Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

JK: Hanya Dua Negara Izinkan Warga Bangun Masjid, Salah Satunya RI




 Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) menyatakan Indonesia adalah salah satu dari segelintir negara yang memperkenankan masyarakatnya ikut serta dalam pembangunan masjid, sehingga masyarakat semestinya bersyukur pemerintah tak 'memonopoli' pembangunan masjid di Indonesia. 

"Apa yang membedakan umat Indonesia dengan luar? Indonesia cuma (satu dari) dua negara di dunia yang membangun masjid oleh masyarakat sendiri," kata JK saat mengisi ceramah di Masjid Kampus UGM, Sleman, DIY, Jumat (31/3) malam.

Ia memberikan contoh Malaysia atau Arab Saudi yang pembangunan masjidnya diselenggarakan oleh negara sehingga aktivitas menyampaikan khotbah bisa diatur. 

"Karena negara yang membangun, maka khotbahnya, ceramahnya, harus sama dengan kebijakan negara," kata Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu.

"Kalau kita beda kadang-kadang, ada masjid begitu naik langsung kritik pemerintah habis-habisan," lanjut dia. 

JK menjelaskan, ceramah atau khotbah yang melanggar ketentuan pemerintah di Negeri Jiran bisa berujung pada penangkapan oleh Kepolisian Diraja Malaysia.

"Apalagi di Saudi, 10 tahun itu penjara. Jadi berbahagialah umat Islam Indonesia dapat kita ini menyampaikan hal-hal yang menurut kita itu penting," ungkap JK. 

JK menyebut Indonesia sebagai negara muslim terbesar memiliki hampir satu juta bangunan masjid dan musala yang tersebar di setiap sudut jalan, sementara di Malaysia, dengan jumlah penduduk mencapai 30 juta jiwa hanya memiliki 760 masjid saja.

"Di setiap jalan kampung ada masjid. Sampai kita dewan masjid ini mengatur jangan kalian adzannya terlalu keras, karena sering melampaui masjid lain sehingga kita dengar tapi tidak jelas apa yang disampaikan. Ini penting untuk kita semua," katanya.

Sumber Berita / Artikel Asli : CNN Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved