Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Puan Maharani Dianugerahi Dua Gelar Kehormatan Honoris Causa, Bandingkan dengan Megawati


 Di balik sederet isu kontroversinya, Ketua DPR RI Puan Maharani rupanya memiliki gelar kehormatan Honoris Causa (HC) dari dua universitas yang berbeda loh.

Sebelumnya, pemilik nama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi ini mempunyai gelar Sarjana Sosial dari Universitas Indonesia (UI), sebelum akhirnya ia mendapatkan dua gelar Honoris Causa tersebut.

Data yang dihimpun HarianHaluan.com menyebut, Puan Maharani mendapatkan gelar Honoris Causa pertamanya pada tahun 2020.

Ketua DPR RI itu mendapat gelar Doktor Kehormatan HC dari Universitas Diponegoro pada 14 Februari 2020 pada bidang 'Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Nasional'. Puan merupakan orang yang ke-13 mendapatkan gelar HC.

Gelar yang didapat Puan Maharani dapat dibuktikan dengan perannya ia dalam berkontribusi signifikan terhadap kemajuan, kemakmuran, dan kesejahteraan bangsa, negara, dan umat manusia.

Sebelum menjadi Ketua DPR RI, Puan memang berperan sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) pada era Presiden Jokowi di periode pertama.

Puan dinilai memiliki peran besar dalam kebijakan penyusunan beberapa produk hukum seperti UU Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan Indonesia juga produk hukum Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial.

Lalu dua tahun kemudian, Puan kembali mendapat gelar HC kedua pada November 2022 dari Pukyong National University, Busan, Korea Selatan.

Dalam sebuah postingan yang diunggah oleh akun pribadi milik Puan, wanita kelahiran Jakarta, 6 September 1973 itu mengatakan bahwa ia mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa di bidang politik.

"Politik yang bertujuan mewujudkan tatanan yang lebih baik sejatinya menghadirkan kesejahteraan untuk semua," kata Puan, dikutip dari akun @puanmaharaniri pada 24 Maret 2023.

Berbeda dengan Puan Maharani, Ibundanya yakni Megawati Soekarnoputri rupanya juga memiliki gelar Doktor HC dari beberapa universitas ternama.

Jika dibandingkan dengan putrinya, gelar Doktor HC yang dianugerahkan kepada Megawati berjumlah 9 dari institusi pendidikan yang berbeda-beda.

Namun ada kesamaan antara Puan dan Megawati, yaitu keduanya sama-sama pernah mendapat gelar Doktor HC dari universitas di Korea Selatan.

Dua universitas dari Korea Selatan yakni Mokpo National University dan Korea Maritime and Ocean University (KMOU) Busan memberikan gelar Doktor Honoris Causa untuk Megawati.

Ibu dari Ketum DPR RI Puan Maharani ini pada Mei tahun 2022 lalu juga menerima gelar Profesor Kehormatan dari Seoul Institute of The Arts (SIA) atas konsistensinya untuk memperjuangkan perdamaian dalam konflik yang terjadi di Semenanjung Korea.

Sumber Berita / Artikel Asli : Haluan

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved