Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Alasan KPK Cabut Akses Kantor Endar Priantoro: Yang Punya Akses Hanya Pegawai

 


Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Alexander Marwata membenarkan bahwa lembaganya telah menutup akses Brigadir Jenderal Endar Priantoro. Alex mengatakan akses kantor di KPK hanya diberikan kepada pegawai aktif.

“Ketentutan di KPK yang punya akses itu adalah pegawai aktif,” kata Alex di kantornya, Jakarta, Jumat, 7 April 2023. 

Alex mengatakan Endar sudah diberhentikan dari jabatannya. Karena itu, kata dia, aksesnya dicabut. Pencabutan akses, kata dia, dilakukan pada sesuai dengan surat keputusan pemberhentian Endar secara hormat, yaitu per 1 April 2023. “Artinya sejak 5 hari lalu,” kata dia. 

“Jadi kita kembalikan ke peraturan peraturan KPK. Bahwa yang punya akses itu yang bekerja di KPK dan kepegawaiannya tercatat,” kata Alex.

Eks penyidik KPK Yudi Purnomo Harahap menuding Ketua KPK Firli Bahuri cs kembali membuat kegaduhan dengan mengumumkan pencabutan akses masuk ke Gedung KPK bagi Endar Priantoro. Menurut Yudi, pengumuman yang disampaikan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata itu merupakan hal yang provokatif. 

"Endar sampai saat ini masih pegawai KPK baik secara formil maupun materiil sehingga seharusnya bisa keluar masuk KPK," ujar Yudi dalam keterangannya, Sabtu, 8 April 2023.

Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK ini menambahkan, seharusnya Firli cs meniru langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menyerahkan sepenuhnya polemik kasus pemecatan Endar ini kepada Dewan Pengawas. Menurut Yudi, pencabutan akses ini sekaligus menyiratkan bahwa pimpinan KPK tidak menghormati proses pemeriksaan yang tengah dilakukan Dewas terkait pemulangan Brigjen Endar Priantoro ke Polri yang janggal.

"Seharusnya pimpinan KPK menunggu hasil pemeriksaan dewas sebelum mengambil tindakan apapun," kata Yudi.

Yudi menyebut preseden pencabutan akses ini semakin memperkuat dugaan bahwa ada kepentingan pribadi dalam pemecatan Endar dari Direktur Penyidikan KPK. Oleh karena itu, Yudi ragu pimpinan KPK akan menyelesaikan konflik internal ini dan justru bakal sengaja menambah panas agar permasalahan semakin berlarut larut.

Sumber Berita / Artikel Asli : tempo

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved