Sindir China, Tsai Ing-wen: Taiwan Akan Tetap Menjadi Milik Rakyat Taiwan

 


Presiden Tsai Ing-wen bersumpah untuk terus memastikan Taiwan sebagai milik rakyat Taiwan selama hidupnya. Komitmennya ini muncul menjelang pemilu daerah di Taiwan pada 26 November, sebulan setelah Kongres Partai Komunis China.

Berbicara dalam kampanye di Taipei pada Sabtu (12/11), Tsai mengatakan kepada ribuan pendukungnya bahwa lebih banyak yang dipertaruhkan. Ini adalah kali pertama Tsai secara eksplisit menunjuk China dalam kampanyenya.

"Saya ingin memberi tahu semua orang bahwa keberadaan desakan rakyat Taiwan dan Taiwan pada kebebasan dan demokrasi bukanlah provokasi kepada siapa pun," ujarnya, seperti dimuat Reuters.

"Sebagai presiden, panggilan saya adalah melakukan segala upaya agar Taiwan tetap menjadi Taiwan bagi rakyat Taiwan," tegas dia.

Tsai menegaskan ia tidak akan menyerah pada China, termasuk dengan usulan "satu negara, dua sistem'. Alih-alih, ia menyebut saat ini semakin banyak negara yang mengakui demokrasi dan keamanan Taiwan sebagai kunci perdamaian.

Sementara Tsai dan partainya, Partai Progresif Demokratik (DPP) memenangkan pemilihan presiden dan parlemen tahun 2020, partai oposisi utama Kuomintang (KMT) meraih kemenangan besar dalam pemilihan lokal terakhir tahun 2018.


Sumber Berita / Artikel Asli : rmol

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad