Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Demokrasi Liberal itu demokrasi Uang

 


Oleh: Muslim Arbi
Direktur Gerakan Perubahan dan Koordinator Indonesia Bersatu

Demokrasi Liberal itu bertumpu pada kekuatan uang. Money can buy anything. Uang yang mengatur segala hal.

Setelah UUD1945 di Amandemen segacara ugal - ugalan pada tahun 2002. Lahirlah UUD2002. Tapi demi mengelabui Publik dan Rakyat Indoensia di sebutlah UUD1945. Ini kejahatan konsitusi yang nyata.

Akibat Amandemen Ugal - ugalan itu. Lahirlah UUD Getok Magic kata Babe Ridwan Saidi (Allah Yarhamu hu).

UUD2002 itu telah merubah wajah bangsa ini menjadi bangsa yang korup dalam tatakelola penyelenggara negara. Korupsi, Kolusi dan Nepotisme yang menjadi musuh reformasi hari ini hadir bahkan melebihi di zaman Orba.

Penguasa menjadi pengusaha. Penguasa nya tidak bisa di sentuh hukum karena aparat penegak hukum di buat tidak berkutik. Saling menyandera.

Sistem rekruitmen pemimpin dari partai politik bukan berdasarkan integritas, kecerdasan, kepribadian, dan amanah. Tapi bergantung pada pencitraan. Hasil survei. Padahal nama2 yang nangkring di hasil survei tertinggi itu punya rekam jejak cacat moral dan korupstif. Tapi aparat hukum. Bungkam.

Duit mengatur dan menentukan siapa pemimpin terpilih. Pada pilpres 2014 dan 2019. Pemimpin bermodal pencitraan unggul. Meski hari ini didera oleh kasus Ijazah palsu dan berbagai kebohongan dan kepalsuan janji - janji politik sekalipun. Tetap berkuasa. Meski kekuasaan nya telah keropos dan keriput.

Rakyat di niba bobokan dengan dengan BLT. Pengusaha dan sejumlah elit berpesta di atas derita rakyat. Akibat kebijakan yang menindas dan mencekik rakyat.

Pemilihan pemimpin bukan di tentukan oleh azas musyawarah dan mufakat sebagai mana seharusnya. Kini. Pemimpin adalah seberapa besar tingkat survei dan pencitraan. Dan bukan pada rekam jejak dan kepribadian dan miskin prestasi sekali pun.

Padahal pencitraan dapat di raih dengan kekuatan uang. Lembaga survei di bayar, media2 di bayar. Semua mengandalkan uang.

Akibat uang menjadi alat untuk merekrut pemimpin. Maka Mentri, anggota DPR, dan kepala - kepala daerah dengan mudah masuk penjara.

Menjelang pemilu legislatif dan pilpres 2024. Beberapa waktu lalu bermunculan sejumlah kasus dengan nilai ratusan triliunan rupiah. Bahkan bikin heboh di publik seperti kasus Rp 349 Triliun pun menguap. Dan tak terdengar lagi.

Sistem politik, ekonomi yang dikelola setelah negara di kelola berdasarkan UUD2002. Berbagai kerusakan dan kebusukan nyaris sempurna melumatkan bangsa ini. Semua itu bermula dari amandemen UUD1945 ugal - ugalan itu.

Dan pemilu dan pilpres yang di hasilkan dari UUD Amandemen. Uang menjadi kekuatan yang menentukan. Bangsa ini pun telah kehilangan jati diri nya. Dan kecurangan dengan mudah dapat di lakukan bila semua terbeli. KPU, Bawaslu terbeli. Juga MK terbeli apalagi dipimpin Adik Ipar, jika sengketa pilpres terjadi.

Satu pertanyaan: berapa dana yang di siapkan oleh Capres yang bermodalkan pencitraan? Untuk memenangkan pilpres sebagai presiden 2024?

Kata Orang Batak. Hepeng mangatur nagar Ong. Dan jika itu yang terjadi. Kekacauan dan kerusakan akan merundung terus di Bangsa ini.

Kukusan: 12 Mei 2023

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved