Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Perkara Transaksi Rp349 T yang Dibongkar Mahfud MD Mengingatkan pada Kejadian di Akhir Orde Baru: Kita Melihat Fenomena…


 Pengamat Politik Dr. AS Hikam menyebut pengungkapan transaksi mencurigakan Rp349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengingatkannya pada kejadian di akhir orde baru.

Adapun kejadian yang dimaksud Hikam yaitu gerakan civil society yang bisa menggerakkan pemerintahan untuk mengusut kekacauan.Gerakan civil society tersebut kini kembali terjadi saat Menko Polhukam Mahfud MD membongkar soal temuan transaksi mencurigakan di Kemenkeu.

“Kalau kita melihat apa yang terjadi fenomena Profesor Mahfud MD ini, bisa dilihat sebagai salah satu bukti bahwa civil society di Indonesia itu memang masih mempunyai greget,” ujar Hikam, dikutip WE NewsWorthy dari kanal YouTube Padasuka TV pada Senin (3/4/2023).

Menariknya, gerakan civil society tersebut muncul ketika ada tokoh yang secara kolektif mampu menyuarakan aspirasi masyarakat.

“Dan juga masih bisa muncul asalkan ada kepemimpinan atau tokoh yang memang secara kolektif itu dirasakan mampu untuk menyuarakan aspirasi dari kelompok-kelompok masyarakat sipil,” sambung Hikam.

Usai mengungkap soal temuan transaksi Rp349 triliun di Kemenkeu, Mahfud kemudian mendapat banyak dukungan untuk membongkar perkara tersebut.

Hal tersebut mengingatkan Hikam pada gerakan civil society atau masyarakat sipil di akhir era orde baru yang bersatu menumbangkan pemerintahan masa itu.

“Mereka sekarang seolah-olah bersatu untuk menunjukkan dukungan mereka. Dan ini bisa mengingatkan kita kepada dukungan masyarakat sipil pada zaman akhir dari masa orde baru dulu,” ujarnya.

Untuk diketahui, Mahfud melakukan rapat dengar pendapat atau RDP bersama Komisi III DPR terkait transaksi mencurigakan Rp349 triliun di Kemenkeu.

Sumber Berita / Artikel Asli : NW Wartaekonomi

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved