Abraham Samad Bongkar Masalah Anti Korupsi Tanah Air: ‘Main Golf Tidak Boleh Apalagi Sewa Helikopter’

 


 Setelah tidak lagi mengawangi Komisi Pemberatas Korupsi, nama Abraham Samad cukup lama tak terdengar.

Dalam sebuah bincang santai dengan Refly Harus ketua KPK masa jabatan periode 2011 – 2015 ini memaparkan bagaimana kondisi KPK saat ini yang menurutnya tidak seperti dulu lagi.

Bahkan integritas dan marwah KPK juga tak sekuat dulu serta ada masalah di Anti Korupsi.

Dalam kesempatan tersebut Abraham Samad bongkar masalah anti korupsi Tanah Air dan mengatakan bahwa main golf tidak boleh apalagi sewa helikopter.

Selain itu, menurut Abraham perubahan KPK terlihat dari dipretelinya Undang-undang KPK.

“Dibuat undang-undang baru tapi justru bukanya menguatkan KPK, harusnya saat kita membuat undang-undang baru itu menguatkan yang lama,” jelas Abraham.

Menurut Abraham salah satu contohnya adalah cara mengeluarkan orang-orang KPK yang berintegritas, di mana seharusnya merekalah yang akan membongkar pelaku korupsi yang masuk dalam untouchable.

Meskipun menurut Abraham bahwa saat ini KPK masih melakukan penangkapan serta OTT, namun pertanyaannya adalah, ‘itu siapa yang ditangkap’.

“Itu hanya entertain saja,” tegas Ambraham.

Abraham juga mengatakan bahwa jika saja tim 57 orang anggota KPK tidak dikeluarkan hasilnya akan luar biasa, sehingga kita masih bisa berharap. 

Bahkan saat penangkapan Juliari Batubara dan Edi Prabowo di mana kasus tersebut merupakan kelanjutan kasus yang sudah ditangani oleh 57 orang tersebut.

“Masih ada andil mereka,” papar Abraham.

Hal ini akan terkait dengan harapan pada masyarakat, saat mereka masih ada harapan maka mereka akan tetap bersemangat untuk memperjuangkan sesuatu, tapi jika harapan itu tidak ada dia menjadi tidak peduli lagi terhadap bangsa.

Jika pemerintah masih konsen dengan pemerantasan korupsi, maka harus membuat langkah-langkah yang sistematis untuk memberantas korupsi.

Abraham juga menyayangkan perubahan Code of Condact KPK, karena menurutnya itulah yang menjadi KPK sebagai sebuah institusi yang kuat dan mempunyai integritas.

Dari Code of Condact KPK adalah integritas terdiri dari 9 nilai-nilai integritas yang salah satunya adalah kesederhanaan.

“Untuk itu dalam Code of Condact KPK, juga mengatur bahwa anggta KPK dilarang bermain golf, bukan karena olah raganya, namun karena golf merupakan olah raga yang mahal,” papar Ambraham.

“Anggota KPK harus sederhana, apalagi menyewa helicopter, itu adalah pelanggaran yang barat sebenarnya,” tambah Abraham. 

Sumber Berita / Artikel Asli : disway

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad