Politikus PDIP: Pendidikan Agama di Indonesia dihapus saja supaya bisa mencontoh Australia yang saat ini sudah sangat sukses Negaranya

156887
Singapura sudah melarang untuk pengajaran agama di Sekolah sekitar pada 22 tahun lalu. Hasilnya sangat berpengaruh karena dengan penghapusan pendidikan agama di sekolah, Australia berhasil mempunyai penduduk negeri yang dikenal sebagai orang yang tertib, disiplin dan juga toleran padahal mereka terdiri dari berbagai macam etnik, bahasa dan juga agama.
Hal ini dikatakan oleh Eksekutif Megawati Intitute, Musdah Mulia dalam akun facebooknya. Seperti biasa, pernyataan yang berkaitan dengan agama sudah pasti akan menghebohkan dan penuh dengan pro kontra di dalamnya.
Menurut politikus PDI Perjuangan ini, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong telah menegaskan bahwa pemerintah tak akan mengijinkan pelajaran agama masuk ke dalam sekolah.
“Sejak PM Lee Kuan Yew ditetapkan bahwa agama urusan pribadi, bukan urusan sekolah atau negara. Keputusan itu diambil karena Lee Kuan Yew melihat pengajaran agama justru menimbulkan perpecahan dan konflik, bukan perdamaian,” ungkap Musdah.
Musdah juga menambahkan bahwa sebaliknya dengan Indonesia yang menjadikan pendidikan agama menjadi pelajaran yang wajib di sekolah, tetapi malah tidak berdampak apapun dan seperti dengan yang diucapkan oleh Lee Kuan Yew bahwa pendidikan agama justru menimbulkan konflik.
“Bahkan, ada Kementrian Agama yang memiliki jutaan pegawai di bidang agama, puluhan ribu sekolah agama, ratusan ribu rumah ibadah, triliunan rupiah untuk pembangunan bidang agama. Namun hasilnya? Indonesia masuk negara terkorup di dunia, bahkan korupsi pun marak di Kementerian Agama,” jelas Musdah.
Musdah juga menjelaskan bahwa semua orang di Indonesia yang beragama akan taat terhadap agamanya apabila tidak berhadapan dengan uang, kekuasaan dan proyek besar. Apabila sudah berhubungan, agama seperti tidak berarti lagi.
Jadi, sebaiknya ya untuk pendidikan agama di Indonesia alangkah baiknya dihapus saja supaya bisa mencontoh negara yang sudah sukses, salah satu contohnya adalah Australia, tutup Musdah.
Sumber : attasites

comments

101 COMMENTS

  1. loe pernah baca hadits ga?Nabi Muhammad memerintahkan kita mengajarkan membaca dan mempelajari al qur’an dan mencintai beliau…loe pernah ngaji ga?knpa ga skalian loe usul pelarangan penerapan ajaran agama di skolah2 di negeri ini?otak loe dimana?

  2. Sungguh Negeri ini sedang SAKIT, Ibu Musdah yg terhormat, mohon penjelasan ibu dimana salah-nya Agama dan Pendidikan Agama dalam kehidupan kita ber-Bangsa dan Ber-Negara, salah-kah PANCASILA meletak-kan SILA PERTAMA-nya pd KETUHANAN YANG MAHA ESA. Saya sebagai seorang muslim yang boleh jadi masih jauh dari kesempurnaan Iman meyakini dan meng-imani Al-Quran sebagai Tuntunan Hidup bagi manusia ciptaan Allah SWT dan Tuntunan Hidup bagi orang – orang yang Muttaqin, Mohon bimbing dan ajari saya bila pendapat saya ini salah, Wassalamu’alaikum Wr Wb.

  3. Hallo bu Musnah Mulia… itu pendapat sama dengan pemikiran Ateis… dengan adanya pendidikan agama aja masih banyak yang bejad seperti ibu, apalagi kalo di hapus…? Ibu generasi PKI ya…..???

  4. Pengajaran ttg pndidikn agama ditujukan untuk mmprbaiki moral manusia. Suatu hal yg sangat disayangkan kalau adanya penghapusan pendidikn agama dalam negri ini. Jika hanya berkiblat pada negara seperti singapore & australia yg berhasil dlm pembangunan negaranya. Memang tidak ada konflik disana.tapi lihatlah bgmna pergaulan yang terjadi. Semuanya bebas seperti tdk ada pembatas. Hal itu yg mmbuat mreka bsa melakukn apa saja tnpa batasan agama.
    Tindakan korup di negeri ini bukanlh sebagai akibat dr pengajaran adnya pndidikn agama. Tapi pribadi orang indonesia yg dasarnya memang kolot dan sll merasa serakah untuk mnguasai segala hal

  5. Tidak terbayangkan.. bagaimana jadi nya pelajaran agama sudah di wajibkan di sekolah.. masih tetap korupsi, apalagi kalau tidak tahu dgn agama..

  6. NKRI ini negara pancasila coy,negara berketuhanan yg maha esa ,klo sdh di tiadakan pelajaran agama berarti sdh mencoreng pancasila…bener2 mau kiamat ne dunia….!!!!

  7. Bu musnah yg terhormat jgn smkan negara kt dg australia kt mayoritas islam dan pendapatan keluarga sgt minim kpn keluarga perhatikan penddkan agama mkn aj susah..negara wajib memberi penddkan agama menyangkut aklahkulkarimah soal siapa korupsi itu urusan pribadi msg2 buk.contoh aj negara arab gaji imam mesjid setara dg gaji gubernur..ibu muslim apa gk sih..

  8. Wah setuju banget tuh, sekalian pemusnahan massal aja…..(yg bejat orangnya, yg diganti bajunya……yg goblok siapa sih jadinya…????)

  9. Hallo bu Musnah Mulia…. Indonesia negara terbesar dengan jumlah penduduj yg mayoritas muslim…hina sekali jika Ibu menyarankan Indonesia belajar dari singapura dan Australia negeri kolonial dan negeria orang2 narapidana kerajaan inggris jadi saya boleh dong menyarankan pada Ibu agar Ibu belajar tentang agama pada pemabuk dan pemadat…

  10. Ibu Mentri yang Tersayang..
    sebelum diterapkannya dan di hilangkannya pelajaran pendidikan agama di negri Australi atau singapura dan negara lainnya,mereka lebih dulu menerapkan sistem tingkat keDisiplinan yang tinggi serta sangsi sangsi yang diterapkan yang benar benar di patuhi..
    beda dengan di Indonesia,sudah rasa disiplinan ga ada sangsi sangsi kurang tegas,sekarang pendidikan Agama akan ditiadakan…..waah tambah Hancur moral orang orang di Indonesia..

  11. Sekedar agar cepat kaya, maka beternak kambing diganti dengan ternak babi. Pasti cepat kaya. Setiap enam bulan kambing beranak dua, sementara itu babi bisa beranak enam belas. Jelas kan bedanya. ibu Musda agar larinya cepat, buang saja itu kain panjang dan kerudungnya. Telanjang bulat, pasti larinya lebih cepat. Masih kurang enak, tidak perlu nikah, perempuan di pinggir jalan banyak jumlahnya, bisa diajak sek bebas. Tapi resikonya akan dikira kambing atau babi. Tanpa agama memang lebih enak, tapi apa bedangnya manusia dengan kerbau, sapi, kera, dst..

  12. Solusinya bukan dihapus, negara jadi kaya bgini krn kurikulum & materi agamanya yg ga bener, pemerintah terlalu banyak ngatur ini itu utk kepentingan tertentu, jadilah pendidikan agama ga efektif. Pendiidkan agama ttp hrs ada di sekolah sbg syiar. Tanpa pnddkn agama, akan byk narkoba dll & dampaknya akan lebih buruk dari skrg. Australia, Sngpore dll tanpa pnddkn agama jadi bagus, bkn krn ga ada pnddkn agama lagi tapi sistem pendidikannya mmg bagus.
    Indonesia jika sisitem pnddkn nya bgs, pddkn agamanya bgs, pasti akan lbh bgs lagi dibanding negara lain.
    Ibu jgn brfikir bgtu dong, itu adlh pemikiran org2 yg ga suka dgn kebangkitan Islam di Indonesia & dunia. Ibu ini udh terjangkiti “Revolusi Mental” dari sisi “Negatif”.

  13. “Menghapus Pendidikan Agama di sekolah”, apakah itu cita – cita PDI-P sbg partai berkuasa?
    Waaahhh… kalau benar itu cita-cita PDI-P, kayaknya sebentar lagi sekolah sekolah / madrasah, Pondok – pondok pesantren, Universitas yang berbasis Islam seperti UIN, UII dll bakal ditutup.
    Ngeri amat negeri ini dibawah kekuasaan sekuler…. Ya Alloh mohon perlindunganMu dan petunjukMu Amiiin..

  14. harus belajar dari singapore..?? lah singapore bukannya negarannya MALING…?? berapa ratusan juta meter kibik pasir indonesia di curi tiap harinya ?? pelindung koruptor indonesia yg cuci uang disana.itu semua terjadi karena tidak ada pelajaran agama disekolah (raja)singa poor…. tinggal tunggu berita di media massa “mayat kader PDIP ditolak Bumi”

  15. Kalau pelarangan pendidikan agama sampai terjadi di indonesia, si musnah adalah target pertama agar di bakar hidup-hidup, sadis? Gak manusiawi? Lho, itu kan ajaran agama… Ateis gak kenal sadis n manusiawi, semua adalah binatang… ASSUUUU…

  16. Logika yang menarik! Agama melarang orang mencuri. Belajar agama menyebabkan orang mencuri. Agar orang tidak mencuri, jangan ajarkan agama. Agama menganjurkan disiplin. Belajar agama membuat orang tidak disiplin. Agar orang disiplin, jangan ajarkan agama. Wow….

  17. CONTOH AJA BRUNEI DARUSAALAM NEGARA BERBASIS SYARIAH ISLAM MENDIDIK DENGAN AGAMA…MAKMUR 2AJA … NEGARA NYA BAHKAN TERTIB AMAN NDA ADA LARANGAN SOAL SIAPA PUN MAU MEMELUK AGAMA APA PUN…YG MEMBUAT WARGA TU TERTIB NDA KORUP HUKUM NYA YG MESTI TEGAS …SOAL PENDIDIKAN AGAMA NDA ADA MASALAH….YG BERMASALAH ITU MANUSIA NYA YG NDA BISA MENAHAN HAWA NAFSU…..ITULAH PERLUNYA PENDIDIKAN AGAMA….

  18. Tidak perlu ditanggapi seseorang yang mencari sensasi semacam ini.
    Mau jadi apa negara ini jika tanpa pendidikan agama di bangku sekolah? Jadi manusia seperti seperti Anda, Musdah Mulia?

  19. Semakin jelas…orang2 yg berada dibelakang Jokowi adalah kumpulan Orang2 SEKULER..!!! Mereka sdh tdk punya rasa takut lg kpd Tuhan…

  20. Mungkin bila ibu berada di PASAR, banyak orang tak mengenali SIAPA ibu…???
    Tapi bila anda mulai BERBICARA, maka seluruh MUKMIN pasti mengenali anda. Pemikiran anda saat ini, ibarat seekor **** yg mengendus disela sela kaki KUDA KUDA PERANG…!!!
    KAMI akan lawan pemikiran anda, argument dgn argument dst.
    Dimana letak intelektual dan malu anda…???
    Ibu Musdah… MIMPI anda ini melebihi UMUR yg anda miliki. Sebaiknya anda bertobat…. atau jika tak ingin bertobat…. Maka lebih baik bila anda DIAM…!!!
    Jika DIAM pun anda tidak bisa, ORANG” di PASAR pun akan mengenali bahwa anda adalah orang GILA…!!!

  21. ,. Kepada ibu musnah mulia yth, Saya rasa pendidikan agama islam yang di ajarkan semuanya positif dan sangat mendidik generasi penerus bangsa indonesia ini. karna agama bersumberkan dari al-qur’an dan al-hadist Allah SWT dan diwakyukan kepada nabi Muhammad SAW untuk pedoman Umat islam hidup didunia, jadi alangkah bodohnya nilai-nilai agama harus dihilangkan, jangan sampai kita terpengaruh dengan pemikiran yang ateis dan ke PKI-an seperti ibu musnah mulia. dan yang perluh ditegaskan agama tidak pernah memerintakan dan mengajarkan untuk melakukan korupsi kita harus kembalikan ke individu masing-masing., saya lebih komitmen pendidikan agama islam tetap di ajarkan disekolah, karna pemuda-pemudi bangsa ini akan lebih hancur tampa nilai-nilai agama moral,akidah dan akhlak.

    .Jika pendapat saya menurut ibu musnah mulia salah, tolong berikan penjelasan yang lebih kuat. bukan cuman bisa mencontoh gaya hidup dan perkembangan ke barat-baratan seperti australia. karna kita lihat negara indonesia sangat jauh berbeda dengan negara australia, indonesia mayoritas agama islam.

    #Jangan sampai kita terpengaruh dengan pemikiran ibu musnah mulia,. yang akan menghancurkan revolusi mental bangsa NKRI#.

  22. Benar memang jika agama adalah urusan individu dengan Tuhannya. Namun, rasanya kurang sepakat jika negara disuruh angkat tangan mengurusi (menjamin) warga negaranya berkaitan dngn agama. Karena menurut saya negara mempunya tanggung jawab atas warganya. Agar keamanan, kenyamanan beragama bisa terjamin. Terimakasih atas infonya

  23. Loo kok pada marah ama yg punya ide penghapusan pengajaran agama di sekolah.
    Kalw saya boleh2 saja orang punya ide
    Apalagi contohnya sangat relevan yaitu kementrian agama dimana waktu gus dur masih hidup dikatakan sarang penyamun

  24. saya yakin bhw ibu ini dan mereka yg sepaham dgnya pasti hanya tahu Pancasila tetapi TIDAK MENGENAL dan TIDAK PAHAM PACASILA.
    Dan nampaknya cara berfikir seperti ibu inilah yg diharapkan Zionis Yahudi (buka kembali Protocol of Zions). Atau jangan2 beliau salah satu agennya?

  25. Klo org dr partai PDI-P trtangkap korupsi itu d katakan oknum bukan partai yg salah, sdangkan kebejatan orang indonesia dibebankan pda pelajaran agama yg hrus d hapus.. lalu knpa bukan partai PDI-P aja yg d bubarkan ktika kader partainya trbukti korupsi? aneh…

  26. Ibu yg terhormat, utk menjadi politikus ibu bljr Ppkn ga ya? Kan negara kita berdasarkan pancasila, yg sila 1 adalah Ketuhanan yg Maha Esa,UUD 1945 pasal 29 ttg agama, dan jg tercantum dlm Pembukaan UUD 1945, bahwa atas berkat Rahmat Allah lah kita mendpt kemerdekaan. Kalo mau dihilangkan itu peljrn Agama, berarti ibu mengkhianati tujuan dan cita-cita pendiri dan pendahulu bangsa ini donk. Emang ibu siapa? Bercita-cita ingin menjadikan generasi yg hedonis, sekuler, liberal.. Istighfar bu.

  27. Bu, saya mau nangis rasa nya membaca berita ini, Justru pelajaran agama yang membawa manusia menjadi pintar bukan hanya Ilmu dunia tetapi ilmu akhirat juga, sehingga bagi orang yang merasa beragama setiap pekerjaan nya mempunyai tanggung jawab terhadap Tuhan . Ibu seorang Muslim mengapa Harus jauh melihat Ke negara Australia. IBU LIHAT BAGAIMANA KEPEMIMPIAN UMAR BIN KHATAB kemakmuran Negeri , kejayaan dan kemakmuran Umat .. Ibu Muslim sebagai seorang Merasa diri Muslim Nabi Muhammad SAW, meninggalkan Amanah Yaitu Al Quran dan Sunnah .. itu untuk apa BU .. JADI PAJANGAN …. ? TIDAK BU Untuk dipelajari .. Agama bukan untuk keterangan Pengisi Di KTP saja BU.. Kalau didalam sekolah dihilangkan Pelajaran agama kapan mereka bisa belajar .. ??? malam mereka dihadapkankan dengan pekerjaan rumah di sekolah .. Minggu .. ??? kasihan sekali anak Indonesia mempunyai Pemimpin.. Tidak mempunyai Ilmu seperti ini …

  28. Indonesia masuk negara terkorup di dunia, bahkan korupsi pun marak di Kementerian Agama,” mengapa pelajaran Agama yang di salahkan .. ? Justru karena ilmu agama mereka yang kurang makanya terjadi korupsi .. Ibu Tidak pantas membanding kan Agama dengan keterpurukan negeri ini. Coba di dalam semua kantor para pejabat pejabat .. di pajang Gambar BESAR makam makam . (kuburan), SUPAYA MENGINGATKAN bahwa mereka semua akan Mati .. apa yang di bawa .. ? harta korupsi ? melainkan salah satunya Ilmu yang bermanfaat … MAKANYA para Pemimpin Islam Dulu selalu Mempunyai Ulama Ulama yang pintar untuk mendampinginya di dalam Memimpin Rakyat Agar mereka tidak salah dan tidak melenceng dari Agama saat menjadi pemimpin..

  29. Justru anda yg menimbulkan konflik..nama anda yg seharusnya dihapus dr negeri kami..silahkan anda masuk kewarganegaraan australia

  30. BU hati hati .. tindakan ini apa tidak mengarah pada ke zaliman terhadap umat Islam .. Nauzubillah .. Ibu yang terhormat . Pelajaran Islam tidak hanya cukup diterapkan di rumah .. Memang ada sekolah Madrasah. Aliyah atau pesantren .. Tapi apa sekolah Umum tidakberhak mendapatkan pelajaran Agama .. ? Islam begitu Tinggi dan sangat banyak yang harus dipelajari .. untuk kehidupan . kalau belajar setengah setengah ya seperti ini jadinya .. NEGARA JADI KACAU . .. AGAMA YANG HARUS MENYESUAIKAN ZAMAN .. Bukan Bu, Agama yang Menuntun Manusia mampu menghadapi keburukan Ahklak zaman ini..

  31. Inilah buah dari sistem Sekuler. Negeri Sekuler memiliki ancaman yang lebih laten dibanding negara Komunis dalam menyesatkan manusia. Dalam negara Komunis jelas menentang agama, dan mereka jujur dalam menentang agama. Sedangkan negara Sekuler menyesatkan dengan cara yang tidak kentara.

  32. Islam itu Dien , bukan agama .
    Dien itu : ada hukum
    Ada Daulah
    Ada Umat.
    Jadi : Dien itu ada peraturan ada tempat untuk menerapkan aturan dan ada masyarakat yang melaksanakan aturan .
    Jadi tidak mungkin Islam itu di lakukan masing2
    Tidak ada Islam tanpa jamaah
    Tidak ada jamaah tanpa ulil amri/pemimpin
    Tidak ada pemimpin tanpa ketaatan .
    Jadi saya ingin bertanya agamanya apa yg mengeluarkan statement ini …?

  33. Contoh sahabat rosululloh umar bin khotob r.a. beliau kaya pejabat negara tapi tetap teguh dalam memegang agamanya. Ibu mentri pikir-pikir klo membuat pernyataan, ini mbuat kresahan dimasyarakat indonssia

  34. Hellooo… ibu yang terhormat. Coba kita berkaca pada kenyataan yg ada skrg. Mungkin ga si kalo agama diajarkan hanya di rumah???? kalo pelajaran agama ga diajarin disekolah apa cukup? Iya kalo ortu dan keluarga semua tahu tentang agama. Kalo ga? Iya kalo ortu dan keluarga punya waktu mengajarkan pada anak2 mereka. Kalo ga? Coba anda sbg wanita karir yg sibuk. Sy yakin anda sering pulang malam. Anak anda pasti sudah tidur saat anda sampai rumah. Trus kapan ngajarinnya? Apa anda mau anak2 jadi atheis??? Gile bener dahh

  35. ngapain jadi politisi kalau akhirnya hanya akan merusak moral bangsa sendiri? menjadi seperti itu bangga? menjadi seseorang yang rela mencetuskan “ide brilian” untuk generasi penerus bangsa agar tak berpegang teguh pada agama bangga?
    coba lihat keadaan bangsa saat ini, dengan pelajaran agama di sekolah saja masih hancur apalagi tidak ada pelajaran agama. sudahlah mbok musdah, apa nanti kalau anak-anak negeri ini tidak mengenal agamanya, tidak mengenal tuhannya, siapa junjungannya, mbok musdah mau bertanggung jawab? negara kita ini negara apa? sekalian saja diusulkan untuk menjadikan negara atheis! nggak usah tanggung-tanggung kalau ngasih wacana! ngga ingat bunyi sila pertama pancasila yang dicetuskan oleh sang proklamator?

  36. Dasar pemerintahnya saja otak udang / penjahat.munafik.penjilat .. Skrng trgantung manusia nya kalok manusia kyk iblis ya iblis ada pendidikan agama pun gk akan ada pengaruhnya sama dia. Gantung hidup2 tersangka korupsi .potong tanganya cacadkan dia sumur hidup. Kok malah nyalahin pendidikan agama.

  37. Ah..ibu ini terlalu pintar cari sensasi :v
    Agama gk kenapa2 disalahin…salahin orangnya dong sbg subjek bobroknya negeri ini
    inget bu..klo PAI ditiadakan dari kurikulum ibu mau pake alasan apa buat nyuri dana dari kurikulum pembodohan pemerintah?ntar sepi tender trus dibully ama para anggota dewan baru tau rasa..haha

    • Bagus bro. Setuju saaa-tgsangnt. Semakin suram. Mungkin mereka sibuk untuk mengembangkan sayap mereka. Lepas ni ok balik la tuh kot.amirnawawi recently posted..

  38. sdr ibu musda mulia………….yg kami hormati dan yang kami banggakan pemikiran anda bagus tp tdk cocok untuk negri ini…..anda tau agama dan menerapkanya pasti berawal dr pelajaran agama bkn tau dgn sendirinya toh………sdh lah jgn terlalu mempermasalahkan pelajaran agama yg seakan akan pelajaran agamalah yg bikin jd masalah

  39. Pendidikan agama bisa dijadikan ekstrakurikuler dan PPKn dihapus maka diganti Budi Pekerti.

    budi pekerti isinya:
    Semester 1: dgn diri sendiri
    2: dgn teman
    3: dgn multikultur
    4: dgn lingkungan hidup
    5: dgn dunia … (sd ke smp; smp ke sma; sma ke perguruan tinggi; PT ke kerja)
    6: final semester (ujian)

    Nah bagus modelnya

  40. uni soviet bapak negara komunis tidak mengakui agama sekarang hancur pecah menjadi beberapa negara,di karenakan korupsi yang merajalela yang membuat negara uni soviet bangkrut.
    sekarang uni soviet berubah menjadi negara federal rusia,yang mengakui dan menerapkan ajaran agama dan maju pesat..manusia beragama aja akhlak na mudah hancur apalagi yang ngga punya agama yang tidak mengenal dosa!!!!!!!

  41. Ngaco ah.

    1. Arab Saudi yang sama sekai gak ngilangin pelajaran agam maju-maju aja toh. Bahkan, kuliah disana gratis.
    2. Uni Soviet, negara komunis yang antiagama hancur tuh.

    Counter example!

    Bu, coba belajar lagi logika matematika, metode penilitian, sama sejarah, ya. Biar gak asal nyablak. Dikiranya bagus kayak gitu. Baka ne.

  42. Uh, entah kenapa saya sangat setuju dengan ibu ini. Menghapus pelajaran agama bukan berarti menghapus agama tersebut. Agama bukan urusan pemerintah tapi urusan diri sendiri. Dan saya pikir ini adalah urusan keluarga untuk mendidik anaknya dalam hal beragama, tidak perlu sampai sekolah. Dengan adanya keluarga yang mengajarkan akan membuat hubungan keluarga semakin dekat juga. Lagipula, pelajaran agama yg diajarkan materinya itu2 saja sedari sd. Membuat semangat anak2 itu berkurang dalam hal pembelajaran agama. Jika ingin belajar pun masih ada tempat lain kan? berguru di pesantren atau langsung belajar mengaji di masjid? ikut kegiatan2 di gereja, dll. Just sayin’, this is my opinion

  43. Buk yg di hapus koruptor bukan agama, negeri ini sakit karena koruptor jadi banyak daerah yg tdk merata sehingga sara dgn mudah dibuat alat provokasi, udah liat brunei darusallam blm? Coba tanya banyak gak koruptor di sana? Ada gak pelajaran agama disana? Jauh panggang dari api buk klo mentiadakan matpel agama biar negara maju, untung ibuk gak jadi presiden

  44. Tambah dikit lagi… yg maju di benua australia itu orang aborigin atau orang2 ex koloni inggris.. hayoo tebak

  45. Ya Allah jatuhkanlah segera kiamatmu krn sdh terlalu bnyak dosa2 yg di lakukan oleh umat-MU.
    Subahanallah,,Astagfirullah,,bencana apa lgi yg akan menimpa indonesia,,ampuni kami ya Robbi lindungilah org2 yg msih berpegang teguh dgn agama & kitabx.
    Aminnn.

  46. Australia negara sukses? Negara yang berhasil menumpas habis penduduk asli aborigin dibilang sukses? Negara para penjahat buangan inggris, harusnya negara australia di adili karena melalukan pelanggaran HAM terbesar dengan genosida terhadap suku aborigin.

  47. assalamualaikum
    Yang terhormat Ibunda Masdah..san pembaca sekalian. Dari pandangan saya, apa yang tertulis itu mengandung makna sangat dalam. Ejekan dan apa lah bentuk kekecewaan saja. Ada apa negeri ini , di mana letak errornya. Selama ini himbauan berbenah sudah banyak disampaikan. Ingat kata Bpk Ali sadikin, beliau memerintahkan penguburan di jakarta berdiri saja biar hemat tempat. Jelas ini berlawanan dengan syariat. Namun, itukah maksud sesungguhnya? nah saat itu muncul pro dan kontra…seru..yang akhirnya muncul perda tetang penguburan, yang sebelumnya selalu ribut saat ada penguburan jenazah baru. Nah……apa maksud ibu Musdah yang sesunghuhnya ? Ibu musdah bukan orang bodoh, bukan orang atheis, bukan orang yang diragukan sebagai orang indonesia sejati, buktinya mau mikirkan indonesia. jadi gemes aja gitu. Siapa pun warga negara pasti ingin yang terbaik untuk indonesia. oke….salam.

  48. Membaca tanggapan2 teman2 yang ngakunya beragama (dan pastinya pernah ikut pelajaran agama di sekolah) memang membuktikan kalau pelajaran agama itu memang sia2 !! Toh pada akhirnya tidak ada santun dalam mengemukakan pendapat, hanya asal tulis dan mengejek, berhubung tau yang dikomentari tidak akan membalas !!

  49. paparkan dulu konsep anda tentang pendidikan di Indonesia yg baik menurut anda jangan asal plagiat dengan bangsa lain, saya pelaku pendidikan agama di sekolah…bukan takut kehilangan pekerjaan tapi kuatir konsep anda itu justru akan menghancurkan negeri ini

  50. “Uh, entah kenapa saya sangat setuju dengan ibu ini. Menghapus pelajaran agama bukan berarti menghapus agama tersebut. Agama bukan urusan pemerintah tapi urusan diri sendiri. Dan saya pikir ini adalah urusan keluarga untuk mendidik anaknya dalam hal beragama, tidak perlu sampai sekolah. Dengan adanya keluarga yang mengajarkan akan membuat hubungan keluarga semakin dekat juga. Lagipula, pelajaran agama yg diajarkan materinya itu2 saja sedari sd. Membuat semangat anak2 itu berkurang dalam hal pembelajaran agama. Jika ingin belajar pun masih ada tempat lain kan? berguru di pesantren atau langsung belajar mengaji di masjid? ikut kegiatan2 di gereja, dll. Just sayin’, this is my opinion”

    Vote ini .

  51. Berani hukum dipertegas??? Bu musnah…enak musnah aja….beranikah hukum dipertegas koruptor di hukum gantung?? Dalam islam ada beberapa kriteria hukuman spt pancung,potong tangan, gantung dll….terapkan hukum itu…maka koruptor ga berani
    .!!!

  52. Konflik selalu terjadi bila ada 2 hal bertentangan, seperti baik dan buruk. Akan berhenti bila: pertama, kedua hal tersebut sama sama buruk. Kedua, sama-sama baik…
    Yang dimaksud ibu adalah yang pertama, ketika orang sudah tidak mengindahkan nilai moral dengan meninggalkan fanatisme thd ajaran agama.
    Coba pelajari lagi lah semestinya bagaimana. Dangkalnya ilmu membuat kita tersesat. Syaithan memperlihatkan yang buruk itu seolah2 baik. Sekedar mengingatkan..

  53. Ini adalah tanda2 orang penghuni neraka…orang yang sudah dibutakan akan duniawi hingga lupa urusan akhirat..
    tujuan pend. agama adalah menselaraskan kehidupan manusia..
    semoga cepat dapat hidayah.. percuma anda berhijab tapi hati ada tidak…naudzubillah

  54. Ibu Menteri yg Terhormat, harusnya sebagai seorang Menteri, Ibu bisa berfikir lebih bijaksana. Klo seseorang melakukan korup, lalu kenapa yg d salahkan Agamanya?? bukankah itu masalah dr individunya masing2?? Ada pelajaran Agama az masih banyak yg melakukan penyimpangan2, ap lagi sampai ditiadakan. Maksud diadakan pelajaran Agama itu sendiri kan salah satu usaha untuk memperbaiki moral manusia.

  55. Australia dan Singapore dapat menerima perbedaan etnik dan agama??? Periksa dulu baru bicara Bu!!
    Mereka memang tertib, disiplin dan taat hukum, tapi itu karena sistem mereka berjalan dengan baik dan pemerintah mereka sangat tegas dalam menjalankan perintah. Moral manusia memang dasarnya agama, tp harus diimbangkan dengan sistem yg baik jg. Untuk membuat warga tertib harus di mulai dari awal, harus tegas dalam menghukum yg salah…, jangan pendidikan agamanya yg dihapuskan. Kesadaran untuk mengajarkan agama ke anak terkadang gak dimiliki oleh semua orang tua. Kl gak dibantu dari sekolah bagaimana si anak bisa mengenal agamanya dan bagaimana si anak bisa baik moralnya.

  56. agama untuk mengatur tingkah laku manusia agar lebih hidup terhormat di mata manusia yang lain dan Tuhan. tanpa agama manusia sama halnya dengan hewan. orang yang beragama tapi masih bertingkah laku seperti hewan berarti orang tersebut belum mengerti akan makna agama sesungguhnya. (agama ktp). semua agama sangat menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama. semua agama pasti melarang zina, mencuri/merampas, membunuh.

  57. Inilah pernyataan orang orang Komprador.. kalau alasannya menghindarkan perpecahan jangan salahkan pendidikannya tetapi dikoreksi metoda pengajarannya… malahan yang membuat bangsa ini pecah adalah Partai Partai Politik sebagai biangnya…

  58. INI NEGARA KAMI (RAKYAT) NEGARA YG BERDIRI ATAS DASAR DARAH PARA PEJUANG , AIR MATA PARA KELUARGA PEJUANG , NEGARA YG BERPEDOMAN TERHADAP PANCASILA YG TERTERA JELAS DI DALAM PANCASILA 1.KETUHANAN YG MAHA ESA , APA HARUS AJARAN MENGENAL TUHAN DI HAPUSKAN ! APA HARUS PARA ANAK DIDIK PENERUS BANGSA KITA BERKEMBANG TANPA AGAMA , IBU YG TERHORMAT APA JADI NYA ANAK DIDIK PENERUS BANGSA KITA NANTI , JIKA HARUS TANPA PELAJARAN AGAMA , BAKALAN BANYAK KASUK KRIMINALITAS YG DIBUAT ! DAN 1 HAL INI NEGARA KAMI (RAKYAT) , BUKAN MILIK PARTAI .
    LEBIH BAIK ANDA BERCERMIN DI BALIK GELAP DAN RENUNGKAN SIAPA ANDA !
    INI NKRI BU BUKAN PARTAI DAN 1 PARTAI BUKAN PENGUASA , RAKYAT YG BERKUASA , TANPA RAKYAT KALIAN PARA PARTAI BUKAN APA APA !

  59. Assalammualikum,
    Kenapa harus meniru negara lain seperti singapore dan australia bu.
    Saya dengar2 dari teman, di singapore banyak orang yg menikah sejenis!!
    Nah lo kaya mana itu?? Itu tu kurangnya iman dan ahlak dalam diri masing2.
    Mau dapetin ke imanan ya belajar agama, terserah mau agama apa aja, semua agama sama mengajarkan kebaikan.
    Tapi yg pasti kitab suci al-quran adalah kitab yg terakhir dari allah yg sdh di sempurnakan dari kitab2 sebelumny. Nah intinya bu agama itu penting untuk moral kita. kan ga ada salahny kita belajar agama sampai kita di kubur nanti. Waalaikum salam wr.wb

  60. Logikanya ngawur, pada alinea terakhir Musda tidak Mulia mengatakan ” Semua orang di Indonesia yg beragama akan taat terhadap agamanya apabila tidak berhadapan dengan uang, kekuasaan dan proyek besar” ini artinya bukan pendidikan agamanya yg harus dihapus dari sekolah.

  61. liat contoh negara muslim bukan negara kafir,karna surga dia hanya di dunia,kita negara islam yg prcaya akhirat,bnyk negara muslim yg maju,korupsi bukan dri pndidikan agama d skolah tapi dri orang nya sndiri yg maruk

  62. Pendidikan agama disekolah itu penting..
    Kenapa harus dihapuskan? Mau jadi apa akhlak anak2 kita? Tidak semua anak2 mendapat pendidikan agama yang baik dalam keluarganya, inilah kesempatan untuk memperbaiki moral bangsa.. kenapa harus dihapuskan! Ada pelajaran agama saja masih banyak anak2 nakal, melanggar norma, n manusia2 yg tidak berperikemanusiaan Apalagi dihapuskan??!!!!!! Dan perlu diingat juga Dasar negara kita adalah PANCASILA, yang mana sila pertama adalah KeTuhanan Yang Maha Esa..
    Apa masih harus diperjelas, atau sudah lupa dengan Pancasila? Pendidikan agama yang baik akan menciptakan akhlak yang baik, senakal apapun kalo mempunyai dasar pendidikan agama yg baik, setidaknya akan mempunyai hati nurani untuk berpikir.. sebab itulah tolong dikaji ulang n saya tidak setuju apabila pendidikan agama dihapuskan..

  63. sebenarnya saya setuju dihapus dalam mata pelajaran utama, tapi diganti dengan semacam extrakulikuler wajib, jadi tanpa ada nilai, tapi tetap wajib hadir penuh. kalau saya dulu ada kuliah 0 SKS yang kalau tidak diikuti (8x pertemuan 2 mingguan) tidak bisa lulus kuliah

  64. PANCASILA
    1. KETUHANAN YANG MAHA ESA.
    yang artinya semua semua rakyat indonesia wajib tunduk. taat beribadah. dan segala hal yang berhubungan dengannya.
    nah, ini dasar negara kita. kalu australia emang kayak gimana dasar negaranya? kalu Anda pengen jadi kayak australia ya jangan tinggal di Indonesia. karena AGAMA di Indonesia sudah masuk ke dalam dasar negara yang tidak boleh diabaikan apalagi ditiadakan.

  65. Saudara yg terdidik,,,,,,tdk bs dsamakan negara indonesia dgn barat yg nota benex memang tdk pernah mngikat dirix dgn agama krn mereka mengenal paham kebebasan, keberhasilan mereka sebenarx ttp berkiblat pada kedisiplinan, kerja keras,kjujuran bukankah semua ini agama mnbenarkan cm mereka tdk menamakan ajaran agama, knp indonesia dgerogoti pencuri ato korupsi krn agamax hnya sbgai tempelan, sehingga watakx rusak,hatix buta sehingga mlkukan tindak kejshatan korupsi semntra rskyat mnderita,,buat ibu yg terhormat jgn mngeluarkan statement yg bs mmbuat masyarakt kacau terutama para pemuka agama…..sebaikx anda berfikir bgaimn madyrakt bs hidup survive…tdk ada klaparan.

  66. Semoga Allah mengampuni segala ketidakpahaman ini. Nilai nilai Islam semestinya harus di sosialisasikan nilai nilai itu ke sekolah sekolah. Kalau ada kasus korupsi, harusnya dijadikan refleksi bagi pengguna idiom idiom agama agar lebih mawas diri

  67. Tetangga saya nilai pelajaran agamanya bagus. (diraport 90). Tapi dia beberapa kali masuk penjara, ya mencuri, ya berkelahi, dan yang terakhir memperkosa. Gak tahu untuk para koruptor, dulu nilai pelajaran agamanya mungkin baik juga.. Jadi saya setuju banget pelajaran agama diajarkan di rumah. Pelajaran agama di sekolah diganti dengan pelajaran budi pekerti saja. Kalau pelajaran agama diajarkan di sekolah saya kuatir nilainya tidak pernah akan pas dan tidak akan menjamin pribadi siswa menjadi baik. Janganlah tanggung jawab orang tua dalam memberi pelajaran agama di bebankan sekolah. Orang tua harus dapat memberi pelajaran agama dan contoh-contoh perbuatan yang baik kepada anak-anaknya. Mampukah anda begitu? Jadi kalau ada gagasan/usulan, pikirkanlah baik atau buruknya dulu, baru setelah itu berkomentar. Marilah kita bangun negeri ini bersama-sama. Matur nuwun

    • Sering sekali orang berpikirnya tidak hati2 atau bodoh dan secara gampangan, masa gara2 orang yg dulunya memperoleh angka pelajaran agama Islam bagus dan setelah terjun ke masyarakat malakukan hal2 yg tercela terus pelajaran agama diminta dihapus….?. Menurut saya ini cara berpikir yg gk betul, sudah diajarkan agama saja masih bisa berbuat kriminal apa lagi tidak diajarkan agama…..!?. Agama kan tidak mengajarkan berbuat kriminal !. Jadi kalau masih ada perbuatan kriminal pasti ada bagian lain dari proses pembentukan pribadinya yg bersangkutan yg salah, ini yg harus ditemukan dan diperbaiki…!. Selamat berpikir ulang bung, jangan biasakan diri berprasangka dan berpikir dangkal.

  68. Bu anda bkan atheis atw PKI kan???klw ibu seorg muslimah ibu tdk akan mengeluarkn statment seolah agama it gk penting gtu…generasi yg baik hrs dibentuk dr aqidah yg benar d iman yg kuat…jgn demi utk kemajuan d popularitas anda mengenyampingkn pendidikn agama….jgn ikut2an org kafir klw anda ikut2an spt mrk lalu ap bedax anda dg mrk…??? Maaf y bu klw z bicara ap adax…

  69. astagfirullah hal adziim…..
    asalkan kita tau, bahwasanya indonesia ini dimerdekakan dengan kalimat ALLAHU AKBAR, bukan dengan kalimat lain,
    jd bagaimana mgkn pendidikan agama harus ditiadakan dinegeri yg ALLAH SWT beri kemerdekaan ini,.

  70. mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila dihapus saja kelakuan anak2 dan ABG sudah parah gini. gimana pula kalau mata pelajaran Agama di hapus juga,,,,bu Musadah’tidak’Mulia,,,anak2 mu usia nya berapa sih ? #mengerikan

LEAVE A REPLY