Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bengkak Biaya Proyek Rp21 Triliun, Konsesi Kereta Cepat Molor 80 Tahun


 Terkait konsesi dari proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akhirnya diperpanjang dari 50 tahun menjadi 80 tahun. Alasannya, gara-gara bengkak biaya proyek rp21 triliun.

Menurut Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Risal Wasal, Kemenhub sepakat untuk perpanjangan konsesi KCJB dari 50 tahun menjadi 80 tahun. “Kami sepakat akan izinkan. Secara data, memang dimungkinkan perpanjangan menjadi 80 tahun,” tutur Risal, Jakarta, Senin (10/4/2023).

Menurutnya, perpanjangan konsesi itu akan memberikan kepastian adanya keuntungan dari pihak operator. Ia pun mengaku sudah melaporkan hasil perhitungannya kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Risal mengatakan saat ini tinggal menunggu kepastian hukum agar perpanjangan konsesi bisa resmi berjalan. 

Dalam kesempatan berbeda, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan perpanjangan konsesi ini bisa saja dilakukan, berapa pun pertambahan waktunya. “Dari dulu saya sebenarnya mau bikin (konsesi) berapa puluh tahun silakan, kalau dia majority, dia yang kontrol. Tapi kan kita yang jadi (mayoritas),” ucap Menko Luhut, Senin (10/4/2023).

Asalkan, kata dia, Indonesia tetap menjadi pemilik terbesar dari KCJB. Adapun kesepakatan konsesi antara pemerintah dengan KCIC awalnya diatur dalam Perjanjian Konsesi/Kerja Sama Nomor HK.201/1/21/Phb 2016 Amandemen dan Pernyataan Kembali Perjanjian Konsesi/Perjanjian Kerja Sama Nomor PJ 22/2017.

Dalam perjanjian itu disebutkan nilai investasi yang akan dibiayai oleh KCIC sebesar US$ 5,9 miliar dengan masa konsesi 50 tahun sejak tanggal operasi prasarana dan sarana. Kemudian serah terima akan diberikan di akhir masa konsesi. 

Namun, selang lima tahun kemudian, lewat surat per 15 Agustus 2022 kepada Kemenhub, Direktur Utama KCIC meminta agar dilakukan penyesuaian terhadap masa konsesi KCJB. Dalam surat itu disebutkan, perpanjangan konsesi agar bisa memenuhi keperluan pembengkakan biaya proyek KCJB yang mencapai Rp21,4 triliun

Sumber Berita / Artikel Asli : inilah

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved