Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bandingkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, Rocky Gerung: Kalau Mau Bersaing Dengan Jokowi...




 Pengamat politik Rocky Gerung membandingkan dua calon presiden (Capres), Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Menurut Rocky Gerung, Anies Baswedan lebih mampu untuk merawat kelas menengah dibandingkan Ganjar Pranowo.

Karena itu, Rocky Gerung memprediksi bahwa Anies Baswedan akan berkampanye di kampus.

"Secara sosiologis, kemampuan Anies untuk merawat kelas menengah lebih tinggi dari Ganjar. Kelihatannya Anies akan ambil materi itu, yaitu kampanye di kampus," kata Rocky Gerung.

"Itu bagus untuk menghidupkan diskursus kampus. Tapi tetap urusan politik adalah urusan tukar tambah kuantitatif. Karena itu, masalah di Anies tetap dia harus menemukan cara agar pencalonan cawapresnya datang dari kehendak dia, bukan kehendak saksi partai-partai pendukung," tuturnya. 

Mantan Dosen filsafat Universitas Indonesia itu mengatakan, yang terpenting adalah mengembalikan fungsi politik untuk memproduksi keadilan.

Dalam filsafat politik, orang berpolitik hanya menghasilkan keadilan dan mendistribusikan secara adil.

"Jadi bukan keadilan tok, tapi juga didistribusikan secara adil," ucapnya.

Rocky berharap agar hal ini bisa dilihat dalam perdebatan para capres.

Pasalnya, Rocky menilai kegiatan-kegiatan ekonomi di Indonesia hari ini dibagikan secara tidak adil. 

Menurut Rocky Gerung, kemampuan oligarki untuk menguras sumber daya di dalam bagian-bagian yang menguntungkan seperti nikel, batu bara, hingga sawit harus dipersoalkan.

Karenanya, ia meminta Anies Baswedan agar memperhatikan hal paling dasar.

"Memang akhirnya kita mesti persoalkan dia peroleh dengan cara adil atau gak kontestasi itu, izin usaha itu, segala macam. Kan itu intinya," ujarnya.

"Jadi kalau Anies mulai dengan percakapan semacam itu, dia juga mesti pergi di tempat yang paling dasar, yaitu secara ekonomi politik, apakah seluruh budaya akumulasi kita diperoleh dengan cara yang masuk akal. Itu pertama," sambungnya, dikutip dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Senin, 22 Mei 2023.

Kedua, Rocky juga mengatakan Anies harus mempertanyakan apakah output dari akumulasi tersebut apakah sudah merata dibagikan kepada rakyat. 

Salah seorang pendiri Setara Institute itu menjelaskan, kebijakan politik hanya berbicara mengenai akumulasi dan distribusi yang adil.

Lebih lanjut, pria kelahiran Manado, Sulawesi Utara itu tidak menampik bahwa diskursus politik saat ini masih akan menjadi retorika.

Hal ini disebabkan dengan desain ekonomi di Tanah Air yang belum berubah. Karenanya, hal tersebut harus bisa didebatkan di tingkat paradigma.

Ia menjabarkan, basis persaingan politik adalah persaingan ide, pikiran, bahkan ideologi. Karena itu, Anies Baswedan harus memiliki

"Jadi kalau Anies mau bersaing dalam politik dengan ide yang berbeda dengan Jokowi yang dia sebut sebagai change dan bukan contiounity, maka juga paradigmanya mesti berbeda," tegas Rocky Gerung. 

Menurutnya, konsep seperti ini harus dikupas secara tuntas agar Anies Baswedan tak terlihat sebatas retorika saja.

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu diduga memberikan sindirannya kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di acara Milad PKS pada Sabtu, 20 Mei 2023.

Dalam pidatonya, Anies mengulas buku 'Why Nations Fail'. Ia mengatakan, negara dengan institusi politik yang memeras cenderung hanya mengkonsolidasikan kekuatan dan kewenangannya pada satu pemimpin atau kelompok.

Anies menuturkan, kekuasaan negara semacam ini tidak didistribusikan kepada banyak pihak. Akibatnya, partisipasi masyarakat pun minim dan terbatas.

Tak cuma itu, Anies menyebut negara seperti ini sering kali mengabaikan etika dan peraturan hukum.

Menurut Anies Baswedan, peraturan dalam negara yang institusi politiknya buruk bisa diubah-ubah, ditebang pilih, dan bahkan hanya menguntungkan para penguasa.

Sumber Berita / Artikel Asli : Kilat

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved