Luhut Bilang RI Negara Paling Rendah Berutang, Eh Diceletukin: Kalau Lord Ngomong Iyain Aja

 


Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Muhammad Umar Syadat atau yang akrab dipanggil Gus Umar mengomentari pernyataan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebut Indonesia negara yang paling rendah berutang.


Hal itu disampaikan Gus Umar dalam akun Twitter pribadinya, pada Kamis 12 Januari 2023. 


"Kalau lord ngomong iyain saja," ujar Gus Umar dikutip Newsworthy.

 

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kembali menolak bila utang pemerintah disebut berada di level yang sangat tinggi. Menurutnya, Indonesia justru negara yang paling rendah berutang.


"Orang banyak bilang utang kita tinggi. Kita itu salah satu negara paling rendah berutang," ungkap Luhut dalam sambutannya dalam gelaran Ibadah Syukur Awal Tahun di Kantor Pusat Huria Kristen Batak Protestan, dikutip Rabu (11/1/2023).


Luhut juga menyatakan utang yang selama ini ada juga digunakan untuk keperluan yang produktif. "Semua utang kita itu adalah utang yang produktif," ujarnya.


Di sisi lain, sebelumnya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat posisi utang pemerintah paling baru per 30 November 2022 tercatat sebesar Rp 7.554,25 triliun. Jumlah itu naik Rp 57,55 triliun jika dibandingkan posisi utang bulan sebelumnya yang sebesar Rp 7.496,7 triliun.


Rasio utang pemerintah terhadap produk domestik bruto (PDB) naik menjadi 38,65% per November 2022. Kemenkeu mengklaim rasio utang masih aman karena masih jauh dari batas maksimal yang ditentukan dalam undang-undang yang mencapai 60i PDB.


Sumber Berita / Artikel Asli : NW Wartaekonomi

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad