Refly Harun Akan Dukung Waketum Partai Gelora Capres 2024: Asalkan Fahri Hamzah Minta ke Presiden Jokowi


 Ahli hukum tata negara Refly Harun mengaku akan mendukung Fahri Hamzah untuk bisa maju di Pilpres 2024 asalkan Waketum Partai Gelora ini mau meminta Perppu atau Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). 


Perppu yang dimaksud untuk membatalkan syarat PT 20 Persen agar Fahri Hamzah bisa maju di Pilpres 2024 dengan mudah. 


"Caranya jangan lagi maju ke Mahkamah Konstitusi, tapi langsung minta ke Presiden Jokowi agar Perppu itu keluar. Tapi janga juga sampai mengeluarkan Perppu untuk pemilu kembali ke proposional tertutup," ucap Refly dikutip dari YouTube pribadinya, Sabtu (14/1/2022).


Refly menyebutkan bahwa PT 20 persem merupakan open legal policy yang terserah pembentuk Undang-Undang.


"Kalau melalui jalur legislasi biasa mungkin perbedatannya akan bertele-tele, sementara kita butuh kepastian buat pemilu da tentu persiapan. Tidak bisa kemudian tidak ada persiapan sama sekali antara calon presiden dan wakil presiden itu," ucapnya.


Lanjut Relfy kalau seandainya pendaftaran itu September seperti yang dikatakan Fahri Hamzah, maka sisa 8 bulan lagi dan itu bukan waktu yang lama.


"Tentunya melakukan kampanye calon kepada pemili pastinya, oleh karena itu sekarang Presiden Jokowi mengeluarkan Perppu untuk menghapus ketentuan tentan PT 20 persen dan itu baru Perppu yang dinanti-nanti."


"Bukan Perppu Cita Kerja seperti yang dikeluarkan akhir tahun lalu," imbuh Refly.


Dengan meminta hal itu, Refly menyebut Fahri Hamzak tak akan membohongi konstituennya.


"Bahwa dia memang maju sebagai capres atau calon wapres karena memang berjuang untuk menghilangkan Presidential Threshold," pungkasnya.


Sebelumnya Refly Harun menyebut pernyataan Waketum Partai Gelora Fahri Hamzah untuk bisa maju di Pilpres 2024 adalah perkara serius meskipun sempat ngakak dengan pernyataan itu.


"Ini perkara serius setelah Partai Gelora dinyaakan sebagai peserta pemilu dan kalau benar ingin memperjuangkan Fahri Hamzah dan Anies Mata sebagai capres dan cawapres, maka wajib memperjuangkan Presidential Threshold (PT) 20 persen," ucapnya dikutip dari channel YouTube Refly Harun Official, Sabtu (14/1/2023).


Sumber Berita / Artikel Asli : NW Wartaekonomi

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad