Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Viral KA Makassar-Parepare Tak Kuat Nanjak, Kemenhub: Lagi Uji Pengereman

  


Kereta Api (KA) Makassar-Parepare baru-baru ini viral lantaran tak kuat menanjak Petak Jalan Mandalle-Tenete, Sulawesi Selatan. Rencananya, KA perintis Makassar-Parepare ini akan diresmikan pada Maret 2023.

Dalam sebuah unggahan akun media sosial milik Fernanda Ardiyanto, KA milik PT INKA (Persero) yang mulai uji coba pada Januari 2023 ini terlihat gagal di tanjakan 15 persen Petak Jalan Mandalle menuju Tenete.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal, mengatakan saat ini kereta tersebut sedang dalam uji coba pengereman oleh INKA.

"Keretanya lagi diuji oleh INKA, uji pengereman dan lainnya," kata Risal Wasal saat dihubungi kumparan, Minggu (12/3).

Risal mengatakan saat ini Kementerian Perhubungan belum melakukan evaluasi terkait insiden tersebut. Sebab, saat ini INKA masih melakukan uji coba secara teknis terhadap KA Makassar-Parepare.

Risal menyebut Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan (BPKASS) sudah hadir di lokasi kejadian untuk melakukan pengecekan.

"Belum serah terima tapi tim BPKASS dan balai penguji kami sudah hadir di lokasi," ujar Risal.

 
 

Menhub Budi Karya Sumadi saat Soft launching operasional KA Makassar-Parepare jalur Pangkep-Maros. Foto: Dok. Kemenhub

zoom-in-whitePerbesar
Menhub Budi Karya Sumadi saat Soft launching operasional KA Makassar-Parepare jalur Pangkep-Maros. Foto: Dok. Kemenhub
 

PT KAI terus menyiapkan pengoperasian sarana KA Makassar-Parepare yang saat ini dalam tahap uji coba terbatas. KAI membentuk kemitraan bersama PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) dengan nama Konsorsium Kereta Api Sulsel yang bertugas menyelenggarakan kereta api perintis lintas Makassar-Parepare.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, memastikan KAI siap mendukung pengoperasian KA Makassar-Parepare yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional.

Jalur kereta api di Sulawesi Selatan saat ini sudah terbangun kurang lebih 110 km, terbentang dari Kabupaten Maros sampai dengan perbatasan Kabupaten Barru. Sementara yang sudah beroperasi adalah angkutan penumpang dengan uji coba terbatas di lintas Garongkong sampai dengan Mangilu.


 

Proyek Kereta Api Makassar-Parepare merupakan bagian dari jaringan kereta api Trans Sulawesi yang akan menghubungkan Makassar sampai dengan Manado.

Saat ini KAI sedang menyiapkan sarana berupa 2 rangkaian kereta penumpang dan sumber daya manusia guna mendukung pengoperasian kereta tersebut seperti masinis, Customer Service on Train, dan Teknisi Kereta Api.

Adapun pembangunan jalurnya sedang dilakukan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT Celebes Railway Indonesia sebagai operator prasarana secara paralel.


Sumber Berita / Artikel Asli : Kumparan

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved