Jawabannya Ngeduluin Pertanyaan Hakim, Pakar Hukum Bongkar Awal Mula Hakim Curiga sama Susi


Pakar hukum pidana, Jamin Ginting menjelaskan awal mula kecurigaan hakim terhadap kesaksian Susi asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo dalam sidang terdakwa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E. 

 

Menurutnya, hakim pertama-tama akan memberikan pertanyaan yang membuat saksi merasa nyaman dalam memberikan keterangan. 


"Tetapi waktu ditanyakan sama hakim pada kejadian pada saat itu, dia menjawab sesuatu yang belum sempat ditanyakan tapi dia menjawab," ungkap Ginting dalam acara Kontroversi Metro TV, Sabtu (5/11). 

 

Ia menilai hal tersebut yang memicu kecurigaan hakim terhadap Susi. Tidak hanya itu, kata dia, ketika hakim menanyakan sesuatu yang harus Susi jawab justru terdiam. 

 

"Nah, ini kan hakim jadi, harusnya kalau orang yang melihat sendiri, mengalami sendiri, itu dia langsung spontan," ujarnya. 


Namun, lanjut Ginting, ketika Susi ditanyai soal kronologi saksi bisa menjawab secara cepat. Kemudian, Ginting menyinggung soal adanya perbedaan antara keterangan Susi di berita acara pemeriksaan (BAP) dan di persidangan. 


"Memang di Pasal 185 mengatakan, keterangan yang diminta itu adalah keterangan yang benar adalah di depan persidangan. Tetapi, tidak seratus persen mempercayai," tutur Ginting. 


Apabila terjadi perubahan keterangan, sambungnya, hakim perlu mengetahui apa dasar perubahan keterangan itu. Jika saksi tidak memiliki dasar untuk mengubah keterangannya, hakim perlu menggali perubahan keterangan tersebut. 


Sumber Berita / Artikel Asli : Populis

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad