Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pertumbuhan Ekonomi di Daerah Hanya Dinikmati oleh Pemilik Modal, Anthony: Selamat Menikmati Penjajahan ‘VOC Baru’

 

Kencangnya laju pertumbuhan ekonomi di Maluku dan Papua pada kuartal I-2024 tak membuat daya beli masyarakat di dua daerah itu kuat, tercermin dari tingkat konsumsi masyarakatnya yang masih rendah.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), wilayah Maluku dan Papua mengalami pertumbuhan ekonomi tertinggi pada kuartal I-2024 sebesar 12,15%. Pertumbuhannya jauh melampaui pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,11%.

Kepala Departemen Riset Industri dan Regional Bank Mandiri Dendi Ramdani mengatakan, dengan laju pertumbuhan ekonomi itu, sayangnya tingkat konsumsi masyarakatnya rendah.

Menandakan pertumbuhan ekonomi tinggi di daerah itu tidak langsung membuat rakyatnya makmur. (CNBCIndonesia, 15/5/2024)

Terkait hal tersebut Managing Diretor PEPS (Political Economy and Policy Studies) Anthony Budiawan sampaikan tanggapan.

“Bukti, bahwa pertumbuhan ekonomi di daerah hanya dinikmati oleh pemilik modal,” ujar Anthony saat dihubungi wartawan, Kamis (16/5/2024).

“Bukti, bahwa daerah kembali terjajah oleh ‘VOC baru’, kerja sama antara ‘VOC lokal’ dan ‘VOC asing’, difasilitasi oleh para penguasa pusat,” imbunya.

Dikemukakannya bukti bahwa kekayaan alam milik daerah dieksploitasi (baca: dirampas) secara terang-terangan, dengan menggunakan undang-undang yang menindas rakyat daerah, serta melanggar konstitusi pasal 33 ayat (3), yang berbunyi:

Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Ia mengatakan ‘Menjajah’ bangsa Indonesia memang sangat nikmat. Sudah terjajah, rakyatnya malah berterima kasih kepada penjajah.

Tidak heran VOC bisa menjajah Indonesia dalam waktu yang sangat lama. 350 tahun.

“Bantuan sosial dianggap rejeki dan kemurahan hati penjajah, sehingga penjajah perlu diundang kembali untuk terus menjajah,” tukasnya.

“Selamat menikmati penjajahan ‘VOC baru’,” tandasnya. ***

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved