Ini 10 Tuntutan Buruh di Hari Buruh Internasional

197

Pada 1 Mei, sebanyak 100 ribu buruh KSPI akan bergabung dengan Gerakan Buruh Indonesia (GBI) untuk melakukan aksi jalan dari area Hotel Indonesia menuju Istana Merdeka.

.facebook_1428399181797

 

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal mengatakan buruh di KSPI siap menggelar aksi massa untuk memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day dengan menyampaikan 10 tuntutan pada 1 Mei 2015.

“Peringatan `May Day` kini bukan sekadar peringatan bagi kebebasan untuk kaum buruh semata, baik di kalangan internasional ataupun dalam negeri. Peringatan ini kini menjadi dasar perhitungan tersendiri atas eksistensi kaum buruh oleh pemerintah dalam semua sektor kenegaraan,” kata Said lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pada 1 Mei, sebanyak 100 ribu buruh KSPI akan bergabung dengan Gerakan Buruh Indonesia (GBI) untuk melakukan aksi jalan dari area Hotel Indonesia menuju Istana Merdeka.

Berikut ini 10 tuntutan KSPI dalam perigatan “May Day”, di antaranya:

1. Tolak politik upah murah dengan menuntut kenaikan UMP/K sebesar 32 persen dan menolak kenaikan upah lima tahun sekali dan mendesak pemerintah untuk merubah komponen hidup layak (KHL) menjadi 84 item dari 60 Item KHL.

2. Mendesak pemerintah untuk menjalankan jaminan pensiun buruh wajib pada awal Juli 2015 dengan manfaat pensiun 60 persen hingga 75 persen dari gaji terakhir seperti PNS.

3. Mendesak pemerintah untuk menambah anggaran Jamkes Rp30 triliun dari APBN.

4. Mendesak pemerintah untuk segera menghapus sistem kerja alihdaya khususnya di BUMN.

5. Menolak kenaikan harga BBM, elpiji, tarif dasar listrik sesuai harga pasar.

6. Mendesak pemerintah untuk menurunkan harga barang pokok.

7. Akhiri keserakahan korporasi.

8. Mendesak pemerintah untuk mencabut aturan tentang objek vital dan stop tindakan pemberangusan serikat pekerja serta kekerasan terhadap aktivis buruh.

9. Angkat guru dan pegawai honorer menjadi PNS tanpa tes lagi.

10. Syahkan RUU PRT, Revisi UU perlindungan TKI dan Revisi Total UU PPHI.

Sumber : KLIKPOSITIF

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY