Ade Armando Dikecam Provokasi Umat Kristen Tidak Pilih Anies, Netizen: Pantas Dikeroyok Orang!


Beredar video Ade Armando yang menyatakan bahwa umat Kristen harus bersatu kalau ingin Ganjar Pranowo mengalahkan Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang. Dosen UI itu pun mendapat banyak kecaman karena dianggap melakukan provokasi dan politik identitas.

Dalam video Cokro TV yang beredar luas di jagad maya, Ade Armando menyinggung upaya Anies mendekati pemilih Kristen. Ia salah satunya menyinggung peresmian pembangunan salah satu gereja di jakarta yang pernah dilakukan Anies. Menurutnya, itu semua cara kubu Anies berusaha mendekati umat Kristen.

“Mereka berharap suara pendeta di Jakarta menggema di seluruh Indonesia. Kubu Anies tahu jagoannya itu hanya bisa menang kalau bisa memecah pemilih Kristen. Sekarang, semua bergantung pemilih Kristen. Kekompakan pemilih Kristen pada akhirnya akan menentukan apakah Indonesia akan dipimpin Anies atau Ganjar,” kata Ade dalam video itu.

Pada video lainnya yang ramai dibagikan netizen, Ade Armando mengatakan bahwa hasil survei dari lembaga yang memiliki kredibilitas menyebut Ganjar masih di atas Anies. Selain itu, juga masih ada Prabowo Subianto.

Namun, ia memprediksi kalau terjadi putaran kedua, sebagian besar pemilih Prabowo akan beralih ke Anies. “Di sinilah faktor agama menentukan,” katanya.

Dijelaskan Ade Armando, survei menunjukkan bahwa lebih banyak pemilih Muslim akan memilih Anies dari pada Ganjar. Sebaliknya, lebih banyak pemilih Kristen memilih Ganjar.

Ia menyebut suara pemilih Kristen di Indonesia sekitar 10 persen. Jika mayoritas tetap memilih Ganjar, maka kata Ade Armando Anies akan kalah.


“Tarohlah perbandingannya 9-1 atau 8-2, Ganjar tetap akan menang, Tapi kalau pembelahannya adalah 5-5 atau 6-4, cerita akan lain. Kalau selisih tipis seperti itu, keunggulan suara Ganjar dari pemilih Kristen  tidak akan mampu mengkompensasi ketertinggalan suara Ganjar dari pemilih Islam,” jelasnya.

Makanya, ia menegaskan bahwa dibutuhkan kekompakan pemilih Kristen jika ingin Ganjar mengalahkan Anies.

“Karena itulah saya katakan, kekompakan pemilih Kristen akan menentukan. Begitu pemilih suara Kristen terbelah secara timpang, Anies akan bisa mengalahkan Ganjar,” tegasnya.


Aktivis Kolaborasi Warga Jakarta, Andi Sinulingga mengecam pernyataan Ade Armando tersebut. “Kok bisa ya ada orang sejahat ini,” tulisnya di Twitter pribadi, @AndiSinulingga.

@ekowboy2 menyebut ini adalah bentuk provokasi. “Diserang isu rasialis non-Jawa & umat Kristiani diprovokasi tidak memilih Anies. Akhirnya terkuak jadi siapakah pengasong Politik Identitas, silahkan rakyat menilai!!” sindirnya.

“Dia terus memprovokasi umat Kristen untuk membenci Anies. Kacau emang kelakuan Ade Armando ini!” kecam @panca66.

Ia lantas menyinggung pengeroyokan Ade Armando beberapa waktu lalu. Menurutnya, dengan kelakuan seperti ini, Ade Armando pantas mendapat perlakuan seperti itu. “Pantes dikeroyok orang kalau begini!” tegasnya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad