Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pemilu Turki: Penghitungan Masih Berjalan, Kubu Erdogan Sudah Rayakan Kemenangan

 


Calon petahana Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk sementara masih unggul dalam penghitungan suara dari dua pesaingnya pada pemilihan presiden Turki 2023, Minggu (14/5/2023).

Erdogan tidak pernah tertinggal sejak penghitungan suara dimulai pada Minggu siang waktu setempat. Namun, selisih suara dengan pesaing terdekatnya, Kemal Kilicdaroglu, kini makin tipis.

Saat berita ini ditulis, data Al Jazeera memperlihatkan total surat suara yang telah dihitung mencapai 84,32 persen. Erdogan memimpin dengan 50,2 persen, diikuti kandidat kubu oposisi Kilicdaroglu (44 persen) dan Sinan Ogan (5,3 persen).

Pemilu Turki kali ini memang diperkirakan berlangsung ketat, dengan sejumlah survei sebelum hari pemungutan suara memperlihatkan Kilicdaroglu unggul tipis dari Erdogan. 

Meski demikian, kubu Erdogan dengan penuh kepercayaan diri telah merayakan keunggulan sementara ini.

Reporter Al Jazeera melaporkan bahwa perayaan sudah dimulai di markas Partai AK besutan Erdogan di Ankara.

“Kita bisa melihat pendukung Erdogan dan Partai AK mengibarkan bendera; ada musik keras, tarian dan orang menunggu pemimpin mereka. Harapan semakin tinggi di sini karena hasilnya memberi mereka harapan untuk memenangkan pemilihan di putaran pertama.” lapor reporter itu.

Berdasarkan konstitusi Turki, calon yang meraih lebih dari 50 persen suara akan langsung dinyatakan sebagai pemenang.

Namun, apabila di akhir pengitungan tidak ada kandidat yang mengamankan lebih dari setengah suara (50 persen) pada putaran pertama Pemilu Turki, maka pemungutan suara dilanjutkan ke putaran kedua yang akan digelar pada 28 Mei mendatang.

Sumber Berita / Artikel Asli : Inilah

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved