Di Negara Ini, Rakyat Krisis Pangan, Presiden Mau Rayakan Ulang Tahun Besar-besaran

332

Di Negara Ini, Rakyat Krisis Pangan, Presiden Mau Rayakan Ulang Tahun Besar-besaran 

Zimbabwe – Presiden Zimbabwe Robert Mugabe akan menggelar perayaan ulang tahunnya yang ke-92 secara besar-besaran di tengah krisis pangan dan kekeringan yang meluias di negara yang dipimpinnya itu.

Media yang dikelola negara pada akhir pekan kemarin, seperti dimuat The Guardian, bahkan menerbitkan 16 halaman poster yang mempromosikan ulang tahun Mugabe. Dalam promosi itu disebutkan bahwa perayaan publik akan digelar pada tanggal 27 Februari di kota Masvingo yang merupakan basis utama pasrta pendukung Mugabe.

Mugabe sendiri diketahui telah memimpin Zimbabwe sejak 36 tahun yang lalu. Ulang tahunnya telah dirayakan secara terbuka sejak tahun 1986 lalu.

Tidak ada bocoran soal berapa anggaran yang digelontorkan untuk perayaan ulang tahun sang presiden tahun ini. Namun berkaca pada perayaan yang sama tahun lalu, setidaknya dana sebesar 1 juta dolar AS digelontorkan untuk sarana transportasi, akomodasi serta makan dan hiburan bagi ribuan tamu Mugabe.

Perayaan ulang tahun itu menjadi sorotan karena sebagian besar masyarakat Zimbabwe saat ini tengah berjuang melawan kekeringan parah yang berujung pada krisis pangan. Menurut data PBB, sekitar 3 juta warga Zimbabwe saat ini hanya bergantung pada bantuan pangan yang dipasok oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa. [mel]

Sumber : RMOL

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY