[BREAKING NEWS] Maut di PT GNI: Dulu Renggut Seleb TikTok, Kini Bentrok TKA-TKI


Jakarta - PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah menjadi lokasi peristiwa yang merenggut korban jiwa. Bila akhir tahun kemarin ada peristiwa tewasnya seleb TikTok di area industri ini, kini publik kembali dikejutkan dengan bentrok maut antara pekerja berkewarganegaraan Indonesia dengan pekerja asing.


Pada 22 Desember 2022 pukul 04.15 Wita, terjadi kebakaran di area smelter PT GNI, Kecamatan Petasia Timur, Morowali Utara. Kebakaran diawali ledakan di Smelter 2 Tungku Nomor 17.


Dalam peristiwa itu, seleb TikTok bernama Nirwana Selle (20) dan pekerja lain bernama I Made Defri Hari Jonathan, tewas. Keduanya adalah karyawan perusahaan ini. Kapolres Morowali Utara AKBP Ade Nuramdani mengatakan keduanya terjebak saat kebakaran.


Nirwana Selle sempat siaran langsung (live) TikTok saat terjebak kebakaran sehingga momen itu viral di media sosial. Posisi nirwana saat itu berada dalam crane PT GNI.


Nirwana Selle Foto: Instagram Nirwana Selle


Perkembangan selanjutnya, Komisi VII DPR RI berencana membentuk panitia kerja (panja) untuk mengusut kebakaran smelter nikel PT GNI itu. "Dan semangat dari Komisi VII agar tidak ada korban nyawa akibat permasalahan teknis," kat Wakil Ketua Komisi VII DPR, Bambang Haryadi, dalam keterangannya, Kamis (5/1/2023).


Belum usai isu keselamatan kerja yang mengiringi kematian dua karyawan PT GNI, sudah muncul lagi kabar yang menghebohkan publik nasional. Terjadi kerusuhan yang memakan dua korban jiwa.


HRD Assisten Manager PT GNI, Yanita Rajagukguk, dilansir detikSulsel (16/1/2023) menjelaskan ada demonstrasi para pekerja yang menuntut pihak perusahaan terkait keselamatan kerja dan kesejahteraan, imbas tragedi yang menewaskan seleb TikTok Nirwana Selle dan I Made Defri Hari Jonathan.


Bentrok antara WNA dan WNI karyawan PT GNI Morowali Utara pecah. Foto: Bentrok antara WNA dan WNI karyawan PT GNI Morowali Utara pecah. (dok. istimewa)


Aksi kemudian berubah menjadi rusuh. Bentrokan terjadi antara karyawan WNA dan WNI di PT GNI, Sabtu (15/1/2023). Akibatnya, dua orang pekerja yang masing-masing 1 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan 1 Tenaga Kerja Asing (TKA) tewas. Sembilan orang lainnya luka-luka.


"Jadi diawali demonstrasi sebenarnya oleh beberapa oknum yang akhirnya berdampak pada kejadian anarkis hari Sabtu (15/1), dari pagi hingga pada malam harinya," kata Yanita. 


Sumber Berita / Artikel Asli : detik

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad