Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Tak Lagi Berstatus Bandara Internasional, Adi Soemarmo Tetap Layani Penerbangan Haji

 

Boyolali - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencabut status Bandara Adi Soemarmo sebagai bandara internasional. Bandara yang berada di wilayah Kabupaten Boyolali itu pun kini statusnya menjadi bandara domestik. Lalu, bagaimana dengan penerbangan haji?

Legal, Compliance, and Stakeholder Relation Manager Bandara Adi Soemarmo, Hermawati P, membenarkan berdasarkan Keputusan Menteri (KM) Perhubungan nomor 31/2024, status bandara Adi Soemarmo tidak lagi merupakan bandara internasional. Namun terhadap pelaksanaan penerbangan internasional yang saat ini telah ada, akan dilakukan pembahasan bersama dengan pihak-pihak terkait, dalam hal ini maskapai dan regulator.

"Namun pada prinsipnya Bandara Adi Soemarmo baik secara fasilitas maupun standar pelayanan siap untuk melaksanakan pelayanan penerbangan internasional," ujarnya kepada para wartawan Sabtu (27/4/2024).

Terkait dengan pelaksanaan ibadah haji, kata dia, di tahun 2024 ini bandara Adi Soemarmo masih melayani penerbangan haji. Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 152 Tahun 2024 tentang Embarkasi dan Debarkasi Haji Tahun 1445 H/ 2024 M.

"Bahwa terkait dengan pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 M/1445 H, berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 152 Tahun 2024 tentang Embarkasi dan Debarkasi Haji Tahun 1445 H/ 2024 M, Bandara Adi Soemarmo telah ditetapkan sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji Tahun 1445 H untuk provinsi Jawa Tengah dan DIY. Sehingga pelaksanaan pelayanan penerbangan haji tahun 2024 dipastikan tetap dilaksanakan melalui Bandara Adi Soemarmo," tandas dia.

Sementara itu, melansir dari detikfinance, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memangkas jumlah bandara internasional di Indonesia menjadi 17 dari sebelumnya 34. Sejumlah bandara turun kasta menjadi bandara domestik.

Ada 2 bandara di Jawa Tengah (Jateng) yang juga terpaksa harus turun kasta jadi domestik, yakni Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang.

Sumber Berita / Artikel Asli : detik

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved