Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Deretan Kontroversi Kereta Cepat Jakarta Bandung Yang Mengherankan


Berbagai macam kontroversi Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau lebih sering disingkat KCJB kerap menghiasi media di Indonesia. Sejak pembangunannya pada awal tahun 2016 silam, proyek ini diketahui tidak pernah berjalan dengan mulus.


Selalu ada hambatan serta kontroversi yang menyelimuti proyek yang dipegang oleh Perusahaan Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) ini. Berikut sejumlah kontroversi yang pernah menimpa proyek KCJB dihimpun dari beberapa sumber berbeda pada Selasa (20/12/2022):


Kontroversi Kereta Cepat Jakarta Bandung


1. Proyek Yang Mubazir


Mantan Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengkritik bahwa proyek KCJB ini sebenarnya merupakan proyek mubazir. Dirinya menganggap jarak dari Jakarta ke Bandung tidak memerlukan kereta cepat dan cukup memakai sarana kereta dari Kereta Api Indonesia (KAI) saja.


Lebih lanjut, Ignasisus Jonan mengatakan kalau jika memang ingin membangun kereta cepat, lebih baik memakai rute yang lebih jauh, seperti dari Jakarta ke Surabaya. Meskipun demikian, Kemenhub tidak melarang pembangunan proyek dengan catatan seluruh persyaratan proyek bisa dipenuhi.


2. Biaya Yang Terus Membengkak


Estimasi biaya KCJB pada awalnya "hanya mencapai" USD 6,1 miliar. atau sekitar Rp. 90 triliun. Namun, estimasi biaya yang harus digunakan membengkak menjadi sekitar USD 8,9 miliar atau sekitar Rp. 139 triliun per tahun 2020, meskipun akhirnya bisa ditekan menjadi USD 8 miliar atau sekitar Rp. 117 triliun.


Buntutnya, pada November 2021, pemerintah mengucurkan APBN sebesar Rp 3,4 Triliun untuk menutupi cost overrun yang dialami KCIC. Mereka mengatakan bahwa proyek ini sempat terkendala pandemi Covid-19 sehingga harus mengeluarkan dana tambahan.


3. Keselamatan dalam Proyek


Tempat pembangunan kereta cepat ini sempat dinilai berbahaya bagi keselamatan pekerja proyek. Pada Maret 2020 lalu misalnya, proyek ini sempat berhenti akibat mengganggu kondisi Jalan Tol Jakarta–Cikampek dan Purwakarta–Bandung–Cileunyi.


Dikabarkan saluran air yang mengalir di ruas tol tersebut tersumbat sehingga menimbulkan banjir dan bisa membahayakan pengendaranya. Sempat juga terjadi kebocoran pipa Pertamina di sekitar lokasi proyek yang dikabarkan langsung oleh warga setempat.


4. Kecelakaan Kereta Cepat


Terjadi kecelakaan kereta cepat pada Senin (19/12/2022) yang berdasarkan press release dari KCIC, memakan 2 korban jiwa. Sementara diketahui 4 orang lainnya mengalami luka-luka. Peristiwa ini terjadi di Desa Cempaka Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat pada sore hari. 


Kecelakaan kereta cepat diduga karena kereta mengalami anjlogan dan terpental keluar dari rel kereta. Sumber dari warga sekitar menyatakan kalau mereka mendengar suara dentuman keras yang membuat mereka berbondong-bondong datang ke lokasi kejadian.


Sumber Berita / Artikel Asli : kontenjatim 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved