Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[BREAKING NEWS] Bentrok Antar Kelompok, Puluhan Rumah Hancur dan Terbakar


 Terjadi bentrokan kedua kelompok masyarakat yang menyebabkan kerusakan parah pada sejumlah rumah warga dan tempat ibadah. Kabarnya peristiwa ini terjadi di Kota Tual, Provinsi Maluku

Pada Sabtu (12/11/2022) malam, redaksi Inilah.com menerima enam video yang menggambar panasnya situasi di Kota Tual. Di video pertama, menggambarkan puluhan rumah dalam kondisi hancur berantakan, belasan di antaranya dalam kondisi terbakar.

Kemudian, pada video kedua, menggambarkan situasi sebuah kelompok yang sedang berlarian lengkap bersama senjata dan tameng. Diduga, kelompok tersebut tengah melancarkan serangan kepada kelompok lawan. “Allahu Akbar,” pekik teriakan pemuda yang merekam video tersebut.

Whatsapp Image 2022 11 12 At 20.05.21 - inilah.com
Puluhan rumah hancur dan terbakar di Kota Tual (Foto: Istimewa)

Sedangkan pada video ketiga, menunjukkan bagaimana kondisi saat personel keamanan sudah turun ke lokasi melakukan pengamanan. Di antara kerumunan personel keamanan tersebut, terlihat beberapa warga masih lalu lalang membawa busur panah.

Berbeda dengan video sebelumnya, di video keempat, memperlihatkan sebuah kelompok warga tengah berusaha menghancurkan sebuah bangunan rumah. Belum jelas bangunan tersebut adalah rumah warga atau tempat ibadah. “Bakar saja bakar, kita serang,” bunyi suara seorang pemuda yang merekam video tersebut.

Sedangkan di video kelima, terlihat personel keamanan gabungan TNI-Polri yang tiba ke lokasi. Pasukan pengamanan itu langsung menghampiri salah satu kelompok untuk menenangkan suasana. Terpampang jelas pemandangan, puluhan orang berbaris rapih lengkap dengan busur dan anak panah tergantung di balik punggung.

Whatsapp Image 2022 11 12 At 20.05.40 - inilah.com
Situasi pasca bentrokan di Tual (Foto: Istimewa)

Di video terakhir, adalah dokumentasi saat salah satu kelompok yang sedang melakukan aksi sweeping ke salah satu rumah penduduk. Kondisi rumah tersebut sudah berantakan, terlihat ada kobaran api membakar sebuah kasur kapuk di salah satu ruangan yang ada di rumah tersebut.

Informasi yang Inilah.com dapat menyebut, aksi ini bermula pada pagi hari. Lalu berlanjut dengan adanya aksi serangan balasan pada sore hari. Kabarnya, sudah ada 3 orang korban dari insiden ini, namun belum jelas statusnya apakah itu korban luka atau korban jiwa.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri, Kombes Nurul Azizah mengaku belum bisa memberikan komentar apapun. “Bisa langsung ke Kadiv Humas. Kami belum terkonfirmasi,” ujarnya kepada Inilah.com, Sabtu malam (12/11/2022).

bentrokan warga tual - inilah.com
Personel keamanan melerai bentrokan warga (Foto: Istimewa)

Nurul pun menyarankan, untuk meminta konfirmasi langsung kepada Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo. Namun hingga berita ini diturunkan, Irjen Dedi belum memberikan respon.

Sebelumnya, pada Juli 2022, bentrok antar-pemuda juga sempat pecah di Tual. Lokasi tepatnya di perempatan Wearhir Jalan dr J Leimena, tepatnya di Kelurahan Ketsoblak, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual, Maluku, Sabtu (16/7/2022).

Bentrok yang melibatkan pemuda kompleks SKB Un dan pemuda kompleks Wearhir ini pecah sekira pukul 00.25 WIT. Dalam bentrokan itu, kedua kelompok pemuda terlibat saling serang menggunakan batu, busur panah dan sejumlah alat tajam lainnya.

Akibat bentrokan itu, dua warga terluka akibat terkena panah dan lemparan batu. Kedua korban luka yakni Ihak Refra (19), terkena panah pada leher belakang, dan Kristial Yalnohubun (36), terluka akibat terkena lemparan batu pada mata kiri dan rusuk kanan. Adapun kedua warga yang terluka dalam bentrokan saat langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.


Sumber Berita / Artikel Asli : inilah

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved