Publik Salah Tafsir, Pernyataan Mega Soal ‘Partai Usung Kader Luar’ Bukan Buat NasDem, tapi PSI


Ketua Bappilu DPP PDI Perjuangan (PDIP), Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul membantah jika Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menyindir partai politik (parpol) lain selain Partai Solidaritas Indonesia (PSI).


“Ibu (Megawati) tidak mengkritik partai lain, loh. Bukan, loh. Itu persepsi para partai lain. Kalimat ibu yang tetap ada pada partai pendompleng kan begitu, partai penumpang misalnya kaya gitu," ujar Bambang Pacul di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/1/2023).


Dalam pidatonya di HUT ke-50 PDIP, Megawati menyampaikan bahwa ada parpol yang sudah mengusung orang luar partai. Megawati menyebut, kalau partai itu seperti tidak memiliki kader. Sindiran tersebut dinilai publik mengarah ke Partai NasDem. Karena, NasDem telah medeklasrasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden yang notabenenya bukan kader partai.


Pacul menjelaskan bahwa yang dimaksud oleh Megawati agar parpol lain meminta izin terlebih dahulu sebelum medeklarasikan dari kader PDIP.


“Yang disoal PDIP adalah kalau urusan dengan PSI waktu itu, kalau mau mendeklarsikan ya mbok minta izin. Kan gitu, loh. Selebihnya tidak ada," ucapnya.


Di akhir 2022 PSI mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024. Namun pernyataan Megawati kemarin tampaknya membuat Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie menjadi ciut. Grace merasa pidato tersebut ditujukan kepada PSI.


“Kami paham bahwa apa yang disampaikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dalam pidato di acara HUT ke-50 PDIP ditujukan ke PSI. Untuk itu, dalam kesempatan ini, dengan segala kerendahan hati, PSI meminta maaf kepada Ibu Mega," ujar Grace dalam sebuah video pendek yang beredar, Rabu (11/1/2023).


Sebagai partai baru, PSI dinilai belum bisa menelurkan kader-kader sebagai calon presiden. Tetapi, pencalonan Ganjar merupakan murni aspirasi masyarakat.


“Kami hanya menyampaikan aspirasi rakyat, aspirasi para pendukung PSI yang menginginkan Mas Ganjar Pranowo, sebagai calon presiden berikutnya, yang muncul dari hasil Rembuk Rakyat PSI," ujar Grace.


Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad