Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ustaz Hanan Attaki Baca Syahadat Saat Baiat ke NU, Ini Penjelasan PBNU

  


Ustad Hanan Attaki mengucapkan syahadat kembali saat ia berbaiat kepada Nahdlatul Ulama. Ini tujuannya menurut Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

KH Ahmad Fahrur Rozi atau Gus Fahrur selaku Ketua PBNU menegaskan bahwa tindakan Ustad Hanan Attaki mengucapkan syahadat tidak berarti ia masuk Islam lagi.

Gus Fahrur menambahkan bahwa mengucapkan syahadat adalah hal yang baik saja bagi seorang Muslim.

“Ya tidak mengapa, hanya kebiasaan baiat saja. Tidak wajib baca syahadat bagi orang Islam. Baca syahadat itu baik saja, bukan berarti masuk Islam lagi,” kata Gus Fahrur kepada wartawan, Jumat (12/5/2023).

KH Ahmad Fahrur mengatakan kalimat syahadat dibacakan saat baiat merupakan hal yang lumrah dan sering dilakukan. 

“Ada anjuran hadis untuk baca syahadat setelah wudu. Kita juga baca syahadat ketika salat. Juga ketika azan,” ujar Gus Fahrur.

Dia lalu menjelaskan soal dalil yang menganjurkan syahadat dibacakan setelah wudu.

Selain itu, umat Islam biasa mengucapkan syahadat ketika shalat dan juga azan.

Seperti diketahui, Hanan Attaki bergabung dengan NU. Ustaz Hanan Attaki pun berbaiat kepada NU dengan diawali membaca syahadat.

Hanan Attaki kini telah berbaiat sebagai kader Nahdlatul Ulama (NU). Ustaz penggerak pemuda hijrah ini berjanji siarkan NU ke anak muda.

Sebagaimana diketahui, Ustaz Hanan Attaki selama ini dikenal sebagai ustaz yang fokus pada dakwah para pemuda hijrah. Ia merupakan pendiri gerakan pemuda hijrah.

Gerakan ini memiliki misi untuk mewadahi para pemuda Indonesia yang ingin berislam secara kaffah.

Hanan Attaki pun berdakwah di berbagai daerah di Indonesia. Namun, di Jawa Timur ia sering ditolak oleh Banser NU lantaran dianggap berafiliasi dengan ormas yang telah dilarang pemerintah atau HTI.

Ustaz Hanan Attaki pernah menuai penolakan di 7 daerah di Jatim.

Kini, ia telah dibaiat sebagai kader Nahdlatul Ulama (NU). Dia dibaiat oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar. 

Pembaiatan dilakukan di sela acara halalbihalal 1444 hijriah Keluarga Besar Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek sekaligus Haul KH Ahmad Noer, KH Mustamar, dan KH Murtadho Amin di Malang, Jawa Timur (Jatim), Kamis (11/5).

“Alhamdulillah, malam ini adalah malam terbaik dalam hidup saya sejak ibu melahirkan saya. Karena bagi seorang mukmin dia dilahirkan 2 kali, pertama jasadnya oleh orang tua biologisnya, kedua dilahirkan ruhiyahnya oleh gurunya atau mursyidnya,” kata Ustad Hanan Attaki dilansir dari situs NU Jatim, Jumat (12/5/2023).

Ini poin baiat yang diucapkan Ustaz Hanan:

Bismillahirrahmanirrahim ...

Asyhadu alla ilaha illallah, wa asyhadu anna muhammadar Rasulullah. Radhitu billaha rabbah, wa bil islami dina, wa bi muhammadin nabiyya wa rasula. 

1. Saya Ustadz Hanan Attaki, menyatakan demi Allah benar-benar Muslim, Mukmin, dhohiron wa bathinan.

2. Saya Ustad Hanan Attaki, menyatakan berbaiat, bersumpah, mengikuti ajaran akidah ulama, habaib, kiai dari kalangan Ahlussunnah wal Jamaah.

3. Saya Ustadz Hanan Attaki bersumpah, berbaiat, demi Allah benar-benar masuk dan mengikuti jamiyah, jamaah dan ajaran Nahdlatul Ulama yang dita'sis oleh Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy'ari, KH Abdul Wahad Hasbullah, KH Bisri Syansuri, dhohiron wa bathinan, wa radhitu bidzalika.

4. Saya Ustadz Hanan Attaki, menyatakan benar-benar dhohiron wa bathinan menerima sistem bernegara, berbangsa, NKRI, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dengan bimbingan para ulama, para habaib dari Ahlussunnah wal Jamaah.

5. Selanjutnya, kami menyatakan siap mati membela Islam, siap mati membela Ahlussunnah wal Jamaah, siap mati membela dan memperjuangkan Nahdlatul Ulama, siap mati untuk NKRI.

La haula wala quwwata illa billahil aliyyil 'adzim  

Sumber Berita / Artikel Asli : Detik

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved