Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Titik Terang Proyek Kereta Cepat: Segini Bunga Utangnya!


  • Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung kerap menuai kontroversi yang tiada ujungnya seiring dengan peliknya kelanjutan proyek ini.
  • Pasalnya proyek ini menuai geram masyarakat sebagai 'penonton' dengan serangkaian progres yang tak kunjung selesai. Mulai dari macetnya operasi, kecelakaan, hingga utang investasi yang diberikan China.
  • Namun demikian, setidaknya ada titik terang dari proyek ini terkait pembengkakan dan bunga yang saat ini sedang dinegosiasi.

Lagi-lagi proyek kereta cepat menuai kontroversi yang tiada ujungnya. Sejak proyek ini macet, ada banyak sekali kontra di dalamnya yang menyelimuti perasaan masyarakat sebagai 'penonton' dari serangkaian progresnya. Mulai dari macetnya operasi, kecelakaan, hingga utang investasi yang diberikan China.

Untuk diketahui, proyek Kereta Cepat sudah bergulir sejak awal tahun 2016, namun sudah 6 tahun berselang proyek ini tak kunjung rampung. Awalnya, proyek ditarget selesai 3 tahun, maka bila dihitung-hitung seharusnya kereta cepat sudah rampung 2019. Namun sampai akhir 2022 ini pun pembangunan sarana prasarananya tak kunjung selesai.

Tidak hanya kendala geografis melewati clayshale pada pembangunan terowongan 2, Karawang, namun masih ada beberapa masalah yang menjadi hantu proyek kereta cepat Jakarta - Bandung. Padahal, proyek ini ditargetkan bisa beroperasi komersial di tahun 2023.

Masalah Pendanaan

Tahun 2021 lalu konsorsium Indonesia yang tergabung dalam PT Pilar Sinergi BUMN, tidak bisa menyetorkan setoran ekuitas ke dalam proyek. Sehingga pemerintah memutuskan menyuntik Penyertaan Modal Negara kepada PT KAI sebagai pemimpin konsorsium menggantikan Wijaya Karya.

Pandemi Covid-19 Turut Mengganggu Jalannya Proyek

Dalam catatan CNBC Indonesia, pada 1 Juni 2021 - 1 Febaruari 2022 total ada 491 orang pekerja konstruksi yang diidentifikasi positif. Sehingga pengerjaan proyek kerat terhambat.

Saat itu, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan proyek tersebut tertunda hingga waktu yang belum ditentukan, karena saat ini masih belum ada kegiatan pembangunan lanjutan.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengungkapkan bahwa proyek kereta cepat Jakarta-Bandung bisa terus dikerjakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Namun sayang, proyek nyatanya harus tertunda sampai kondisi saat itu benar-benar membaik.

Teknis Konstruksi

Ternyata, ada kendala geologi dan clayshale di terowongan 2, 4, dan 6. Sehingga penyelesaian ekskavasi harusnya Agustus 2021 menjadi April 2022.

Selain itu relokasi SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) di beberapa titik menemui kendala. Karena ada penolakan dari warga sekitar. Meski dalam penyelesaian di pengadilan warga akhirnya sudah menerima konsiyasi yang dilakukan.

Selain itu ada pekerjaan timbunan dari preloading dan subgrade juga molor. Di mana dijadwalkan selesai Juli 2021, namun karena beberapa kendala eksternal maka penyelesaiannya baru bisa dilakukan pada Agustus 2022.

Tajuk Utama: Pembengkakan Biaya Hingga Utang Terhadap China

Untuk diketahui, proyek tersebut melibatkan China lewat konsorsium PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Kongsi itu bertanggung jawab terhadap pembangunan kereta cepat hingga pengoperasiannya.

Biaya pembangunan tiba-tiba disebut membengkak di tengah progress pembangunan yang terus menerus mundur dari targetnya. Maka dari itu, biaya proyek yang kian meningkat secara masih dari rencana anggaran awal turut menjadi tajuk utama di masyarakat.

Sejatinya sejak awal proyek berjalan, bengkak biaya memang tak cuma terjadi sekali. Menurut penelusuran CNBC Indonesia, awalnya kereta cepat dibangun dengan investasi cuma US$ 5,5 miliar dalam kurs Rp 85,8 triliun.

Di tengah jalan, biaya proyek mengalami pembengkakan menjadi US$ 5,9 miliar atau sekitar Rp 92 triliun dan akhirnya bengkak lagi menjadi US$ 6,07 miliar atau sekitar Rp 94,6 triliun.

Jumlah terakhir sebesar US$ 6,07 miliar itu kemungkinan bisa bertambah besar. Pasalnya, cost overrun kembali ditemukan di proyek kereta cepat yang membentang sepanjang 142 kilometer itu. Hal ini diungkapkan pihak PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai salah satu pemegang saham KCIC bulan September 2021 dalam rapat kerja dengan DPR.

Perhitungan bengkak kereta cepat pun langsung dilakukan dengan menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Setidaknya ada dua kali asersi perhitungan yang dilakukan BPKP soal bengkak Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Itu informasi akhir tahun 2021 di mana pembengkakan sudah terjadi pada tahun tersebut. Lantas bagaimana kondisinya saat ini? Apakah pembengkakan ini terus menggendut tanpa ampun?

Berdasarkan data terbaru yang dihimpun Tim Riset, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim bunga pinjaman ke China Development Bank (CDB) untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung turun dari 4% jadi 3,4%.

Penurunan bunga pinjaman ini dikatakan Luhut adalah hasil dari negosiasi yang dilakukannya saat kunjungan kerja ke China. Meski sudah turun, Luhut bilang pemerintah masih berharap agar bunga pinjaman ini masih bisa ditekan jadi 2%.

"Kemarin itu mereka mau turun dari 4% bunganya, di bawah itu, tapi kita mau angkanya rendah lagi. Offer-nya pertama 3,4% dari awalnya 4%, tapi Kami mau kalau bisa rendah lagi," ungkap Luhut dalam konferensi pers di kantornya, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (10/4/2023) dalam Catatan CNBC Indonesia.

Luhut mengklaim bahwa angka ini sudah sangat murah dibandingkan suku bunga pinjaman di tempat lain yang mencapai 6%. Negosiasi masih dilakukan, setidaknya sampai pekan depan. Namun, bila bunga 3,4% disepakati, Luhut menilai tidak seperti mimpi buruk yang dibayangkan kalangan masyarakat Indonesia sebelumnya.

Tapi kalau kita membandingkannya dengan pinjaman di awal proyek memang bunga ini mengecewakan. Saat awal proyek 2016 lalu, Rini Soemarno yang menjabat Menteri BUMN kala itu mengatakan pembangunan kereta cepat harus memenuhi dua syarat.

Syarat tersebut diantaranya yaitu tidak menggunakan dana dari APBN dan tidak meminta jaminan dari pemerintah. Dari 2 proposal kereta cepat yang diterima pemerintah, hanya proposal dari China yang memenuhi kedua persyaratan itu.

Pada saat itu skema pembiayaannya adalah utang selama 40 tahun dengan bunga fixed 2% dari China Development Bank (CDB). CDB akan memberikan pinjaman sebesar 75% dari nilai proyek. Diperkirakan biaya pembangunan kereta cepat membutuhkan dana Rp 70-80 triliun.

Namun rencana tetaplah rencana, kini hutang tersebut berbunga meskipun dengan negosiasi bunga utang tersebut tak seburuk yang dipikirkan.

Selain membawa kabar soal bunga, ada kesepakatan lain antara pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dengan Pemerintah China Luhut mengungkapkan kalau proyek Kereta Cepat akan segera dioperasikan pada Agustus 2023 ini.

Maka dalam kesempatan tersebut, Luhut juga mengungkapkan kalau kedua negara menyepakati cost overrun bengkak US$ 1,2 miliar atau sekitar Rp 17,89 triliun.

"Tim teknis dari kedua negara telah menyepakati cost overrunse besar US$ 1,2 miliar (Rp 17,89 triliun)," ujarnya.

Menurut Luhut, angka itu bersumber dari audit yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan auditor Pemerintah RRC.

Sumber Berita / Artikel Asli : CNBC Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved