Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Awas, Penipuan 'Undangan Pernikahan' di WA Bisa Kuras Rekening!


Jakarta - Viral modus penipuan di WhatsApp yang menggiring korban mendownload 'undangan pernikahan'. Mirip penipuan foto paket yang ternyata APK, kini ada lagi penipuan yang persis sama. Jangan lupa ingatkan kepada orang terdekat kamu agar terhindar dari penipuan yang bisa kuras rekening kamu.


Dalam screenshot yang tersebar di internet, ada orang yang tidak dikenal mengirimkan pesan di WhatsApp. Orang tersebut terkesan memaksa penerima pesan agar mendownload 'undangan pernikahan' tersebut. Padahal, jika diperhatikan, file itu berupa APK.


"Kami harap kehadirannya," kata si penipu.


"Ini siapa......" balas si penerima pesan.


"Silahkan dibuka agar lebih jelas dan kenal kk," jawab penipu. 


Modus penipuan baru di WhatsApp ini mirip dengan penipuan 'foto paket' yang ternyata ekstensinya APK. Penipuan ini menggunakan metode 'social engineering' yang dibuat pelaku mengatasnamakan ekspedisi. Jadi, penipuan ini tidak hanya berhenti ketika korban mendownload aplikasi itu.


Beberapa waktu lalu, pengamat keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya menjelaskan kemungkinan besar, korban tidak menyadari bahwa dia sudah menginstal aplikasi jahat dan memberikan persetujuan akses data. Dalam hal ini akses SMS dan diteruskan ke Telegram.


"Sebenarnya aksi SMS to Telegram ini belum cukup untuk mengambil alih akun dan peretasnya perlu mengetahui UN, Password dan PIN transaksi. Itu diketahui dengan mengelabui korbannya ke situs phishing seakan-akan ada perubahan tarif transfer yang kemarin ramai tarif transfer BRI dan BCA naik jadi 105rb per bulan. Dari situ dapat UN, Password dan PIN transaksi," jabarnya.


Waduh, mengerikan banget ya, penipuan zaman sekarang. Yuk teman-teman, sebarkan agar orangtua dan kerabat kalian tidak terjerat tipuan ini. 


Sumber Berita / Artikel Asli : detik

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved