Jika Usung Ganjar, KIB Bisa Seperti Kapal Induk yang Besar Tapi Sepi Penumpang

 


Penolakan dari akar rumput partai akan semakin menguat jika Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tetap mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Para kader Golkar, PPP, dan PAN akan ramai menolak dan justru mengarahkan dukungan kepada Anies Baswedan atau capres lain.


Begitu analisa pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga ketika berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (25/11)


"KIB nantinya bisa saja seperti kapal induk. Terlihat besar, tapi penumpangnya sudah banyak yang angkat kaki,” ucap Jamiluddin.


Akibatnya, kata Jamiluddin, KIB hanya tampak besar dan megah untuk mengusung capres. Hanya saja capres yang diusungnya berpeluang besar tidak dipilih kadernya.


"Sebelum hal itu terjadi, selayaknya KIB mengurungkan niatnya mengusung Ganjar. Sebab penolakan terhadap Ganjar di internal KIB, khususnya di grassrootnya begitu besar,” ujarnya.


Untuk itu, Jamiluddin menyarankan agar KIB mengusung calon dari internal partai. Sebab dengan begitu akar rumput bisa bersatu dan KIB tetap solid menghadapi Pilpres 2024.


"Lebih baik KIB mengusung kader dari tiga partai koalisinya. Hal itu dimaksudkan untuk menjaga keutuhan KIB,” demikian Jamiluddin.


Sumber Berita / Artikel Asli : rmol

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad