Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

7 Brigade Palestina yang Siap 'Membantai' Tentara Israel dalam Perang Rafah

 

Invasi darat Israel ke Rafah akan menjadi kiamat bagi tentara Zionis. Itu disebabkan 7 brigade Palestina siap membantai tentara Israel yang bergerak ke wilayah yang berbatasan dengan Mesir.

Hal ini bukan hanya karena unsur kejutan yang dimanfaatkan secara efektif oleh Hamas, tetapi juga karena kemampuan militer canggih dari tujuh brigade terkemuka di kawasan, khususnya Brigade Qassam, sayap bersenjata Hamas.

7 Brigade Palestina yang Siap Membantai Tentara Israel dalam Perang Rafah

1. Brigade Al-Qassam (Majd)

Melansir Asharq Al-Awsat, Brigade Qassam, awalnya bernama "Majd," didirikan pada awal tahun 1988 dan dengan cepat menjadi kekuatan militer paling signifikan di Jalur Gaza dan seluruh wilayah Palestina.

Nama Majd tetap dikaitkan dengan aparat keamanan rahasia mereka yang bertujuan melacak kolaborator intelijen Israel.

Pemimpin Hamas di Gaza Yahya Sinwar adalah salah satu pendiri Majd. Sejak awal berdirinya, Brigade Qassam telah mengalami beberapa fase evolusi.

Mereka menjadi terkenal pada awal tahun 1990an karena melakukan operasi pengeboman di wilayah Israel.

Yahya Ayyash, salah satu tokoh gerakan ini di Tepi Barat, menjadi simbol gerakan tersebut hingga pembunuhannya di Gaza pada tahun 1996.

Selama Intifada Kedua, Brigade melanjutkan operasi pengeboman mereka dan berhasil menculik tentara Israel Gilad Shalit pada tahun 2006, yang mengarah pada kesepakatan pertukaran tahanan dengan Israel pada tahun 2011.

Pada tahun 2007, Qassam mengambil kendali militer atas Jalur Gaza setelah bentrokan dengan pasukan keamanan Otoritas Palestina (PA).

Selama bertahun-tahun Intifada, Brigade tersebut bereksperimen dengan meluncurkan roket primitif ke Israel, yang oleh para pejabat Palestina digambarkan sebagai 'sia-sia'.

Namun, pada awal tahun 2009, mereka mengejutkan Israel dengan meluncurkan roket 'Grad' yang mampu menjangkau jarak sekitar 50 kilometer.

Brigade Qassam diperkirakan memiliki sekitar 30.000 pejuang, yang dikenal dengan organisasi hierarkis, pasukan elit, dan unit khusus untuk terowongan, produksi militer, dan intelijen.

Terowongan tersebut telah menjadi perhatian besar bagi militer Israel. Pada tahun 2014, Brigade berhasil menyembunyikan dua tentara Israel setelah menangkap mereka di Gaza. Nasib mereka masih belum diketahui.

Brigade Qassam pertama kali menggunakan rudal Fajr buatan Iran untuk menyerang Tel Aviv pada tahun 2012 sebagai tanggapan atas pembunuhan pemimpin senior mereka, Ahmed Jabari.

Sejak saat itu, mereka telah mengembangkan drone dan sejumlah rudal yang terus mengejutkan Israel dalam konflik-konflik berikutnya, termasuk perang tahun 2014 dan pertempuran “Pedang Yerusalem” tahun 2021.

Pemimpin terkemuka Brigade Qassam, seperti Yahya Ayyash, Imad Aqel, Salah Shehadeh, dan Ahmed Jabari, telah dibunuh oleh Israel.

Pemimpin Al-Qassam dan orang nomor satu yang dicari Israel, Mohammed Deif, selamat dari berbagai upaya pembunuhan selama 30 tahun terakhir.  

2. Brigade Al-Quds (Angkatan #2)

Melansir Asharq Al-Awsat, sayap militer Jihad Islam, Brigade al-Quds, adalah kekuatan terkuat kedua di wilayah Palestina.

Kelompok ini didirikan selama Intifada Kedua pada tahun 2000 dan memiliki hubungan dekat dengan Iran dan Hizbullah.

Kelompok ini memiliki sekitar 11.000 rudal dan berbagai rudal ringan, menengah, dan jarak jauh. Mereka memainkan peran penting di wilayah tersebut, meskipun tidak memiliki jaringan terowongan yang luas dan tidak memiliki dampak seperti Brigade Qassam.

Brigade Al-Quds secara konsisten menantang sistem pertahanan Israel selama bertahun-tahun, terutama dalam konflik yang semakin meningkat di Gaza, di mana Hamas sering kali menahan diri untuk tidak berpartisipasi.

Selama bertahun-tahun, Israel telah membunuh beberapa pemimpin Brigade al-Quds di Jalur Gaza dan Tepi Barat. Di antara yang paling terkenal adalah Muqled Hamid, Bashir al-Dabash, Aziz al-Shami, Khaled Dahdouh, Majed Harazin, Baha Abu al-Ata, Khaled Mansour, dan lainnya dari Gaza dan Tepi Barat.

Dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di Tepi Barat, gerakan ini menjadi terkenal melalui "Brigade Jenin", salah satu formasi militer terpenting Brigade al-Quds di Tepi Barat bagian utara.

Batalyon tersebut melakukan serangkaian serangan bersenjata, dan banyak pemimpinnya dibunuh, termasuk Mohammad Zubaidi baru-baru ini. 

3. Brigade Al-Nasser

Brigade Salahadin al-Nasser adalah sayap bersenjata Komite Perlawanan Rakyat di Palestina, yang didirikan oleh Jamal Abu Samhadana, yang dibunuh pada tahun 2006 saat dimulainya Intifada Kedua pada tahun 2000.

Mereka dianggap sebagai kekuatan terbesar ketiga, terdiri dari sekitar 5.000 pejuang dan memiliki puluhan soket dan selongsong mortir.

Brigade tersebut melaksanakan operasi pertamanya pada akhir tahun 2000, meledakkan alat peledak besar di tank Israel di persimpangan Netzarim, menewaskan dua tentara Israel.

Mereka menerima dukungan dari Hizbullah dan Gerakan Jihad Islam dan telah berpartisipasi dalam beberapa operasi, termasuk penggerebekan di pemukiman Gaza sebelum penarikan diri, yang menewaskan banyak warga Israel.

Israel telah membunuh banyak pemimpinnya, termasuk Kamal al-Nairab dan Zuhair al-Qaisi, penerus Abu Samhadana. 

4. Brigade Martir Al-Aqsa

Brigade Martir al-Aqsa, sayap militer gerakan Fatah, telah menjadi kekuatan paling vital keempat setelah menjadi kekuatan militer terdepan pada tahap awal Intifada.

Selama periode itu, mereka melakukan serangkaian serangan besar terhadap Israel, termasuk operasi di kota-kota Israel.

Sebelumnya dikenal dengan beberapa nama, termasuk "The Storm", mereka berpartisipasi dalam berbagai operasi di dalam dan di luar Palestina.

Saat ini, Brigade tersebut terdiri dari sekitar 2.000 pejuang dengan senjata ringan dan menengah serta roket buatan lokal dengan jangkauan sekitar 16 km dari perbatasan Gaza.

Selama Intifada Kedua, mereka melakukan berbagai operasi di Tepi Barat dan Gaza.

Banyak dari pemimpin mereka dibunuh oleh Israel, dan kehadiran mereka menurun secara signifikan setelah Presiden Mahmoud Abbas secara resmi membubarkan mereka pada tahun 2007, dan mengintegrasikan anggota mereka ke dalam pasukan keamanan.

Israel membunuh beberapa anggotanya yang baru-baru ini muncul kembali di Jenin dan Nablus. 

5. Brigade Abu Ali Mustafa

Brigade Abu Ali Mustafa adalah sayap militer Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP).

Nama organisasi ini diambil untuk menghormati sekretaris jenderal organisasi tersebut yang terbunuh, Abu Ali Mustafa, pada tahun 2001, yang dibunuh oleh Israel di kantornya di Ramallah dalam serangan helikopter.

Kelompok tersebut saat ini dianggap sebagai kekuatan kelima, dengan ratusan pejuang yang berbasis di Gaza dan Tepi Barat. Mereka dilengkapi dengan persenjataan ringan dan menengah serta rudal yang diproduksi secara lokal.

Kelompok ini melakukan beberapa serangan, terutama sebagai tanggapan atas pembunuhan sekretaris jenderal mereka. Mereka membunuh mantan Menteri Pariwisata Israel, Rehavam Ze'evi, pada tahun 2001 di sebuah hotel di Yerusalem Barat.

Pada tahun 2002, sekretaris jenderal Brigade saat ini, Ahmad Saadat, ditangkap bersama para pemimpin lainnya atas tuduhan merencanakan dan berpartisipasi dalam pembunuhan tersebut.

Pasukan keamanan Palestina awalnya menahan mereka sebelum dipindahkan ke Penjara Pusat Jericho.

Empat tahun kemudian, pasukan Israel menggerebek penjara tersebut, menahan mereka dan kemudian menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup. 

6. Brigade Perlawanan Nasional

Melansir Asharq Al-Awsat, Brigade Perlawanan Nasional adalah sayap militer Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina. Mereka telah beroperasi dengan berbagai nama sebelum Intifada.

Brigade ini adalah kekuatan keenam yang paling tangguh, dengan ratusan pejuang. Mereka dipersenjatai dengan senjata ringan dan menengah serta rudal buatan lokal.

Selama bertahun-tahun, dan khususnya selama Intifada Kedua, Brigade Nasional telah melakukan serangkaian serangan, menewaskan beberapa warga Israel. Banyak pemimpin dan anggotanya juga terbunuh. 

7. Brigade al-Mujahidin

Brigade Al-Mujahidin adalah kelompok militer yang awalnya muncul dari gerakan Fatah sebelum menyatakan pemisahan total mereka.

Terdiri dari ratusan pejuang, Brigade ini dilengkapi dengan persenjataan ringan dan menengah, serta roket yang mampu mencapai kota-kota Israel seperti Ashkelon dan Sderot.

Sejak awal Intifada, al-Mujahidin telah melakukan serangkaian serangan, di mana pasukan Israel telah membunuh beberapa pemimpin mereka.

Sumber Berita / Artikel Asli : SINDONews

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved