Jokowi: Saya Dilapori, Warga Sinabung Tak Mau Lagi Terima Kunjungan

249

Jakarta – Presiden Joko Widodo mengatakan warga yang terdampak erupsi Gunung Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara, sudah tak mau lagi menerima kunjungan. Ini karena kunjungan dirasa kurang efektif dalam menyelesaikan masalah pengungsian di sana.

“Saya sudah kirim tim ke sana. Dan saya dilaporkan, sekarang mereka (warga Sinabung) sudah tidak mau lagi menerima kunjungan. Di kunjang, kunjung, kunjang, kunjung, tapi tidak selesaikan masalah. Untuk apa?” kata Jokowi saat membuka rapat bersama sejumlah menteri terkait erupsi Gunung Sinabung di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (2/7/2015).

Karena itu, lanjut Jokowi, dirinya akan berkunjung ke Sinabung jika penanganan masalah sudah dilakukan secara permanen. Bahkan untuk bantuan, Jokowi akan menugaskan kepada Menteri Sosial.

“Oleh sebab itu pada saat saya berkunjung ke sana penyelesaian masalah secara permanen sudah ditemukan. Baru saya mau ke sana. Kalau belum, hanya membawa bantuan, saya kira Mensos bisa melakukan itu,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, erupsi Gunung Sinabung diperkirakan akan berlangsung hingga 5 tahun ke depan, meski volume atau kekuatannya tidak besar. Untuk itu diperlukan penangan dengan pola baru, terutama dalam menangani pengungsi.

“Penanganan diperlukan pola yang baru, sehingga mereka betul-betul merasa diselesaikan masalahnya,” kata Jokowi.
(jor/faj)

Sumber : Ray Jordan – detikNews

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY