Viral! Beredar Video Facebook Live Penumpang Detik-detik Sebelum Kecelakaan Pesawat di Nepal, Bikin Warganet Merinding


Sebuah video yang diambil saat Facebook Live seorang penumpang sebelum alami kecelakaan pesawat beredar di media sosial dan membuat heboh warganet dunia maya. Video tersebut berasal dari ponsel milik salah satu korban kecelakaan pesawat Yeti Arilines yang jatuh di Nepal pada Minggu (15/1/2023).


Dibagikan melalui akun Twitter @thestatekhabar, rekaman berdurasi 1 menit 2 detik itu awalnya memperlihatkan seorang pemuda yang menjadi salah satu penumpang di dalam pesawat.


Lelaki itu diketahui tengah melakukan Facebook Live dan menyorot kamera ke luar jendela pesawat, memperlihatkan pemandangan dengan ketinggian yang tidak terlalu jauh.

 

Menurut laporan dari NDTV, pesawat bermesin ganda ATR 72 dari Kathmandu itu membawa 72 orang di dalamnya, di mana 68 orang penumpang dan empat awak.

 

Hanya dalam hitungan detik, tiba-tiba saja rekaman berubah menjadi buram dan bergoyang. Itu juga memperlihatkan ledakan dan beberapa detik terakhir menunjukkan api yang mengerikan di luar jendela dengan tangisan penumpang yang terdengar.


Video kecelakaan pesawat di Nepal tersebut pun diunggah ulang oleh salah satu warganet melalui akun base Twitter @tanyarlfes pada 15 Januari 2023.


"TW // Kecelakaan. Udah ada yang ngeliat ini? Detik-detik kecelakaan pesawat di Nepal, merinding banget!" tulis warganet. 

Video lain yang diambil dari darat pun memperlihatkan detik-detik ketika pesawat itu jatuh. Dibagikan oleh akun Twitter @aerowanderer, tampak pesawat tersebut tiba-tiba miring ke kiri dan terbalik.

 

Dilaporkan terdapat lima penumpang India di dalamnya, semuanya berasal dari Ghazipur di Uttar Pradesh. Salah satunya, Sonu Jaiswal, merupakan orang yang melakukan Facebook Live sesaat sebelum pesawat jatuh. Namun sayang, Jaiswal tak tertolong. Video yang sama ditemukan di akun Facebook miliknya yang belum diverifikasi. 

Abhishek Pratap Shah, mantan anggota parlemen Nepal dan anggota komite pusat Kongres Nepal, yang mengirimkan rekaman video tersebut, mengatakan kepada NDTV bahwa dia menerima rekaman tersebut dari seorang teman dan ditemukan hari ini dari reruntuhan pesawat.


"Itu dikirim oleh salah satu teman saya yang menerimanya dari personel polisi. Ini adalah rekaman nyata. Ini adalah video hari ini saat pesawat akan mendarat," kata Shah kepada NDTV, dikutip kembali pada Senin (16/1/2023).


Untuk saat ini, NDTV belum memverifikasi keaslian video secara independen.


Selanjutnya, pihak berwenang kini tengah melakukan penyelamatan dan pencarian black box pesawat. Diharapkan kotak hitam tersebut dapat menjelaskan alasan kecelaan itu.


Pesawat tersebut jatuh sebelum mendarat di Pokhara, tujuan wisata utama di negara Hilamaya itu. Pokhara sendiri hanya berjarak 25 menit penerbangan dari Kathmandu.


Sektor penerbangan di Nepal telah mengalami beberapa kecelakaan pesawat akhir-akhir ini. Sejak 2013, Uni Eropa memasukkan Nepal ke dalam daftar hitam keselatan penerbangan. Semua penerbangan dari Nepal telah dilarang di wilayah udara Uni Eropa setelah Organisasi Penerbangan Sipil Internasional menandai masalah keamanan.


Di antara 68 penumpang, di antaranya terdapat 15 warga negara asing, termasuk satu orang Australia, satu orang Prancis, satu orang Argentina, empat orang Rusia, lima orang India, dua orang Korea Selatan, dan satu orang dari Irlandia. Kathmandu Post juga melaporkan terdapat dua bayi di dalam penerbangan tersebut.

 

Warganet bagikan video kecelakaan pesawat melalui akun base Twitter. (screenshot)
Warganet bagikan video kecelakaan pesawat melalui akun base Twitter. (screenshot)

Hingga saat ini, cuitan tersebut telah disukai sebanyak lebih dari 24.200 kali oleh sesama pengguna Twitter dan menuai beragam komentar. Tak sedikit warganet lainnya yang curiga tentang keaslian video.


"Sangat memungkinkan dalam waktu lima detik aja pesawat bisa jatuh dari 5.000 ft secara cepat kalau posisi menukik atau stall," tulis akun @nahbetulkan


"Entah itu beneran atau nggak, tapi bisa-bisanya live pas naik pesawat astaga," komentar @Projenelss


"Asli itu baru beberapa jam yang lalu. Ini jenis ATR 72-500 twin turboprop. Dari data seadanya dan pov lain, analisa yang dari gue liat engine number 2 failed dan altitude report yang ada nunjukkin kalau dia drop dari sekitaran 11000 ft - 13000 ft," tambah @svincent2025


"Ngeri banget, rest in peace. Buat yang nanya kok bisa live, ini kalau dari sepengamatanku dari video yang beredar dia lagi live dan nggak tau bakal ada musibah. Terlihat dari awal dia senyum-senyum, lalu beberapa menit kemudian baru terjadi kecelakaannya," timpal @silkyfairys


"May them rest in peace. Angka kecelakaan pesawat itu kecil banget, tapi sekalinya ada bikin ketar-ketir. Apalagi pas turbulence huhu," cuit @aestechtarik



Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad