Rizal Ramli Sebut Ganjar Pranowo Boneka Baru Oligarki, Refly Harun: Apakah Iya Presiden Itu Harus dari Hasil Pencitraan?


 Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menyoroti pernyataan dari aktivis pro demokrasi, Adamsyah Wahab atau Don Adam, menanggapi unggahan atau cuitan Twitter ekonom senior Rizal Ramli.


Rizal Ramli menganggap bahwa Ganjar adalah boneka baru oligarki hanya bisa jingkrak-jingkrakan saja sementara warga Jawa Tengah semakin miskin. 


Hal itu ditanggapi Refly Harun melalui tayangan di channel YouTube pribadi miliknya. Dalam tayangan itu, Refly Harun mengatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa Ganjar Pranowo merupakan sosok yang merakyat.


Refly Harun pun mempertanyakan soal Ganjar Pranowo yang apakah bisa jadi presiden 2024 jika hanya bermodal pencitraan.


"Jadi hal yang paling tidak bisa dipungkiri adalah Ganjar ini adalah orang yang sangat merakyat lah, dia bisa ya joget-joget TikTok-an seperti Ridwan Kamil juga. Tapi apakah iya Presiden itu atau calon presiden itu harus hasil pencitraan seperti itu," ungkap Refly Harun melalui tayangan di channel YouTube pribadi miliknya, Kamis (24/11).


Lanjut, Refly Harun menegaskan bahwa pencitraan Ganjar Pranowo yang justru jadi permasalahan.


"Itu masalahnya. Karena kalau kita bicara pencitraan seperti itu, maka kemudian kita tidak mendapatkan substansi," ujar Refly Harun.


Sementara itu, Refly Harun menceritakan soal kedekatannya dengan sosok Ganjar Pranowo.


"Ganjar baik ya sebagai pemimpin. Saya kenal baik dengan beliau. Leadershipnya kelihatan ketika menjadi aktivis gunung Mayestik 55 di fakultas hukum UGM. Dia terlihat menonjol waktu awal-awal saya masuk di angkatan 2 tahun di atas saya," tutur Refly Harun.


"Rambutnya panjang sebah, tinggi. Walaupun kurus tetapi kelihatan sangar. Tapi wajahnya lembut, jadi shape wajahnya tuh lembut nggak nggak keras sesungguhnya ya mungkin karena berasal dari Jawa Tengah. Kalau berasal dari seberang mungkin shapenya agak keras mungkin," tandasnya.


Terkait dengan pernyataan dari aktivis Don Adam terkait potongan video yang dibagikan oleh warganet yang menampakkan Ganjar Pranowo tengah senam bersama dengan ibu-ibu, ia mengatakan seandainya masih ada yang mendukung calon presiden seperti itu, itu berarti memang bebal bangsa ini.


"Kalau masih ada yg dukung model capres kayak gini. Memang bebal lah bangsa ini," ujar Don Adam melalui akun Twitter pribadi miliknya.


Sumber Berita / Artikel Asli : NW WE

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad