Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Tunjuk Luhut Pimpin Satgas Investasi IKN, Jokowi Pusing Mikirin Investor




 Bisa jadi karena tak kunjung ada investasi yang nyemplung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilanda galau. Ujung-ujungnya, presiden menunjuk Menko Kemaritiman dan Investasi (Marinves) Luhut B Pandjaitan sebagai Ketua Tim Percepatan Investasi IKN Nusantara.

Padahal, jabatan untuk ‘Opung’ Luhut, sapaan akrabnya, sudah bertumpuk-tumpuk. Mulai dari Ketua Satgas COVID-19, Ketua Komite Proyek Kereta Cepat hingga Ketua Pengarah Satgas Tata Kelola Industri Sawit. Kini dibebani lagi memimpin tim task force untuk mendatangkan investor ke IKN Nusantara.

“Dibentuk juga tim task force khusus yang diketuai Menko Marinves Pak Luhut yang akan mengkoordinir interdept (antar kementerian) dan juga semua lembaga terkait sehingga proses percepatan investasi di IKN dapat berjalan lebih baik dan efisien lagi,” kata Kepala Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jakarta, Senin (15/5/2023). 

Bambang menambahkan, pemerintah juga membentuk tim task force di bidang pertanahan. Hal ini dilakukan agar persoalan tanah yang ditawarkan ke investor dapat jelas sehingga investor bisa merumuskan rencana bisnis yang lebih tajam. “Sehingga nanti pada waktu pelaku investasi akan berdialog bersama kami, mencari harga terbaik, tentu akan dilandasi data dan informasi yang up-to-date,” kata Bambang.

Saat ini, kata Bambang, sudah ada 209 surat pernyataan minat (letter of interest) yang telah diterima Otorita IKN per Senin (15/5). Dari 209 surat tersebut, 36 di antaranya sudah masuk tahap penandatangan perjanjian kerahasian (non disclosure agreement/NDA). 

Dengan ditandatanganinya NDA, kata Bambang, maka pembahasan mengenai investasi akan lebih detil, karena akan terjadi pertukaran data antara pemerintah dan investor. Kemudian, investor akan membuat studi kelayakan dan rencana bisnis.

“Ini memang memerlukan waktu. Tapi saya dan Pak Doni (wakil ketua Otorita IKN) diminta untuk mempercepat proses ini agar bisa terealisasi apa yang diinginkan investor di lapangan sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” kata Bambang.

Luhut sepertinya menjadi pilihan terakhir bagi Jokowi, ketika urusan di negeri ini, macet. Termasuk menghadirkan investor masuk ke mega proyek IKN Nusantara senilai Rp462 triliun. Kini, bolanya di tangan Menko Luhut. Apakah investor akan berbondong-bondong masuk ke IKN Nusantara. Atau malah sebaliknya.

Sumber Berita / Artikel Asli : inilah

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved