Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

PHK Pabrik Sepatu Adidas di Tangerang, Ribuan Orang Menjadi Pengangguran




 Pabrik PT Panarub Industry di Tangerang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ribuan karyawan. Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) mencatat sebanyak 1.214 karyawan menjadi pengangguran.

"Peristiwa PHK di Panarub itu memang sudah direncanakan dari setahun sebelumnya, yaitu sudah menyampaikan rencana PHK. Totalnya sebanyak 2 ribu pegawai secara bertahap dimulai pada awal Januari 2023 kemarin," kata Kadisnaker Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan, Rabu (24/5/2023).

Menurut Ujang, dari rencana secara bertahap pemutusan hubungan kerja total sebanyak 2.000 karyawan. Laporan yang diterima Disnaker baru 1.214 orang karyawan.

"Sampai saat ini dari tahapan yang mereka laporkan sebanyak 1.214 (karyawan) yang masuk ke kita dari laporan yang disampaikan pihak Panarub," ucapnya.

Dikatakan Ujang, pihak perusahaan produsen sepatu Adidas itu pun sudah memberikan hak kewajiban uang pesangon bagi ribuan karyawan yang terdampak PHK tersebut.

"Selama ini memang mereka melaporkan sudah menyelesaikan semuanya, terbukti dengan tidak adanya laporan kaitan dengan permasalahan hubungan industrial," tuturnya.

Ujang menyebut pemutusan hubungan kerja yang dilakukan PT Panarub itu diduga faktor terjadi krisis ekonomi global pasca dilanda Covid-19.

"Bahwa memang kondisi pasca Covid-19 ini dan terjadi kerisis ekonomi di luar memicu berkurangnya job order berkaitan dengan pabrik padat karya dalam hal ini adalah sepatu Adidas," ungkapnya.

Bahkan, Ujang juga membantah besaran upah pekerja di Kota Tangerang Rp 4.584.519 menjadi pemicu pemutusan hubungan kerja tersebut.

"Secara pasti kita belum bisa berkomunikasi berkaitan dengan cost perbedaan UMP ataupun UMK di Kota Tangerang dibandingkan dengan daerah lain yang berada di daerah tujuan investasi seperti Jateng," ucapnya.

Lebih lanjut Ujang mengungkapkan Disnaker Kota Tangerang sudah membuat langkah pelatihan bagi ribuan orang pengangguran yang terdampak PHK itu.

"Selama ini memang kita terus berusaha, dimulai awal tahun kemarin kita melaksanakan pelatihan pelatihan untuk mengantisipasi dari pada pengangguran yang ada," sebutnya.

"Kemarin juga pada saat hari kebangkitan nasional kita menandatangani dengan beberapa perusahaan berkaitan pelatihan yang langsung setelah pelatihan mereka diterima ditempat pekerjaan itu," jelasnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : Beritasatu

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved