Rudal Korut Lintasi Wilayah Jepang, Tokyo Imbau Warga Berlindung di Bunker

 




Korea Utara kembali meluncurkan tiga rudal pada Kamis (3/11/2022) pagi yang salah satu di antaranya melintasi wilayah udara Jepang. Peluncuran ini dilakukan sehari usai Pyongyang menembakkan lebih dari 20 rudal.


Mengutip CNN, peluncuran rudal di Kamis pagi ini membuat pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan serangan udara serta imbauan bagi warga di sejumlah prefektur di wilayah utara seperti Miyagi, Yamagata, dan Niigata untuk berlindung ke bunker-bunker dan ruang bawah tanah.


“Rudal diluncurkan… Rudal diluncurkan… Sebuah rudal diyakini telah diluncurkan dari Korea Utara. Silakan mengungsi ke gedung atau bawah tanah,” bunyi peringatan yang dikeluarkan kantor Perdana Menteri Jepang via Twitter.


Beberapa menit kemudian, kantor PM Jepang mengeluarkan peringatan serupa. “Ancaman rudal telah berlalu. Rudal itu diyakini telah melewati Samudra Pasifik sekitar pukul 07.48. Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan, tolong jangan mendekatinya dan segera hubungi polisi atau pemadam kebakaran.”

 

Awalnya, Kantor PM Jepang mengatakan rudal Korut telah melintas di atas kepulauan mereka. Namun, setelah dianalisis, Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan rudal-rudal Korut itu tidak melewati wilayahnya.


Sesaat kemudian, Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada juga buka suara soal peluncuran rudal Pyongyang.


“Rudal itu tidak melintasi kepulauan Jepang, tetapi menghilang di atas Laut Jepang,” kata dia seperti dilansir AFP.


Selain Jepang, militer Korea Selatan juga mendeteksi peluncuran rudal Korut. “Satu rudal balistik jarak jauh yang diyakini diluncurkan ke Laut Timur sekitar pukul 07.40 pagi waktu setempat dari area Sunan, Pyongyang,” demikian pernyataan resmi militer Korsel.

 

Tak lama setelah itu, mereka mendeteksi dua rudal balistik jarak pendek juga diluncurkan dari Korut sekitar pukul 08.39 waktu setempat. Peluru kendali ini diyakini meluncur dari arah Kaechon, Provinsi Pyongan Selatan.


Peluncuran rudal terbaru Pyongyang ini terjadi sehari setelah Korut menembakkan lebih dari 20 misil pada Rabu (2/11/2022) kemarin. Dari jumlah ini, salah satunya jatuh di dekat perairan teritorial Korsel.


Menanggapi agresivitas Korut, Korsel meminta pasukan militer mereka bersiap menghadapi provokasi tambahan. Seoul juga bersumpah akan membalas tindakan Pyongyang.


Uji coba rudal balistik Korut berlangsung saat Korsel dan AS menggelar latihan militer bersama. Aktivitas ini kerap membuat Pyongyang geram karena dianggap sebagai upaya untuk menyerang Korut.

 

Korut semakin sering melakukan uji coba rudal sepanjang tahun ini. Mereka menilai peluncuran peluru kendali itu sebagai tanggapan tindakan permusuhan AS dan sekutunya.


 Sumber Berita / Artikel Asli : inilah

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad