usia Megawati tidak lagi muda.

"Apakah tak mungkin Jokowi meneruskan estafet kepemimpinan di PDIP sebagai ketua umum PDIP dan Megawati menjadi ketua dewan pembinanya?" ucap Guntur.

Sumber Berita / Artikel Asli: tribunnews

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved