Gema Cita Dorong Pemprov DKI Sediakan Perumahan Layak dan Terjangkau Bagi Warga Jakarta


DKI Jakarta sebagai kota paling padat di Indonesia dihadapi dengan adanya tantangan pemenuhan kebutuhan hunian. Keterbatasan lahan dan kepadatan penduduk jelas menjadi PR tersendiri bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.


Ketua Umum Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gema Cita), Hilman Firmansyah Mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk menyediakan perumahan Layak dan terjangkau bagi warga Jakarta. 


Untuk mengatasi hal itu bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan daya beli diberikan akses kemudahan dalam kepemilikan rumah layak dan terjangkau oleh Pemprov DKI Jakarta dengan mengoptimalkan penyediaan rumah susun sederhana milik (Rusunami) atau rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) setiap tahunnya. 


Menurut data Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta ada 41 lokasi rusun, 149 blok, 82 tower, dengan kapasitas 32.378.


Kemudian untuk masyarakat yang sesungguhnya punya kemampuan cicilan, tapi tidak punya kemampuan uang muka, Pemprov DKI menyediakan fasilitas pembiayaan perolehan rumah yang dikenal dengan DP nol persen. 


Pemprov DKI Jakarta diminta untuk menggandeng seluruh stakeholder baik dari BUMD, BUMN, maupun swasta untuk ikut dalam program ini serta menyediakan pembiayaan terkait dana bergulir.


Hilman menegaskan agar pemprov DKI untuk secara optimal melakukan pembenahan penataan permukiman dan hunian agar lebih layak huni. Salah satunya upaya perbaikan sarana prasarana dan utilitas RW Kumuh.


Menurut data ada 445 RW dan ini secara berangsur pada akhir 2022 sudah dilakukan penataan di 220 RW dan ini menjadi tanggung jawab bersama elemen masyarakat untuk mewujudkan penataan permukiman yang lebih baik. 


Warga mengapresiasi penataan dan peremajaan dalam membangun hunian baru pada lokasi awalnya mengalami kondisi kekumuhan atau tidak terpenuhinya sarana prasarana yang baik. Hal ini sudah dilakukan Pemprov DKI Jakarta di kampung Akuarium dan di kampung Kunir yang kini tertata baik.


Hilman berharap pemprov DKI Jakarta kedepan terus meningkatkan jumlah maupun kualitas pembangunan perumahan Layak dan terjangkau bagi warga Jakarta serta menyediakan hunian rusun lengkap dengan prasarana di lokasi yang merupakan lokasi pindahan atau relokasi seperti yang telah dibangun untuk warga eks Bukit Duri yang terdampak normalisasi dan revitalisasi kali ciliwung yang telah disediakan hunian di wilayah Cakung. 


Jakarta, 14 Januari 2023

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad