Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Dukungan JoMan ke Prabowo di 2024 Dinilai Bagian Sikap Politik Istana




Jakarta - Relawan Jokowi Mania (JoMan) mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto untuk menjadi capres pada Pemilu 2024. Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menilai arah dukungan JoMan sebagai bagian dari sikap politik Istana Kepresidenan.


"Prinsip relawan Jokowi cuma satu, tegak lurus pakai kacamata kuda. Merah kata Jokowi, merah pula kata relawan. Putih kata Jokowi, putih juga kata relawan," kata Adi kepada wartawan, Rabu (15/2/2023).


"Karena itu, jika JoMan masih merasa bagian relawan Jokowi tentunya sikap JoMan bila dibaca publik bagian sikap politik Istana," lanjutnya.

 

Menurut Adi, JoMan tidak akan bergerak sendiri dalam menentukan dukungan. Adi juga menilai sikap Istana yang dihuni Jokowi saat ini mendua jika dilihat dari JoMan yang sempat mendukung Ganjar namun batal dan beralih mendukung Prabowo.


"Karena tak mungkin JoMan bergerak sendirian tanpa koordinasi apapun. Jika ini yang terjadi, sikap istana saat ini sepertinya mendua antara Ganjar dan Prabowo. Entah bagaimana perkembangan ke depan," kata Adi.


"Dulu, terlihat sekali gestur tubuh istana condong ke Ganjar, cuma mendapat resistensi dari internal PDIP. Ini yang sepertinya membuat istana tak mau head to head dengan PDIP karena belum ada capres definitif. Karena itulah, sepertinya untuk menghindari resistensi itulah istana mulai memasang kaki lain di Prabowo Subianto. Tandanya bisa dibaca dari dukungan JoMan ini," sambungnya.


Adi menyampaikan selama JoMan masih menjadi bagian dari relawan Jokowi, apapun sikap dan arah dukungan kaitannya selalu dengan Jokowi. Terkecuali kata Adi, bila JoMan sudah bukan relawan Jokowi.


"Kecuali JoMan bukan lagi bagian relawan Jokowi, maka sikap JoMan mendukung Prabowo tak ada kaitannya dengan Istana dan tak bisa juga dikaitkan dengan Jokowi. Sejauh ini publik taunya JoMan masih bagian relawan Jokowi. Belum ada pernyataan talak.


Perpindahan JoMan dari yang semula dukung Ganjar berubah mendukung Prabowo rentan menimbulkan friksi antar relawan Jokowo (Jokowi Prabowo). Karena alasan JoMan pindah dukungan sambil menuding Ganjar hanya pencitraan di medsos dan tak punya gagasan. Ini yang membuat relawan Ganjar tak terima. JoMan berpaling dari Ganjar meninggalkan luka politik yang sepertinya sulit dimaafkan oleh relawan-relawan Ganjar lainnya," imbuhnya. 


JoMan Dukung Prabowo Nyapres


Sebelumnya, JoMan menyatakan dukungannya kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024. Ketua Umum JoMan Immanuel Ebenezer atau Noel memastikan JoMan akan mengganti namanya menjadi Prabowo Mania 08.


"Iya sudah pasti (diubah), mengubahnya itu (menjadi) Prabowo Mania 08," ujar Noel kepada detikcom saat ditemui di DPP JoMan, Jakarta Selatan, Rabu (15/2).


Noel mengungkap alasannya mengubah nama JoMan menjadi Prabowo Mania 08. Mereka, lanjut Noel, meyakini Prabowo akan menjadi Presiden Indonesia ke-8 di 2024.


"Kenapa 08? Karena nanti kita yakinin Prabowo adalah presiden ke-8 di 2024 nanti," sambungnya.

 

Noel lalu mengatakan bahwa JoMan akan tetap ada. Terlebih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih memimpin Indonesia hingga 2024 nanti.


"Tetap, Jokowi Mania tetap ada. Karena kan secara etik, Jokowi masih memimpin lah, kita harus hormati beliau," katanya.


Noel menyebut Prabowo Mania 08 sebagai organisasi masyarakat (ormas) pendukung, bukan relawan. Ormas ini disebut bakal dideklarasikan usai pertemuan JoMan dengan Prabowo.


"Kita akan umumin nanti (setelah bertemu Prabowo), nanti kita akan melakukan deklarasi, organ baru kita ya, ormas pendukung, saya tidak mau pakai relawan, tapi ormas pendukung Prabowo Presiden 2024," tuturnya.


Relawan JoMan menyatakan mendukung Prabowo untuk maju sebagai capres di Pemilu 2024. Dukungan ini dinyatakan beberapa saat setelah Relawan JoMan membubarkan Ganjar Pranowo (GP) Mania.

 

Sumber Berita / Artikel Asli : Detik

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved