Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Betapa Marahnya Habib Bahar Dengar 3 Petugas Soetta Dipecat: Itu Murid Ngaji Saya!

 


Publik dikejutkan dengan kabar 3 petugas Bandara Soetta di bagian Aviation Security (Avsec) dipecat dari pekerjaannya usai menjemput dan mengawal Habib Bahar bin Smith yang baru turun dari pesawat.

Menurut keterangan pihak Communications and Legal Bandara Soetta, 3 petugas Avsec Soetta itu dipecat karena dianggap telah melakukan pelanggaran berat dan melanggar SOP dengan meninggalkan area kerja tanpa melapor.

Terkait hal ini, Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun turut berkomentar perihal 3 petugas Soetta yang dipecat.

Kata Refly Harun, Habib Bahar langsung meneleponnya seketika mendengar kabar petugas Soetta yang dipecat tersebut.

"Saya ditelepon Habib Bahar, dia menceritakan soal rasa iba, termasuk rasa marah juga dengar kabar 3 pegawai Soetta itu," kata Refly Harun disitat dalam saluran Youtube-nya, Sabtu 1 April 2023.

Kata dia, sikap 'mengawal' dan santun sejumlah petugas Avsec terhadap Habib Bahar, tak lain karena mereka adalah murid-murid ngajinya. 

"Notabene mereka ngaji sama dia, itu murid-murid dia juga. Maka cium tangan (wajar). Tapi kemudian tiba-tiba dihentikan dari pekerjaannya," kata Refly.

Dia menuding, memang ada pihak yang sengaja menggoreng kasus ini hingga menjadi viral dan ramai jadi sorotan publik.

Akan tetapi, Refly malas menyebut nama siapa orang yang dimaksud sengaja menggoreng kasus ini.

Bagi dia, tak sepatutnya sikap 3 petugas Soetta tersebut lantas dipecat dari pekerjaannya. Sebab sanksi itu dinilai sangat berlebihan.

Apalagi pemandangan perlakuan khusus di bandara sejatinya jamak dilakukan.

Refly lantas memberikan kesaksiannya ketika dia masih menjadi Komisaris Utama di sebuah BUMN dan tengah pulang dari kunjungan kerja. Ketika itu dia melihat ada seorang kerabat presiden yang dijemput langsung di dekat garbarata. 

Bahkan, penjemputan itu, kata dia, atas perintah langsung petinggi Angkasa Pura 2. Hal itulah yang dianggap Refly sangat diskriminatif.

"Saya cuma ingin mengatakan kalau tak mau diskriminatif, berlaku sama dong. Atau jangan-jangan kalau habibnya bukan Habib Bahar atau dari pihak Pemerintah, maka tetap dipersilakan untuk disambut," kata dia.

Refly menilai, andaipun 3 petugas Soetta itu dianggap meninggalkan area kerja dan melanggar SOP, apakah pantas hukuman pemecatan diberikan.

"Kalau tokohnya bukan Bahar bin Smith, apakah diperlakukan seperti itu, malah dimarahi petugas Avsec-nya kalau tak mendampingi jangan-jangan," kata dia.

Ini Pelanggaran Berat 3 Petugas Avsec saat Kawal-Cium Tangan Bahar Smith

Tiga petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta dipecat karena mengawal Bahar bin Smith setelah turun dari pesawat. Mereka dianggap melakukan pelanggaran berat terkait prosedur kerja. 

"Ketiga avsec melakukan pelanggaran berat, yakni meninggalkan area kerja tanpa melapor ke atasan langsung, lalu melakukan penjemputan dan pendampingan terhadap penumpang, di mana ini bukan SOP dari Avsec," kata SM of Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi, dalam keterangan tertulis, Jumat (31/3/2023).

Dalam video pendek yang beredar, tampak ada petugas Avsec menyambut kedatangan Habib Bahar saat turun dari pesawat. Satu per satu dari mereka cium tangan kepada Bahar.

Mereka lalu 'mengawal' Bahar yang berjalan di garbarata hingga lorong terminal kedatangan penumpang pesawat.

AP II menegaskan setiap petugas Avsec harus selalu mematuhi Prosedur Operasi Standar (Standard Operating Procedure/SOP).

SOP petugas avsec adalah memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan dengan menjalankan pemeriksaan terhadap barang dan orang.

Peristiwa petugas Avsec mengawal hingga cium tangan kepada Bahar Smith itu terjadi di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat, 3 Maret 2023. Disebutkan ketiganya merupakan petugas Avsec non-organik. 

"Tindakan ini merupakan pelanggaran SOP berat dan sangat tidak dibenarkan karena dapat menimbulkan dampak terkait aspek keamanan yang tidak kita semua inginkan," lanjutnya.

Atas pelanggaran terhadap SOP dan tindakan indisipliner ini, kemudian diambil tindakan tegas dengan memberikan sanksi terberat sesuai perjanjian kerja kepada ketiga avsec tersebut yaitu pemberhentian.

Pengacara Bahar Kaget 3 Avsec Dipecat

Pengacara Habib Bahar, Aziz Yanuar, kaget karena 3 petugas avsec Bandara Soekarno-Hatta dipecat usai viral menjemput dan mendampingi Bahar. Menurutnya, sanksi pemecatan itu berlebihan.

"Terhadap mereka yang khidmat terhadap gurunya direspons dengan dahsyat dari alasan berlebihan macam membahayakan keamanan hingga pemberhentian, itu memang avsec-nya tukang parkir pesawat kah hingga sebegitu membahayakan, jika sebentar khidmat sama gurunya?" kata Aziz kepada wartawan, Jumat (31/3).

Aziz mengkritik sikap pengelola Bandara Soetta terhadap tiga pegawai itu. Dia mempertanyakan pelanggaran yang dilakukan ketiga pegawai yang dipecat itu.

Aziz menilai seharusnya ketiga pegawai itu tak dipecat. Menurutnya, tiga pegawai itu cukup diberi peringatan.

Sumber Berita / Artikel Asli : Poskota

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved