Sebut Haji Hamburkan Uang, Zein Kribo Syiah Lebih Suka ke Karbala Irak daripada ke Makkah

 




Pegiat media sosial Zein Kribo (Zein Assegaf) bermazhab Syiah dan lebih suka ke Karbala Irak daripada ke Makkah sehingga ia menuding berhaji hanya menghamburkan uang.


“Ocehan Zein Assegaf alias Habib Kribo tentang pergi haji cuma buang duit menggambarkan dua hal yaitu pertama khas Syiah yang anti-Makkah, kedua berfikir berbelit-belit, kusut, dan berkutu busuk,” kata Pemerhati Politik dan Kebangsaan M Rizal Fadhillah kepada redaksi SuaraNasional, Kamis (12/1/2022).


“Semestinya pelecehan pada ibadah haji yang dilakukan Zein Kribo itu dapat diproses hukum sebagai perbuatan kriminal. Delik penistaan agama,” jelasnya.


Keterlaluan ucapan Zein Kribo “Tuhan gak parkir di Masjid, Tuhan gak parkir Ka’bah” sebagai kelanjutan ucapan “ngapain pergi jauh-jauh buang duit ke Arab sana berebut hajar aswad membuang duit besar, mau cari Tuhan, Tuhan gak disitu, Tuhan ada di tempat orang-orang susah”.


Kata Rizal, Zein Kribo seorang jahil alias bodoh tidak mampu memahami bahwa orang berangkat ke Makkah itu untuk memenuhi panggilan Allah, menjalankan syari’at-Nya. Duit bukan dibuang tetapi bagian dari pengorbanan dalam ibadah.


“Bukan juga cari Tuhan di hajar aswad. Ka’bah itu Baitullah, rumah Allah yang suci dan dimuliakan umat Islam. Dimanapun hamba dapat mendekat kehadirat Ilahi Robbi, termasuk di Baitullah. Kalau semprul gak mau ke Ka’bah silahkan saja, gak usah mengutuk orang yang mau,” paparnya.


VIRAL Video Zein Kribo Sebut Haji ke Arab Hanya Buang-Buang Duit


Sebut Haji Hamburkan Uang, Zein Kribo Syiah Lebih Suka ke Karbala Irak daripada ke Makkah


Zein Assegaf alias Habib Kribo mengkritik umat Islam yang menunaikan ibadah Haji ke Makkah, Arab Saudi. 


Secara khusus, ia menyoroti ada kaum Muslim Indonesia yang sampai melaksanakan Haji lebih dari satu kali.


Padahal, Rasulullah semasa hidupnya hanya sekali menunaikan rukun Islam kelima tersebut.


"Ini ada orang Haji sampai satu, dua, tiga kali. Ini sudah melampaui batas. Akhirnya apa? Melupakan sisi kemanusiaannya," ujar Habib Kribo di akun channel Youtube pribadinya dikutip di Jakarta, Senin (9/1/2023).


Kritikan yang diutarakan Habib Kribo itu bermula dari keputusan Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil yang membangun Masjid Al Jabbar di Kota Bandung senilai Rp 1 triliun.


Ketika sudah diresmikan, masjid yang juga diarsiteki Kang Emil tersebut mendadak banjir kritikan dari masyarakat, terutama warganet.


Tidak ketinggalan Habib Kribo menyindir Kang Emil yang dinilai terlalu bermegah-megahan dalam membangun tempat ibadah.


Namun, di sisi lain, umat Islam masih hidup dalam kemiskinan.


Kritikan yang terlontar pun merembet ke masalah ibadah Haji.


"Ini apa, tak perlu pamer-pamer benda mati. Kata Nabi apa, kalau mau cari aku, cari di tempat orang-orang yang butuh pertolongan kamu. Tuhan gak parkir di masjid, Tuhan gak parkir Ka'bah," kata Habib Kribo.


Dia melanjutkan, "Ngapain pergi jauh-jauh buang duit ke Arab sana berebut hajar Aswat membuang duit besar, mau cari Tuhan. Tuhan gak di situ, Tuhan ada di tempat orang-orang susah."


Potongan video itu viral dan tersebar di lini masa Twitter. Akun caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Umar Hasibuan ikut mengkritik ucapan Habib Kribo.


"Manusia benar-benar menghina Islam. Beginilah kalau hukum kebal terhadap dia," ujarnya melalui akun @UmarHasibuan24.

 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad