Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Prabowo Sesumbar Sejahterakan Indonesia dalam 4 Tahun, Ini Catatan Janjinya Saat Kampanye Pilpres 2024

  

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan dirinya hanya butuh 3-4 tahun untuk menyejahterakan Indonesia. Selain itu, Prabowo juga meminta waktu 4-5 tahun untuk mencapai Indonesia swasembada pangan. Sesumbar itu ia sampaikan di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan pada Kamis, 9 Mei 2024.

“Beri kami waktu 3 tahun, 4 tahun kita akan buktikan rakyat yang tidak memilih kita, kita akan buktikan kita membawa kebaikan, kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia,” kata Prabowo yang juga Menteri Pertahanan ini.

Sesumbar yang Prabowo sampaikan ini mengingatkan akan segudang janjinya bersama pendampingnya, Gibran Rakabuming Raka, saat-saat kampanye Pilpres 2024. Prabowo mengungkapkan terdapat 10 kebijakan yang akan dijalankannya jika menjadi Presiden Indonesia kelak. Kebijakan itu tercantum dalam program “10 Kebijakan Indonesia Emas”. Salah satunya tentang ketahanan dan swasembada di negeri sendiri.

“Yang dimaksud ketahanan adalah swasembada. Kita harus produksi makan kita sendiri, kita tidak boleh tergantung bangsa lain untuk masalah makan kita,” ucap Prabowo di Konsolidasi Zona III Partai Bulan Bintang di Padang, 9 September 2023, seperti dikutip dari kanal YouTube GerindraTV.

Menurut Prabowo, tidak ada negara yang besar dan kuat jika untuk makan saja masih bergantung dari negara lain. Oleh karena itu, politikus Partai Gerindra itu menyebutkan Indonesia harus mencapai swasembada pangan, BBM energi, dan air.

Berikut kilas balik sederet janji Prabowo-Gibran kala kampanye untuk memikat calon pemilih. 

1. Makan siang dan susu gratis untuk anak sekolah

Janji Prabowo yang paling menonjol adalah program makan siang gratis dan susu gratis untuk anak sekolah. Saat kampanye akbar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 10 Februari 2024, Prabowo kembali menegaskan tentang program unggulan pasangan calon nomor urut 02 itu. Kala itu program ini banyak dicibir. Kata Prabowo, orang yang tidak setuju dengan programnya itu tidak sehat pikiran dan tidak cinta negara.

“Bagi saya, mereka yang mengatakan bahwa memberikan makan siang kepada anak-anak kita tidak penting, bukanlah orang yang sehat pikiran dan tidak mencintai negara ini. Saya tidak ragu, Prabowo-Gibran tidak ragu, kami akan memberikan makan siang untuk anak-anak Indonesia,” kata Prabowo. 

2. Bangun 300 fakultas kedokteran dan beasiswa 10 ribu pelajar

Dalam debat Capres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada Minggu, 4 Februari 2024, Prabowo berjanji akan membangun 300 fakultas kedokteran baru. “Di bidang kesehatan, kami akan membangun rumah sakit modern di setiap kabupaten dan kota, dan puskesmas modern di setiap desa di seluruh Indonesia,” katanya

Prabowo juga berjanji akan mengirimkan 20 ribu anak lulusan SMA untuk belajar kedokteran di luar negeri. “Kita juga akan mengirim 10 ribu anak pintar, dari lulusan SMA kita akan beri beasiswa ke luar negeri untuk belajar kedokteran dan 10 ribu lagi untuk belajar sains teknologi dan engineering, matematika, kimia, biologi dan fisika. Itu kita rebut teknologi kita rebut sains,” kata dia. 

3. Pemberdayaan penyandang disabilitas

Pasangan Prabowo-Gibran turut memasukan program bagi penyandang disabilitas dalam 8 misi Asta Cita yang mereka usung. Prabowo dalam debat capres di Jakarta Convention Center, Senayan, Ahad malam, 4 Februari 2024 mengatakan pemerintah harus lebih berpihak kepada penyandang disabilitas dan merekrut mereka dalam pemerintahan dan komunitas pertahanan.

“Kita harus lebih berpihak kepada mereka dan berkomitmen merekrut mereka ini di dalam pemerintahan dan juga komunitas pertahanan,” kata Prabowo. 

4. Kelola kekayaan alam untuk kesejahteraan rakyat

Prabowo berjanji akan melakukan pengelolaan kekayaan alam Indonesia untuk kesejahteraan rakyat. Ketua Umum Partai Gerindra ini mengatakan dalam Kampanye Akbar Partai Demokrat di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, 1 Februari 2024, Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah. Kata dia, sudah seharusnya dikelola agar bisa dinikmati seluruh rakyat Indonesia.

“Manakala kami menerima mandat dari rakyat, tugas kami adalah menjaga kekayaan itu. Bukan hanya menjaga, tetapi dikelola supaya kekayaan itu bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia,” kata Prabowo. 

5. Pertumbuhan ekonomi tembus 8 persen

Prabowo juga menjanjikan pertumbuhan ekonomi Indonesia menembus 8 persen. Janji ini ia sampaikan dalam Trimegah Political and Economic Outlook 2024, pada Rabu, 31 Januari 2024. Menurutnya, target pertumbuhan ekonomi bisa dicapai dengan fondasi dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi maupun presiden sebelumnya. Fondasi itu, kata dia, menjadi pijakan bangun perekonomian Indonesia ke depan.

“Saya optimistis pertumbuhan kita—seandainya saya menerima mandat—saya sasar minimum 8 persen,” kata Prabowo. 

6. Penuhi hak dan jaga warisan budaya Kalimantan

Prabowo berjanji akan memenuhi hak dan menjaga warisan budaya Kalimantan. Hal ini disampaikannya ketika berkunjung me Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan dalam rangkaian kampanyenya pada Sabtu, 20 Januari 2024.

“Hari ini saya berkunjung ke dua provinsi sekaligus, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan, saya ingin berkomitmen memenuhi hak-hak dan menjaga warisan budaya Kalimantan,” kata Menteri Pertahanan ini. 

7. Maksimalkan dana abadi pondok pesantren

Saat berkampanye di Pondok Pesantren atau Ponpes Asshidiqiyah Batuceper, Kota Tangerang, Gibran menilai santri merupakan bagian dari generasi emas yang perlu mendapatkan perhatian dari asupan gizi dan pendidikan. Gibran bersama Prabowo berjanji akan memaksimalkan dana abadi pondok pesantren untuk mengembangkan kompetensi para santri jika menang di Pilpres 2024.

“Jangan pernah dipandang sebelah mata. Santri dan santriwati adalah bagian dari generasi emas yang akan memimpin Indonesia di masa mendatang,” kata Gibran, Senin, 4 Desember 2023. 

8. Hilirisasi untuk kesejahteraan negara

Prabowo mengatakan, hilirisasi menjadi modal penting mencapai kesejahteraan negara. Bila terpilih menjadi presiden pada Pilpres 2024 bersama Gibran, ia menyatakan akan melanjutkan kebijakan hilirisasi. “Kita harus kembangkan konsep hilirisasi dan industrialisasi. Kita harus kembangkan yang sudah dirintis Pak Jokowi,” ujarnya saat berpidato di kegiatan Musyawarah Kerja Nasional III Majelis Ulama Indonesia, pada 2 Desember 2023. 

9. Atasi konflik Papua dengan genjot perekonomian

Dalam debat pertama Capres 2024, Prabowo pernah berjanji akan menguatkan hukum, meningkatkan keberadaan aparat, dan mempercepat pembangunan ekonomi untuk mengatasi konflik yang telah lama berkecamuk di Papua.

“Rencana saya tentunya menegakkan hukum, memperkuat aparat di situ, dan juga mempercepat pembangunan ekonomi,” kata Prabowo di Kantor Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat pada Selasa, 12 Desember 2023. 

10. Pembangunan berkelanjutan ekonomi dan energi hijau

Saat deklarasi pasangan Prabowo-Gibran di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu 25 Oktober 2023, Gibran bersama Prabowo berjanji akan melanjutkan apa yang telah dilakukan pemerintah Presiden Jokowi. Salah satunya program pembangunan berkelanjutan, yang dijanjikan Gibran berbasis ekonomi hijau dan energi satunya.

“Juga ekonomi hijau dan energi hijau untuk keberlanjutan,” kata Gibran mengungkapkan janji-janjinya. 

11. Ketahanan energi tanpa impor

Saat menghadiri deklarasi dukungan dari Partai Gelora, Prabowo mengungkapkan rencana fokus kebijakannya jika terpilih menjadi presiden. Salah satunya program kebijakan mengenai ketahanan energi.

“Kita harus menjaga energi kita. Jangan khawatir, kita bisa hasilkan energi dari dalam negeri, dari singkong, dari sagu, dari tebu, dari aren,” kata Prabowo dalam video yang diunggah akun Youtube GeloraTV pada Sabtu, 2 September 2023. 

12. Mendirikan Badan Penerimaan Negara

Untuk meningkatkan penerimaan negara dari dalam negeri, dibutuhkan terobosan konkret dari pemerintah. Oleh karena itu, Prabowo-Gibran berjanji akan didirikan Badan Penerimaan Negara (BPN). Berdasarkan dokumen visi misinya, BPN yang didirikan Prabowo-Gibran ditargetkan mampu meningkatkan rasio penerimaan negara terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 23 persen.

Sumber Berita / Artikel Asli : tempo

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved